SEMBUTOPIA Sebuah Takdir Kejayaan 2020

Tidak ada komentar


4 Hari yang lalu, kami bloger Semarang berkumpul di Hotel Aston di acara Sembutopia besutan Pak Kafi Kurnia. Sembutopia adalah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan.
Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan.

Jonathan Swift (30 November 1667 – 19 October 1745) seorang pemikir pernah mengatakan bahwa visi adalah sebuah penglihatan yang nyata bagi seorang pemimpin -  yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Dan visi adalah salah satu kualitas pemimpin besar.

INDONESIA 2020 bertujuan agar memotivasi kita semua untuk berpartisipasi agar ikut mewujudkan sebuah “grand vision” untuk Indonesia. Dengan harapan visi ini bisa diambil oleh para pemimpin kita dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan-nya.

Indonesia memiliki begitu banyak “ jejak kejayaan” mulai dari tradisi, budaya, sejarah dan kearifan lokal. Jejak kejayaan ini sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen. Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat menjadi takdir kejayaan. Misalnya saja Indonesia tahun 2030 diramalkan akan menjadi perekonomian terbesar ke 5 di dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun. Bukan-kah nenek moyang kita pernah juga memberi wangsit dan warisan – bahwa Indonesia akan “Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja”

kapan takdir kejayaan itu akan terwujud?. Berangkat dai pertanyaan ini, saat Hari Kebangkitan Nasional tahun 2018 ini, sembutopia memberanikan diri untuk mengusung sebuah ide sederhana – INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan. 2020 memiliki sejumlah makna. Yang pertama adalah penglihatan yang sangat sempurna yang diistilahkan dengan 2020. Yang kedua bisa jadi 2020 adalah angka tahun 2020. Yang terpenting adalah mengobarkan semangat INDONESIA 2020 – bahwa sebagai bangsa kita punya takdir kejayaan yang harus kita wujudkan bersama-sama dengan segenap rakyat Indonesia.

Setelah peluncuran ide – INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan, ide ini akan kami perkenalkan ke seluruh Indonesia. Pertama dengan mengadakan kegiataan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan. Kedua dengan merekrut para profesional untuk menvisualisasikan ide INDONESIA 2020 kedalam karya dan prestasi, entah itu karya seni, budaya atau karya lainnya seperti sastra, kuliner dan lainnya.


harapannya, Indonesia akan mencapai takdir kejayaan-nya sesegera mungkin. Cita-cita nenek moyang kita terhadap sebuah negara yang - Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja” bisa terlaksana segera ! Dan apa yang terukir dalam sila-sila Pancasila akan menjadi wujud nyata bagi seluruh rakyat Indonesia. 

semoga kita semua bisa mewujudkan mimpi tentang Indonesia 2020 ya!

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa