Artikel

Rabu, 20 September 2017

Bloger dan Cinta Indonesia

2017 sekarang ini, internet sudah dikenal lebih dari 132 juta dari jumlah total penduduk Indonesia. Jumlah sebanyak itu tak membuat penduduk Indonesia menjadi smart people dengan smartphonenya. Masih banyak konten-konten provokatif, hoax dan diragukan kebenarannya yang masih beredar di segala lini media sosial. 

Penyebaran berita sekarang ini sangat mudah, hanya tinggal klik share dari smartphone, maka segala jenis berita sudah bisa kamu sebarkan ke teman-teman yang ada di kontakmu atau list followermu. Makanya, yang harus kamu perhatikan adalah para pengikutmu, apakah mereka kids jaman now yang suka menelan berita micin mentah-mentah, ataukah sudah bisa lebih bijak dalam memfilter berita yang akan mereka baca? apalagi kalo followersmu lumayan banyak, satu orang share, maka akan tersebar di list follower mereka, dan jika ada follower mereka yang ikutan share, ya akan tersebar lagi, gitu aja terus sampai lagu eta terangkanlah ngga lucu lagi.

Makanya, Hari Sabtu 16 September 2017 kemarin, kita para netizen Semarang diundang ke acara Ngobrol Bareng MPR RI yang berjudul "Netizen Semarang Ngobrol Bareng MPR RI" ini menghadirkan 3 pembicara dari MPR RI yaitu Siti Fauziah SE, MM (Kepala Biro Humas MPR), Bambang Sadono, SH, MH. (Ketua Badan Pengkajian MPR) dan Ma’ruf Cahyono, SH, MH. (Sekretaris Jenderal MPR).



4 Pilar Kebangsaan Indonesia menjadi tema di pagi itu, apa saja sih yang termasuk 4 Pilar kebangsaan Indonesia : 
1. Pancasila
2. Undang-Undang Dasar 1945
3. Bhinneka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kira-kira di jaman sekarang, masih ada ga sih generasi muda yang mengamalkan 4 pilar di atas nggak ya? hapal pancasila ataupun nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari? karena, pada kenyataannya kalo ada kunjungan bapak presiden Jokowi ke kota-kota yang ada di Indonesia, masih ada yang salah dalam menjawab pertanyaan bapak presiden dan akhirnya gagal bawa pulang sepeda deh. (eh itu salah jawab karena nggak tahu apa grogi ya? hehehe). 

Dan, di jaman sekarang ini, ujung tombak era digital ini adalah lewat bloger. kenapa bloger? karena kita adalah yang paling dicari netizen jika ingin mendapat informasi tertentu, review film dan buku, misalnya. dengan menjadi bloger yang dicari netizen lain beritanya di google, maka kita juga diharuskan untuk tidak share berita-berita yang diragukan kebenarannya, kenapa? karena kita sebagai tolak ukur dunia maya, mau kita dicap sebagai penyebar hoax? mending juga nyebarin kuliner dan travelling :D

Jangan membenci sesuatu sebenci-bencinya, dan jangan menyukai sesuatu sesuka-sukanya, secukupnya saja, karena jika kita terlalu fanatik terhadap satu hal, kita cenderung membenci hal-hal yang tidak sepemikiran dengan kita, dan kita pasti akan share yang sesuai dan tidak sesuai dengan kita tanpa kita saring beritanya, apakah benar ataukah hanya hoax? dan itulah yang bisa disebut sebagai provokasi. 

Jika isi blog kita informatif dan positif maka kita akan dicari berbagai kalangan yang membutuhkan informasi dari tulisan-tulisan yang ada di blog kita dan mereka tidak akan bosan berkunjung ke blog kita. 

Berita yang sekarang sedang marak mulai mengancam keutuhan NKRI, apapun itu. Tugas kita adalah meredam semua itu dengan berita-berita positif yang kita punya, karena jika konflik antar rakyat sudah dimulai, maka kita sebagai warga Indonesia gagal menjaga kerukunan negara sendiri. apakah itu yang kita inginkan? aku sih enggak. 

4 pilar kebangsaan, jika diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari tentu akan sangat membantu dalam mewujudkan Indonesia yang damai, tentram, aman, dan bahagia. karena kita menganut bhineka tunggal ika yang berarti walaupun kita berbeda (baik dari suku, agama, dan ras) kita tetap satu, Indonesia. 

 Untuk Indonesia yang lebih damai inilah peran kita sangat dibutuhkan, seperti: tidak membagikan berita-berita yang SARA dan SARU. mulai mencari sumber yang asli dari berita-berita ataupun broadcastan chat yang kita terim. karena dengan langsung menshare tanpa mempertimbangkan sumber yang valid tau tidak, bukan sebuah tindakan yang bijak. 

Mari kita mulai menulis dan membagikan berita dengan cerdas! karena cerdas di dunia maya itu penting. 


terima kasih

4 komentar :

  1. Yuk kita sebarkan energi postif dan mengamalkan 4 pilar dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo energi nya masih negatif semua dirukiyah dulu ya mba vita :)

      Hapus
  2. Kids jaman now emang pada suka makan micin mentah :D Semoga mereka segera sadar ya ..

    BalasHapus
  3. Bloger dengan 1 g masih canggung menggunakannya..

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa