Artikel

Kamis, 04 Januari 2018

Oleh-Oleh Khas Semarang : Lunpia Cik Meme

Halo, sudah pernah main ke Semarang?
Sudah pernah ke mana saja selama di Semarang?
Sudah pernah makan apa saja saat di Semarang?
Sudah pernah makan lunpia Semarang?



Semarang, kalo berbicara mengenai kota ini ada banyak hal yang bisa dieksplor, mulai dari wisatanya, kulinernya, sampai kebudayaannya. Kota ini kaya akan budaya dan sejarahnya, bahkan kulinernya pun mendunia. siapa yang nggak tahu tentang lunpia? 

Lunpia Semarang berbeda dengan lunpia yang ada di daerah lain. Aku pernah main ke Jogja dan di sana ada yang jual lunpia juga, cuma isiannya yang berbeda, lunpia Jogja isinya sayur, kalo lunpia Semarang isiannya rebung, dan biasanya diisi dengan telur dan udang. Tapi ternyata ada juga lho lunpia dengan isian rasa yang unik-unik, rasa kambing jantan muda misalnya, atau lunpia rasa jamur, ada juga lunpia kepiting, dan ada lunpia plain untuk kamu yang vegetarian, sejauh ini sih aku belum nemuin lunpia rasa mbayar ya. (hahahaha krik krik).

Ceritanya, akhir Desember 2017 lalu, aku dan teman-teman Genpi Jateng diundang untuk mencicipi lunpia cik meme Semarang. Lunpia cik meme ini dulunya bernama Lunpia Delight, kamu yang orang Semarang pasti gak asing sama Lunpia Delight, soalnya selain karena cita rasanya yang endolitaak, brosur dan kartu namanya bisa dengan mudah kamu temuin di mana-mana. Aku mau cerita sedikit ya kenapa lunpia delight mengubah namanya menjadi lunpia cik meme, jadi saat ulang tahun yang pertama pada tanggal 20 Februari 2015 Bapak Drs. Adi Trihananto, MSi. selaku Setda Kota Semarang dalam kata sambutannya beliau mempertanyakan nama delight terhadap lunpia yang menjadi ciri khas makanan tradisionalnya Kota Semarang. Beliau menyarankan untuk sebaiknya tidak menggunakan nama yang kebarat-baratan mengingat lunpia menjadi makanan tradisional dan khas Kota Semarang kemudian nama itu berubah menjadi lunpia delight milik cik meme, yang akhirnya berubah lagi menjadi Lunpia Cik Meme hingga sekarang. 



Lunpia Cik Meme ini mengeluarkan banyak varian rasa. Ada KaJaMu (kambing jantan muda), RaJa Nusantara (Jamur), Kakap, Kepiting, Original dan Plain. karena mengeluarkan banyak varian ini, Lunpia Cik Meme juga mendapat penghargaan lho. Aku mencoba semua rasa dan terus terang bingung memutuskan untuk suka sama rasa yang mana, karena enak semua! gak percaya? cobain aja sendiri! 
Obrolan siang santai

Harga lunpia cik meme juga tidak menguras kantong, cukup dengan 10 ribu saja kamu bisa bawa pulang varian rasa plain, ya kalau mau rasa yang lain juga ada ya, varian harga antara 10ribu - 22 ribu kok, harga yang lumayan wajar karena mengingat varian rasa yang macam-macam tadi ada daging kambing, kepiting, dan kakap. Jangan khawatir, Lunpia Cik Meme ini Halal kok! 

untuk ketahanan Lunpia Cik Meme sendiri untuk lunpia rebus hanya 8 jam di suhu ruang dan 3 hari di dalam kulkas, sedangkan lunpia goreng bisa tahan 24 jam di suhu ruang dan 7 hari di kulkas, jadi kamu bisa mengira-ngira sendiri mau membeli yang goreng atau rebus untuk oleh-oleh ya. 
selain Lunpia Cik Meme, kamu juga bisa menemukan oleh-oleh lainnya di sini, ada wingko, bandeng, dan berbagai kletikan yang juga merupakan khas kota Semarang. lengkap kan?
Handcraft dan ada juga oleh2 lainnya. 




Alamat Lunpia Cik Meme :
1. Jl. Gajahmada 107 Semarang
Buka Jam 05.00-22.00
Free Delivery 
(024) 3511007
085 100 000 727

2. Bandara A. Yani Semarang

21 komentar :

  1. Belum sah plesiran ke semarangnya kalo belum beli Lumpia Cik Meme.

    Belum sah jadi orang Semarangnya kalo belum nyobain lumpia Cik Meme.

    BalasHapus
  2. Sekda, bukan Setda...Setda itu kantornya, lembaganya. Person yg pegang jabatan adl Sekda. Hehe

    BalasHapus
  3. Pertama kali blogwalking disini. :)

    Saya belum pernah ke Semarang, ini juga masih sekolah. Semoga kapan-kapan bisa kesana. :)

    BalasHapus
  4. Mau nyobain yg kambing, ah. Kayaknya baru ada di sini ya varian kambing?

    BalasHapus
  5. Aku seumur-umur di Semarang belum pernah makan Lunpia Delight ini.

    Beliin dong Kak.

    BalasHapus
  6. Yang benar itu Lunpia atau Lumpia ya? Apakah keduanya berbeda jenis? Ada isi jamur juga isi favorit saya, jadi ingin mencobanya juga suata saat jika ke Semarang.

    BalasHapus
  7. Nulisnya yg bener "lunpia" ya mbak? Bukan "lumpia"?
    Lunpia emang khas Semarang tapi keren ada inovasi2 dalam hal resep dan rasa. Noted kalau ada rezeki ke Semarang pengen jg nyobain :D
    TFS

    BalasHapus
  8. saya kemarin tugas ke semarang, tapi gak tau kalau ada lumpia cik meme. coba mba er, ntar kalau aku tugas lagi tolong diantar kesana ya hehehe

    BalasHapus
  9. Aku dah pernah dengar katanya Semarang sekarang terkenal dengan lunpianya, aku suka lho lunpia, apalagi kalau rasanya enak dan murah hehehehee

    BalasHapus
  10. varian rasanya banyak bgt ya, ahh pengen coba lunpia, aku yg ori aja deh, rasa yang lain meskipun katanya enak, tapi takut zonk.. hhee
    tunggu aku ya sis di semarang, mau ya nanti jdi tour guide.

    BalasHapus
  11. Yah... Tau gitu pas akhir Agustus lalu ke Semarang, mampir ke sini deh. Kemarin dibeliin lumpia tapi kurang maknyus. Siiip balik lagi ke Semarang, beli lumpia cik meme

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah ke semarang
    Sering dengar tentang lumpia semarang tp blm pernah nyicip
    Moga nti kesampaian ke semarang
    Katanya kota tuanya jg bagus

    BalasHapus
  13. Yang benar lumpia atau lunpia, Mbak? Selama ini saya familiarnya lumpia.
    Dan memang lumpia Semarang,enak bangeet. Rasa rebungnya yang membedakan dengan yang lain.
    Oh iya, harga lunpia cik meme ramah di kantong juga, ya...

    BalasHapus
  14. Juaraaa!
    Di Semarang pasti carinya lunpia yaa..

    Aku kemarin ke Semarang malah makan-makanan mall.
    Dicatet dulu ah..bisi lupa.

    Jadi wishlish aku kalo pas liburan ke Semarang besok lebaran.

    BalasHapus
  15. Suka dengan rasa lunpia... hmmm.. enak... apalagi kalau disediakan aneka rasa ya.... Jadinya kita bisa milih cita rasa yang sesuai dengan lidah...

    BalasHapus
  16. Belum pernah mampir ke semarang huhu tapi di Bandung jg ada yg jual, namanya lunpia basah. Hehehe kalo lunpia basah sama lunpia yg di semarang kira2 rasanya beda ga ya? Hehehe

    BalasHapus
  17. gue pribadi kurang suka sih sama lumpia, er. gak tau kenapa, pokoknya gak suka aja. terlalu kering kaya hati soalnya.

    BalasHapus
  18. Belum pernah ke Semarang, beberapa teman yang tinggal di sana sering ngajak, kalau kesampaian ke sana pengen banget nyobain lunpia yang direkomendasiin mbak erina

    BalasHapus
  19. Aku pengen banget ke Semarang tapi belum pas melulu waktunya. Baru tau ternyata yang bener itu Lunpia yaaa. Enak banget kayanya

    BalasHapus
  20. Embeer.. aku ke semarang pasti kalap beli lumpia dan bandeng hihi.. boleh juga nih jd rekomendasi merk lumpia kalau nyari oleh2 lagi deh

    BalasHapus
  21. Widih,, yang Kajamu kayak nya ajibb mbak.. :O

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa