Artikel

Jumat, 16 September 2016

Serunya #NgobrolBloggerSMG di Nestcology

Lama ga nulis di blog, lama ga ikutan kumpul blogger, akhirnya setelah di Semarang ikutan lagi acara keceh, walaupun tadinya udah kehabisan seat, untung ada yang ga bisa dateng, jadi aku bisa ikutan. Acara bincang blogger kali ini bertempat di Nestcology, dengan pembicara Mas Nuno dan juga perwakilan dari BCA.
Sore sebelum acara dimulai, kita harus registrasi ulang dan dapet kertas doorprize, kemudian kita foto-foto di photo booth yang disediakan, langsung dicetak pula. Wah view buat photo boothnya asik deh, bisa lihat pemandangan Kota Semarang dari atas gitu. Puas foto foto, acara dimulai oleh 2 MC kondang se-Semarang Kak Obin dan Kak Cindy Debora, banyolan lucu pelepas suasana dilontarkan Kak Obin dengan sangat piawai, kemudian kita break untuk dinner. Wiiiihhh, para blogger benar-benar dimanjakan dengan hal ini, makanan disajikan dalam bentuk prasmanan yang sangat lengkap, mulai dari salad buah atau sayur, nasi dengan aneka lauk pauk dan sayur, hingga pasta tersedia, dan bebas ambil sendiri tentunya.

photo booth rame-rame sebelum acara

Saat dinner, kita dihibur oleh homeband yang ada di Nestcology, mulai lagunya mba Raisa sampai lagunya mba Adele dibawakan dengan sangat apik. Sudah makanannya enak, telinga dimanjakan pula, duh benar-benar membuat mood membaik setelah lelah seharian berkegiatan. Setelah dinner selesai kemudian acara dilanjutkan oleh Mas Nuno sebagai pembicara, Mas Nuno menceritakan pekerjaannya sebagai seorang Food Enthusiast. Menurut Mas Nuno Food Enthusiast adalah sebutan bagi orang-orang yang suka menjajal tempat makan baru, menu makanan baru, dan senang foto makanan tersebut untuk kemudian diunggah ke dalam akun sosial media miliknya ataupun menuliskan review tentang makanan tersebut di blognya.
Blio memiliki hobi yang hampir setiap orang suka, yaitu makan, ada di antara kalian yang baca blog saya dan ga suka makan? yah sayang sekali *elus-elus perut buncit*. Mas Nuno membagikan tips-tips bagaimana kiprahnya menjadi seorang food enthusiast mulai dari tips hemat ala mahasiswa, yang dateng rame-rame sesama teman foodies hingga makanan yang dipesan untuk share bareng, ataupun cara-cara foto makanan agar makanan tersebut keliatan menggugah selera para followers sosial media kita.
Mas Nuno punya prinsip “Makan Gendut Gak Makan Lemes” jadi daripada lemes, ya mending makan, aseeekkk bener ya prinsipnya Mas Nuno ini, bisa membuat orang berisi kaya aku,  jadi lupa dengan cita-cita mulia yang diinginkan semua cewek di dunia. Mas Nuno menceritakan kegigihannya dalam menjadi seorang food enthusiast, sehingga blio dibayar untuk setiap reviewnya, sehingga harus mempunyai portofolio yang bagus, dan cara untuk menambah portofolio ya itu tadi, dengan berkumpul sesama teman pecinta kuliner untuk kemudian datang ke suatu tempat.
Food enthusiast merupakan agen dari gaya hidup modern saat ini, sering dimanfaatkan untuk promosi sebuah tempat makan baru, ataupun menu makanan baru restoran tersebut, food enthusiast merupakan hobby yang dibayar, lha siapa yang ga seneng jal, udah diundang makan dapet duit  pula J
Mas Nuno juga bercerita bagaimana cara berkomentar saat kita menemukan rasa makanan yang kurang pas di lidah kita, yaitu dengan cara komplen baik-baik ke chefnya atau sang pemilik resto tersebut, apapun masukan kita jika sudah diterima, jangan dituliskan kembali di blog atau tempat kita menaruh review tersebut.
Intinya untuk menjadi seorang food enthusiast ya harus punya banyak foto makanan dan diunggah ke sosmed agar menjadi portofolio. tips lain dari Mas Nuno adalah jangan pernah tanya kapan, kapan foto itu diambil, yang penting kumpulin fotonya, dan jangan lupa untuk diunggah, agar semakin banyak portofolio diri kita sehingga bisa dipertimbangkan untuk menjadi agen promosi dari restoran tersebut.
Pembicara kedua yaitu Bapak Amin Laurent dari BCA, blio menjelaskan tentang aplikasi SAKUKU dari BCA yang memudahkan penggunanya untuk bertransaksi bahkan tarik tunai di ATM sekalipun. SAKUKU sudah ada sejak 28 September 2015, tetapi hanya untuk membayar belanjaan dan isi pulsa kemudian ada SAKUKU plus sejak 29 Februari 2016.
Kelebihan SAKUKU PLUS yaitu bisa split bill, yang mana ketika makan rame-rame dengan teman, bisa dibayar dulu oleh satu orang, kemudian bisa dibagi bayarnya melalui aplikasi ini, yang sudah bayar dan yang belum bayar siapa bisa kita cek juga loh di aplikasi ini. Cocoklah dengan motto SAKUKU “Bikin Hangout makin All Out”. Untuk lebih jelasnya bisa lihat BCA Sakuku
SAKUKU bisa didownload di Play Store dan App Store, jadi sekalipun kita di jalan dan ketinggalan dompet, kita masih bisa bayar makanan yang kita beli karena bisa dibayar lewat SAKUKU. Selain itu SAKUKU bisa untuk tarik tunai dan transfer.
Registrasi di Sakuku cukup dengan 3 hal : nama, tanggal lahir, dan email. Jika iingin menjadi SAKUKU PLUS, kita tinggal input no. kartu ATM BCA, kita tinggal datang ke cabang BCA dengan membawa KTP. Limit tarik tunai SAKUKU di ATM BCA sama seperti ATM BCA padda umumnya, untuk pecahan 50 ribu maksimal 1.250 ribu/transaksi, dan untuk pecahan 100 ribu, maksimal 2500 ribu/transaksi. Aku dah nyoba buat download dan registrasi and voila, mudah dan bisa dipahami banget kok fiturnya J
Setelah puas dengan penjelasan Mas Nuno dan Bapak Amin Laurent, kita break sebentar dan dihibur oleh Stand up comedy Semarang mas Gondrongg dan mas Yoga sembari menyantap strawberry cake dan croissant mini yang dihidangkan kemudian ada dessert yang sangat menggugah selera yakni chocobomb, di sinilah terlihat para blogger ingin mencoba menjadi seorang food blogger, dan memfoto semua makanan yang terhidang. Enaaaaak.
dessert choco bomb

Gimana? Gampang kan buat aktifin SAKUKU, ga perlu ribet  bawa dompet ke mana-mana. Setelah penjelasan dari bapak Amin Laurent acara kemudian ditutup dengan pembagian doorprize dan hadiah untuk yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Kemudian foto bersama sebelum pulang, dan ah ya tentu saja goodie bag cantik sudah menunggu di bawah tangga untuk dibawa pulang.
slese acara, ga afdol kalo ga foto bareng ye kan?

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa