Artikel

Jumat, 30 Juni 2017

bye, ayang-ayangan, thanks uri-cran!




Sebagai wanita, kita tentu pernah merasakan ayang-ayangan, rasanya nggak enak banget, kebelet buang air kecil, tapi setelah dikeluarkan ternyata nggak ada atau malah bisa sampai sakit juga rasanya. dan yang paling nggak enak itu rasa kepingin buang air kecil terus-menerus. dan aku baru tahu kalau ternyata yang terkena ayang-ayangan ini nggak cuma wanita, tapi pria juga bisa kena ayang-ayangan juga lho. 
dulu waktu kecil, aku percaya kalau ayang-ayangan itu hal yang biasa terjadi, tinggal minum banyak juga hilang sendiri, atau bakal terjadi kalau kita minum air panas dicampur air dingin secara bersamaan, ternyata setelah membaca artikel tentang ayang-ayangan di sini membuatku tahu kalau ternyata ayang-ayangan itu cikal bakal terjadi infeksi saluran kemih. banyak orang suka mengasumsikan apabila rasanya saat buang air kecil itu nggak enak atau kurang nyaman maka itu ayang-ayangan, padahal penderita anyang-anyangan yang normal maka akan merasakan sakit dan nyeri ketika sedang buang air kecil. jangan pernah anggap sepele anyang-anyangan karena jika terjadi infeksi terhadap saluran kemih bisa saja itu berhubungan dengan ginjal.

infeksi saluran kemih merupakan infeksi yang terjadi di sepanjang saluran kemih, terdiri dari ureter, ginjal, kandung kemih, dan uretra dan biasanya terjadi pada wanita dewasa karena uretra pada wanita lebih pendek yang menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke saluran kemih. infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh jamur, kuman, bakteri, dan virus karena terjadinya pengosongan kandung kemih yang terganggu dan iritasi di saluran kemih. 

penyebab ayang-ayangan bisa jadi karena :

  • kuman : kuman yang masuk ke dalam saluran kemih dapat menyebabkan anyang-anyangan. jagalah kebersihan daerah kewanitaan dari kuman, 
  • dehidrasi : kekurangan air putih juga bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan karena urin yang diproduksi sedikit, semakin sedikit urin yang diproduksi akan mengakibatkan sulit buang air kecil. orang yang dehidrasi akan tetap merasakan keinginan buang air kecil meskipun urine yang diproduksi sedikit, nah pada saat inilah orang tersebut terkena gejala anyang-anyangan.
  • diabetes : penyakit ini juga menyebabkan anyang-anyangan karena adanya reaksi dari penyakit diabetes,selain itu kadar asam urat dan tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan anyang-anyangan.
  • batu ginjal : karena batu ginjal dapat menekan saluran kemih, dan hal ini dapat menjadi penyebab sakit buang air kecil karena merasakan keinginan buang air terus menerus tetapi tidak bisa karena tertutup oleh batu ginjal.
  • ibu hamil : pada saat usia kandungan membesar aka akan menekan saluran kemih pada saat inilah keinginan buang air kecil terus menerus akan dirasakan
  • Gangguan Prostat : prostat yang fungsinya tidak bekerja dengan baik akan mengganggu kinerja prostat, inilah yang menyebabkan anyang-anyangan terjadi pada pria. 


selain itu, penyebab anyang-anyangan bisa juga karena keinginan buang air kecil yang ditahan-tahan. biasanya kalau pada wanita terjadi jika di ruang publik dan ingin menggunakan fasilitas toilet umum dan karena tidak memadai tempatnya sehingga mengurungkan niat buang air kecil, dan akhirnya ditahan-tahan sehingga menyebabkan anyang-anyangan. 
aku juga ernah mengalami anyang-anyangan, caraku mengatasinya biasanya dengan minum air yang banyak, agar bisa kembali lancar buang air kecilnya, namun sekarang ada Prive Uri-Cran yang konon katanya bisa dengan ampuh mengatasi anyang-anyangan. Prive Uri-Cran mengandung ekstrak cranberry yang mengandung proantocyanidin yang dipercaya bisa menangkap bakteri E-coli, sehingga dapat mengusir bakteri E-coli yang ingin menempel di dinding saluran kemih. 

ternyata ada dua varian Prive Uri-Cran ini : 

  1. Prive Uri-Cran Plus Powder Sachet : penyajiannya cukup mudah, sehari cukup minum 1-2x dan dilarutkan ke dalam 100-150ml air dan bisa diseduh dengan air dingin. 
  2. Prive Uri-Cran kapsul : cukup diminum 1-2 kapsul perhari. karena kapsul jadi mudah dibawa ke mana-mana, gak ada lagi deh alesan sakit karena anyang-anyangan. 
yak, sekian dulu, semoga anyang-anyanganmu segera teratasi, jika tetap terasa sakit setelah meminum ini, silakan ke dokter ya, biar dicek secara lengkap. semoga selalu sehat ya!