Artikel

Selasa, 10 Oktober 2017

Pengalaman Pertama Kali Naik Bus Wisata Semarang "Yuk Muter-Muter Semarang"

yeay, Sesuai banget sama tema arisan ke 12 yang diberi tema "yang pertama" sama Mbak Marita dan Mbak Dini maka gue putusin buat bikin tulisan ini. hahahaha
Jadi ceritanya, kemarin, 4 Oktober 2017 gue dapet kesempatan buat nyobain Bis Wisata Semarang yang beroperasi pertama kali di Semarang bareng sama penggiat wisata dan genpi jateng. Awalnya dua hari sebelumnya ada undangan masuk di grup whatsapp genpi kedungsepur siapa yang mau ikutan naik bus wisata untuk pertama kalinya, dan akhirnya gue sama Mbak Mara bisa ikutan jalan-jalan keliling kota Semarang, awalnya diberi tahu bis akan berangkat jam 10. jadi kita kudu siap di Museum Mandala Bhakti jam 09.30 tapi ternyata ada info bahwa bis berangkat jam 11.15 makanya kita harus ada di Museum Mandala Bhakti jam 10.30, hihihi


Pagi itu, masih galau-galau sedikit karena tadinya belum tahu bakal berangkat apa enggak, untung diwhatsapp Mbak Mara disuruh siap2, yaudah deh meluncur aja ke Museum Mandala Bhakti dianterin babang pacar gojek. Sampai di Museum Mandala Bhakti, aku langsung masuk bis tuh, karena lihat Mbak Mara sudah di dalem bis. hihi selain ada Genpi Jateng, juga ada dari hotel-hotel se-Semarang, dan juga ada penggiat wisata Kota Semarang.
bareng sama kakak2 dari Genpi Jateng

Bus Wisata yang baru beroperasi ini dilengkapi 70 kursi penumpang dengan 12 kursi di bawah dan 58 sisanya di atas, juga ada kursi difabel lho. Bus ini muter-muter Kota Semarang dengan rute Mandala Bhakti - Jl. Imam Bonjol - St. Poncol - St. Tawang - Taman Srigunting berhenti 15 menit - Jl. Pemuda - Lawang Sewu - Jl. Pandanaran - Simpang Lima - Jl. Pandanaran - Kampung Pelangi berhenti 15 menit - Sam poo kong - Bundaran Kalibanteng - Jl. Jenderal Soedirman - TuguMuda -  kembali lagi di Museum Mandala Bhakti.

Wah, rutenya sudah hampir mewakili Kota Semarang ya, lumayan lengkaplah, mana gratis lagi, dan oh ya hampir lupa, setiap Hari Selasa-Kamis bus hanya beroperasi 3x trip dan di Jumat-Minggu ada 4x trip, khusus Hari Senin, busnya libur dulu buat dicuci dan perawatan, ya maklumlah yaaa, gratis bo!

Sepanjang perjalanan dengan Bus Wisata juga ada Guide yang menjelaskan tentang sejarah kota Semarang, cerita tentang Mberok, ataupun cerita sejarah di tiap tempat yang sedang kita lewati. M
Macam-macam, seru pokoknya dipandu sama Guidenya, jadi selain jalan-jalan melihat Kota Semarang kita juga bisa menambah wawasan dengan cerita sejarah yang ada di kota ini. Cara naiknya gampang banget kok, tinggal datang ke Museum Mandala Bhakti dan bisa menukar KTP dengan tiket masuk wisata bus tingkat, KTP bisa diambil saat pulang, makanya dihimbau untuk tidak turun di sembarang tempat. Tertarik kan? ayok Muter-Muter Semarang!






21 komentar :

  1. Yok naik lagi yok, aku masih belum nyoba

    BalasHapus
  2. ya...aku belum pernah ke Semarang mbak, mau juga dong naik bus wisatanya. dari foto yang mbak upload kayaknya pemandangan dari bus wisata keren deh

    BalasHapus
  3. Wah keren ya. Mana tinggal nuker ktp aja ya. Eh terima semua ktp kan? Termasuk kalau bule, tukernya ama apa? Paspor?

    BalasHapus
  4. Ktp bisa jadi tiket asyik donkm diajak muter2 dikasih guide jadi tau tempat2 di semarang

    BalasHapus
  5. enak muter-muter Semarang, cuman panasnya yang kurang menyenangkan
    tapi tetep asik karena ada Guidenya jadi tau deh

    BalasHapus
  6. Bisnya persis Bis Solo yaa...((lupa namanya))
    Bener asiik banget.
    Tapi kadang suka kasian sama yang luar Jawa kalo si guide nya menjelaskan sesuatu pake bahasa Jawa.

    Apalagi bule yaa...
    Hhiihhii...

    BalasHapus
  7. Kapan kapan bisa nih ke Semarang buat wisata gratis pakai bus wisata, ya kapan lagi ya wisata gratis keliling kota...

    Menawarkan pengalaman wisata dalam kota, selain wisata kembali ke alam, misalnya

    BalasHapus
  8. wihiiiii aku maulaaaah jalan2 yang kayak giniii

    di jember juga ada, tapi belom setenar ini sih, maksudnya belum banyak yang tau, padahal udah berjalan lebih dari setengah tahun

    salah mereka sih, gak ngajakin blogger, hahaha... tapi blogger jember waktu itu belum lahir sih --'

    BalasHapus
  9. Wah keren ya sudah ada Bus Wisatanya 😊 Gratis pula ya terus pemandunya ada. Seru ih! Kapan-kapan kalau ke Semarang kudu nyobain nih.

    BalasHapus
  10. Ya Salaaaammm. Ini cuma sejam dari Salatiga. Aku kudu nyoba ihhh. Mbak Erina mau nemenin kan kan kan? 😅

    BalasHapus
  11. harusnya aku diajak biar makin seru. kan sebenarnya yang bearti itu siapa yang ada bareng dibangku sebelah bus.
    Jadi kapan mau ngulang perjalanan wisata pake bus ini lagi

    BalasHapus
  12. Asyik nih udah ada bus baru
    Kemarin2 mau iseng naik trans semarang aja buat keliling2, eh skrg udah ada bus wisata. Selanjutnya gratis apa bayar nih Mbak? Rute awal di mana ya

    BalasHapus
  13. Kalau di Bandung, namanya Bandros, Kak.Sama seperti yang di Semarang, bus wisata di Bandung, juga keliling-keliling melewati gedung yang bersejarah

    BalasHapus
  14. Kalo ke semarang wajib naik bus wisata ini,rutenya jauh juga ya er. Pasti seru nih muter2 semarang pakai bus wisata ini, kauak di jakarta aja bus tingkat.

    BalasHapus
  15. wah. Gratisss... seru ya kayaknya. Kapan2 coba ahhh...

    BalasHapus
  16. Lebih panjang dari bus Werkudara di Solo ya ini.. Duh, yang Solo aja belum pernah naik aku mah. Hahaha. Muter-muter kota itu nanti ada berapa kali pos yang disinggahi, Er?

    BalasHapus
  17. waktu aku ke semarang blm ada nih kayanya, jadi kangen ke semarang. beliin tiketnya dong kak.

    BalasHapus
  18. Semarang..salah satu kota yg ingin sy kunjungi
    Penasaran dgn kotanya
    Dan makanannya
    Apalagi ada bus wisata ini..pasti lebih seru ya

    BalasHapus
  19. Wah seru yaaa... Ini kek semacam banros kalau di bandung ya? Sayablm peenah ke semarang, jd excited niiihhhh

    BalasHapus
  20. Pengen naik bis wisata tingkat ini juga

    BalasHapus
  21. Nyong mau kak d anterin d traktir naik itu..
    Trus ditemeni juga muter2 semarang..

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa