5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Umroh

Tidak ada komentar


Hei, 2020! Sudah Desember saja! Enggak terasa banget tahun ini berjalan sangat cepat. Seolah-olah tahun ini memaksa kita untuk melambatkan ritme dibanding tahun-tahun sebelumnya, siapa yang sangka pandemi jadinya selama ini? Apapun yang terjadi, semoga kita semua selalu sehat dan dilindungi oleh Tuhan yang maha esa ya. Aamiin. 

Menurut aku, tahun 2020 ini membuat aku membatalkan beberapa perjalanan yang terencana atau dadakan. Rencana selama apapun, hanya akan menjadi rencana saja, karena untuk pergi masih banyak yang dipikirkan dan lagi-lagi berujung ke lebih baik #dirumahsaja.

Awal PSBB bulan Maret itu, 2 minggu yang harus struggle, karena aku kan anaknya suka pergi dan kali itu harus dipaksa untuk di rumah saja, mulai bingung, biasanya sudah entah di mana, atau sedang sibuk sendiri di kota orang, kali itu dipaksa hanya di rumah aja, belanja bahan makanan, belajar memasak, jadi aja awal PSBB badan juga ikut melebar. Karena di rumah saja, berasa mati kutu kan, karena enggak ngapa-ngapain. Tapi setelah dua minggu itu, akhirnya malah lebih senang di rumah aja, buat latihan masak, mumpung ada adek di rumah, kan jadi ada yang ngabisin, berujung protes mbaknya nggak boleh masak lagi. Di rumah saja ini memaksaku untuk pintar-pintar mencari spot menarik di rumah untuk berkarya, entah foto atau video, ada aja pokoknya yang tiba-tiba disulap menjadi tempat bikin konten ditambah mengoleksi properti untuk foto. Boros? Ah enggak, kan investasi (pembelaan). 

Sudah sekian bulan di rumah saja, jadi kepengen liburan bareng keluarga ya, kalo dulu biasanya sering pergi bareng saat lebaran, atau tahun baru, tapi sepertinya tahun ini ditunda dulu semuanya. Ya harus ditunda ya, daripada memaksakan pergi tapi masih was-was dan jadi enggak enjoy liburannya. Yaudah enggak papa, mending ditabung uangnya buat nanti liburan bareng2 sekeluarga lagi. Sebenernya aku kepengen umroh bareng, aamiin. Kira-kira apa saja sih yang harus aku siapkan saat umroh?

Pemilihan Waktu yang Tepat

Berbeda dengan haji, umroh bisa dilakukan kapan saja. Oleh karena itu, tips persiapan umroh yang pertama adalah sebaiknya aku memilih waktu umroh yang tepat agar ibadah aku dan keluarga bisa maksimal. Aku bisa memilih umroh saat sedang bulan Ramadan agar lebih fokus Ibadahnya. Terlebih, aku juga bisa memilih umroh saat musim dingin di Arab Saudi yakni antara bulan November hingga Desember, untuk mendapat cuaca yang lebih sejuk. 

Mempersiapkan Fisik

Tips persiapan umroh yang berikutnya adalah mempersiapkan fisik. Pasalnya, terdapat perbedaan cuaca yang cukup ekstrim antara Arab Saudi dan Indonesia. aku bisa mempersiapkan stamina tubuh beberapa bulan sebelum keberangkatan dengan olahraga secara rutin agar badan tetap fit. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan gizi dan minum multivitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Mempersiapkan Pakaian yang Dibutuhkan

Persiapan umroh selanjutnya adalah dengan membawa baju ihram cadangan dan pakaian lain. Ketika baju ihram kotor atau basah terkena air, aku masih memiliki cadangan. Lebih lanjut, jangan lupa untuk tetap membawa jenis pakaian lain saat sedang mengunjungi tanah suci. Seperti jaket tebal, syal, masker, dan kaca mata hitam.

Membawa Obat

Selain 3 tips persiapan umroh di atas, aku juga harus menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan ketika sakit datang. Biasanya aku membawa obat-obatan ringan seperti obat flu, obat maag, obat diare serta multivitamin.

Membawa Peralatan Pribadi

Sebagian orang terkadang suka lupa untuk membawa peralatan pribadi ketika sedang menjalankan ibadah umroh, padahal peralatan pribadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan harian. Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi seperti, peralatan mandi, pembalut, payung, mukena, charger hingga peralatan wajah.

Itulah 5 hal yang wajib aku siapkan jika ingin melaksanakan Ibadah Umroh bersama keluarga. Untuk melindungi keluarga ketika sedang beribadah umroh, aku juga mempersiapkan produk Asuransi yang terpercaya dan memiliki banyak manfaat seperti Tugu Insurance. Aku tertarik dengan Tugu Insurance yang memiliki banyak pilihan asuransi untuk memberikan jaminan perlindungan yang ditujukan baik untuk korporasi, personal, maupun syariah. Ada prodik asuransi kecelakaan diri Umroh.  Apalagi Tugu Insurance ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga insya Allah lebih aman dan terpercerya. Karena berani lebih baik untuk keselamatan diri sendiri dan keluarga kenapa enggak?


Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa