Artikel

Senin, 05 September 2016

Yuk Jalan-Jalan bareng Sun Life



            Sudahkah kamu piknik?
            Penting gak sih liburan itu?
            Dulu, awalnya kupikir liburan itu tidak terlalu penting, karena menurutku dengan mencari hiburan saja sudah cukup, padahal ternyata liburan itu sangat penting, apalagi buat kita yang udah kerja, pasti kita ingin menikmati hasil kerja keras kita dong, ya nggak? Ya dong. Jadi yang namanya liburan itu penting, dan kalau bisa jangan ada massalah yang datang seusai liburan, tagihan kartu kredit membengkak, duit abis, sakit dan berbagai masalah lain.   
Minggu lalu, 28 Agustus 2016, kita (aku dan blogger Semarang) datang ke acara yang diadakan oleh Sun Life yang berjudul “Fun Talkshow wujudkan liburan terbaikmu” di Hotel Horison Semarang. Mbak Donna Imelda dan Mbak Muna Sungkar bercerita tentang pengalaman liburan mereka. Mereka membagikan tips dan trik liburan seru tanpa mendatangkan masalah. Mbak Donna menerangkan persiapan penting yang tidak boleh terlupakaan saat liburan mulai dari biaya, waktu, hingga tujuan liburan itu sendiri. Liburan bisa saja direncanakan ataupun tidak direncanakan tetapi ada baiknya jika liburan tersebut direncanakan jauh hari. Dana yang harus dipersiapkan meliputi biaya paspor (jika bepergian ke luar negeri), tiket pesawat, hotel, biaya komunikasi, harga tiket masuk tempat wisata, makan dan oleh-oleh serta dana cadangan jika ada sesuatu yang mendesak.
 Pentingnya asuransi saat liburan dikarenakan kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi dalam perjalanan liburan kita. Asuransi juga bisa membuat kita tenang jika dalam liburan kita mengalami hal yang tidak terduga, seperti kecelakaan atau sakit. Biasanya kita terlalu malas untuk mengurus asuransi dikarenakan klaimnya susah. Dua hal penting yang bisa merugikan perjalanan kita ialah tiket serta akomodasi. Kalau kita sudah mengasuransikan perjalanan kita, maka dua hal tersebut akan aman, pastikan juga asuransi yang kita pakai memiliki jaringan internasional untuk memudahkan kita saat melakukan perjalanan ke luar negeri.
Sun life Bright Advisor merupakan situs di mana kita bisa bertanya dan mendapatkan informasi lebih seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Di website tersebut bisa menggunakan kalkulator yang fungsinya membantu kita menghitung kebutuhan asuransi dan investasi untuk masa depan. Kita bebas tidak dikenakan biaya apapun dalam memanfaatkan bright advisor, bahkan tidak harus menjadi nasabah Sun Life.  
Hal yang paling penting setelah asuransi ialah, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit, karena biasanya akan ada banyak sekali diskon saat kita berbelanja. Jangan sampai hal ini memusingkan kita setelah kita liburan, dalam membayar kartu kredit jangan sampai menunda karena bunganya besar.
            Setelah berlibur, tentunya kita tak ingin ketinggalan untuk membagikan momen perjalanan kita dong? Buat draft tulisan kita selama di perjalanan, bisa dengan cara ngetwit, hingga membuat draft post di blog, jangan kelamaan dan keburu menguap karena feelnya hilang. Jadikan blogmu sebagai etalasemu, maka buatlah konten semenarik mungkin.

Setelah mendengarkan penjelasan Mbak Donna, acara kemudian dilanjutkan dengan coffe break yang diisi dengan Stand Up Comedy oleh Mas @Fuadfu, giliran Mbak Muna  yang memberikan Tips & Trick liburan bersama keluarga. Menurutnya liburan keluarga itu penting karena hidup terus berjalan sementara kesibukan dan umur kita terus bertambah, belum lagi usia anak yang terus mengalami pertumbuhan, jangan sampai liburan kita tertunda hanya karena anak kita masaih kecil, justru pada saat inilah kita menciptakan memori indah sebelum waktu anak kita tersita dengan kesibukan mereka sekolah, dengan teman maupun dengan gadget.
            Hal yang harus disiapkan ketika liburan bersama keluarga adalah bicarakan liburan ini bersama keluarga, atur jadwal cuti dan ketahui tanggal libur anak, pastikan dana dari awal, jika tak bisa disiplin diri dalam mengatur keuangan, pastikan pasangan kita mengingatkan jika pengeluaran sudah over budget, jangan lupa manfaatkan asuransi perjalanan. Tips liburan irit pun dijelaskan oleh Mbak Muna, seperti beli tiket jauh-jauh hari, nabung dan lakukan pembayaran 2-3 bulan sebelumnya, bandingkan harga suatu maskapai dengan maskapai lainnya. Setelah tiket pesawat didapat, jangan lupa susun ittinerary dan diskusikan bersama suamindan anak. Jika liburan bersama anak harus dibawa santai, jangan terlalu memaksa karena bisa mengakibatkan anak rewel.
            Sebelum berangkat, scan dokumen dan kirim ke email pribadi. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak kita inginkan, jangan lupa untuk menimbang barang bawaan, jangan sampai over budget. Packing adalah hal yang paling malas dilakukan sebelum liburan. Tips packing pun diberikan oleh Mbak Muna. Seperti ajak anak untuk packing bareng (jika anak usia di atas 5 tahun), siapkan tas tenteng yang berisi keperluan bayi, atau masukkan hal yang sekiranya sering dipakai dalam satu tas sendiri, bawa mainan agar anak tidak merasa bosan dalam perjalanan, biasakan bawa obat-obatan standart jika si anak punya mabuk ataupun yang bisa kambuh saat bepergian.
            Liburan keluarga bertujuan untuk mendekatkan kembali hubungan kekeluargaan, maka komunikasi suami istri harus terjaga selama perjalanan. Liburan tidak harus mahal. Bahkan keliling mengunjungi museum atau kebun binatang bisa menjadi hal yang mengasyikkan juga seru. Jika ingin mendapatkan endorse, cobalah untuk mereviewnya lebih dulu lalu tag ke tempat tersebut. Jika reviewmu menarik minimal akan ada goodie bag yang akan diberikan
            Di akhir acara diumumkan pemenang live tweet dan penanya terbaik, kemudian kita berfoto bersama dengan yang hadir siang itu, kemudian ada goodie bag berisi notes dan buku “Selami Asuransi demi proteksi diri” bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai asuransi. Demikianlah acara Fun Talkshow tersebut berakhir.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa