Artikel

Senin, 09 Juli 2018

mengelola keuangan liburan dengan bijak

Halo kalian smeua, apa kabar? gimana nih liburannya? masih liburan kan? atau sudah mulai masuk kerja? apapun itu semangatlah ya... 


Liburan
Sesuatu yang sekiranya tidak terlalu penting, tapi penting juga. Dengan liburan kita bisa merefrresh otak, menyegarkan pikiran dan juga bisa mengembalikan mood setelah kelelahan bekerja. Refreshing tipis-tipis itu perlu biar kita enggak terlalu stress atau tertekan dalam menghadapi cobaan.
Alam Indonesia ini sangatlah cantik, sayang jika kita lewatkan begitu saja, karena setiap tempat punya keindahannya masing-masing, kalau aku sendiri, lebih suka berlibur ke Indonesia daripada luar negeri ya, karena banyak yang bisa kita nikmati, selain itu juga bisa menumbuhkan rasa cinta kita kepada negara ini.

Saat masih single seperti sekarang pun, saya rasa saya bisa menabung untuk sekedar pergi liburan ke tempat-tempat cantik yang ada di Indonesia, berburu tiket murah, solo travelling atau backpackkeran, menjadi pilihan saat ingin bepergian. Maklum, sendirian, jadi tanggung jawabnya ya hanya sama diri sendiri bukan orang lain. Jika sendirian, bebas menentukan mau makan apa, mau tidur di mana, atau mau mengunjungi apa saja, yang penting asal kaki kuat untuk jalan mah ayo aja. Iya nggak? Makan kalo mau hemat ya pinggir jalan, sekalian untuk menghemat pengeluaran.
Tapi, kadang terlintas di benakku, jika aku sudah berkeluarga, sepertinya untuk piknik harus aku pikirkan dan rencanakan dengan matang. Kenapa? Karena nggak mungkin aku membawa keluarga kecilku piknik seenaknya tanpa perencanaan yang matang, semua harus diukur dari segi apapun. Segi apa saja?
1.    Segi Keamanan
“Akankah tempat itu aman untuk anak-anak?” kira-kira begitu yang ada di pikiranku jika sudah punya anak nanti, ya, aku akan memastikan anakku merasa aman saat kuajak pergi. Karena itu segi keamanan merupakan peritmbangan yang utama
2.  Segi Kenyamanan
“kira-kira bakal senang tidak ya?” jika sudah berkeluarga dan mempunyai anak, bukankah kamu akan mendahulukan kebahagiaannya di atas kebahagiaanmu?
3.  Segi keuangan
Nah, ini nih. Terkadang untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan tersebut kita harus rela mengeluarkan uang banyak? Iya kalo worth it dengan apa yang kita peroleh, tapi kalo ternyata bikin kita napas satu-satu setelah liburan bagaimana?
Maka dari itu, kita butuh mengelola keuangan kita dengan bijak, agar bisa kita pakai dengan sebagaimana mestinya, pengelola keuangan ini kalau kita disiplin menerapkannya, kemungkinan kita akan bisa liburan ke manapun yang kita mau dan tanpa perlu kekhawatiran yang berlebih bahwa uang kita akan kurang. ]
Hal-hal yang harus diperhatikan :
1. Menabung 10% - 30% sebagian pendapatan yang kamu peroleh setiap bulan. Jadi setiap terima gaji, langsung kamu poskan tanpa perlu menunggu akhir bulan berikutnya. Disiplinlah untuk membagi setelah diterima gajinya, bukan nabungnya nanti aja kalo ada sisa.
2.Buka tabungan berjangka. Sekarang rekening berencana sudah banyak dipakai, kita juga bisa memanfaatkan itu karena biar selalu ada dana yang tak terduga bisa kita gunakan untuk beli sesuatu atau juga bisa kita gunakan untuk pergi liburan, apalagi tabungan berjangka ini bisa menabung mulai 100 ribu perbulan, tuh setahun sudah berapa? Itung-itung sebagai tambah-tambah biaya liburan karena masih ada lagi banyak cara spend money.
3. Buatlah celengan koin atau celengan lima ribu. Jadi bikin saja celengan biasa, sisihkan 5 ribu rupiah saja setiap harinya, dari pengeluaranmu jajan, beli kuota, atau apapun, lumayan kan, sebulan bisa spend sekitar 150ribu, setahun? Udah bisa buat beli tiket liburan.
4. Setelah hal-hal di atas kita juga bisa konsultasikan hal-hal yang berbau keuangan ke Sun Life Finansial, isi data diri di webnya dan tunggu pihak Sun Life menghubungi kita.

Jika sudah membahas bagaimana cara mengelola keuangan dengan bijak, aku akan membahas tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam liburan :
1.  Tentukan tujuan liburanmu
Setelah kita tahu jumlah dana yang akan kita alokasikan, kita bisa memilah dan menimbang tujuan liburan kita.
2.  Susun itinerary perjalanan
Setelah mengetahui tujuan liburan, kita akan mulai survey apa saja sih yang ada di tempat tersebut, wisata apa saja? Kuliner apa saja? Buat list apa yang wajib dicoba dan apa yang menjadi pilihan.
3. Berburu tiket murah
Jiwa backpacker masih kebawa-bawa, jadi ya kalo bisa dapet tiket murah sekeluarga kenapa enggak? hehe
4. Survey hotel murah
Nah ini, kadang kita bocor di penginapan, saat sendiri sih hal ini biasanya kita kesampingkan, karena bisa numpang di rumah temen, tapi jika kamu sudah berkeluarga, mau nggak mau hal ini harus kita pertimbangkan demi kehidupan liburan yang lebih baik. Hehe

Kayaknya sih segitu dulu tipsnya dan aku mau kasih liat sitcom yang barusan aku tonton, tentang perencanaan keuangan dan liburan, hihihi seru!
ceritanya tentang Keluarga Surya yang ingin liburan ke Bali bersama keluarga, liburan di tengah kerjaan, maksudnya sang ayah bekerja, dan anggota keluarga lainnya liburan. drama pun dimulai, sang ayah sangat sibuk menghitung pengeluaran agar tidak terjadi kebocoran sana sini, penasaran? tonton yuk!

keluarga surya


7 komentar :

  1. Perjalanan Liburan yang terencana akan lebih indah Dan nyamaaan

    BalasHapus
  2. memang perlu menyiapkan dana yang matang makanya perlu menabung /investasi biar bisa liburan ke tempat yang kita mau

    BalasHapus
  3. Liburanku masih tergantung anak2. Cari yg ramah buat anak2. Ga perlu ke tempat wisata yg lagi hits. Ke tempat wisata jadul yg biasa2 aja yg penting anak2 suka :)

    BalasHapus
  4. Aku sering tuh libura ala keluarga Surya, babenya kerja ngajakin kami liburan. Kerja dulu, trus liburan kemudian, hahaha

    BalasHapus
  5. Liburan asik memang perlu perencanaan ya, biar nyaman dan kantong gak jebol.

    BalasHapus
  6. Bagiku sendiri teori ini sulit buat dipraktikkan, Mbak. Apalagi dengan pemasukan yang kurang menentu. Ada solusikah?

    BalasHapus
  7. Nah ini nih...nabung buat liburan..suatu harapan yg ternyata agak susah buatku jadi kenyataan..hihi... TFS Erina

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa