Buat Tujuan Keuanganmu di Masa Depan dengan 8 Cara Berikut

Tidak ada komentar


Cara investasi reksadana yang benar bisa menjadi solusi agar mempunyai kebebasan finansial. Saat ini masih banyak orang yang menilai kegiatan perencanaan keuangan hanya perlu dilakukan oleh orang-orang yang sudah berkeluarga. 

Lalu seberapa penting perencanaan keuangan dan gimana cara mewujudkannya? Pertanyaan ini cukup menarik untuk dibahas agar semakin banyak orang yang sadar pentingnya mengelola keuangan dengan benar. Cara investasi di reksadana yang mudah merupakan salah satu alternatif dalam perencanaan keuangan untuk masa mendatang. 

Tips Membuat Tujuan Keuangan di Masa Depan agar Merdeka Finansial

Merdeka secara finansial diartikan sebagai kondisi keuangan yang aman sehingga kesejahteraan tetap bisa terjamin. Cara investasi reksadana sekarang jauh lebih fleksibel. instrumen ini bisa menjadi alternatif dalam pengelolaan keuangan sehingga mencapai kemerdekaan finansial. 

Meski banyak instrument, cara investasi di reksadana yang simpel dan mudah menjadikan siapa saja bisa memilikinya. Namun jika tidak tepat dalam pengelolaan keuangan, sulit untuk mendapatkan kemerdekaan finansial. Agar tujuan keuangan tersebut bisa tercapai, dapat melakukan beberapa poin berikut ini. 

  1. Memilih jenis pekerjaan dengan penghasilan stabil

Pekerjaan dengan penghasilan stabil menjadi pilihan banyak orang karena bisa dipastikan setiap bulan akan mendapatkan uang dalam jumlah sama. Dengan demikian lebih mudah membuat perencanaan penggunaan dan pengelolaannya agar semua kebutuhan terpenuhi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bekerja sebagai karyawan. 

  1. Membuat rencana pendapatan dan pengeluran

Baik pendapatan maupun pengeluaran setiap bulan harus direncanakan. Karena bentuknya berupa rencana, angka yang diterima dan dikeluarkan bisa jadi berubah. Namun rencana tersebut dapat menjadi rambu-rambu sehingga kita bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan uang. 

Masalah beban finansial tidak selalu karena terbatasnya pendapat, tetapi bisa disebabkan karena pengelolaannya yang keliru. Untuk mengatasi hal tersebut, cara investasi reksadana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dapat menjadi alternatif. 

  1. Jangan mudah berutang

Utang bukan solusi terbaik dalam mengatasi kebutuhan hidup, bahkan sering menjadi sumber permasalahan. Langkah tepat ketika semakin banyak kebutuhan adalah lebih bijaksana dalam menggunakan uang yang ada. 

Dengan mudah berutang, justru akan menambah masalah. Pada bulan berikutnya akan semakin merasa kekurangan karena pendapatan yang diperoleh harus berkurang untuk mengembalikan utang tersebut. 

  1. Berhemat

Hemat merupakan salah satu kunci dalam mencapai kemerdekaan finansial. Berhemat bukan berarti pelit terhadap diri sendiri, namun lebih memikirkan kondisi keuangan di masa mendatang. Dengan memanfaatkan cara investasi reksadana yang mudah, semua orang bisa memindahkan sebagian alokasi pengeluaran untuk membeli instrument tersebut. 

  1. Mencari penghasilan tambahan

Jangan puas dengan satu sumber penghasilan, lebih baik menambah pemasukan dengan berbagai cara. Dengan semakin majunya dunia digital, semakin bertambah peluang kerja secara daring yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah pemasukan agar cepat memperoleh kebebasan finansial. 

Apalagi saat ini harga dan biaya hidup terus baik. Dengan menambah penghasilan berarti sudah mengantisipasi naiknya pengeluaran agar semua tetap terpenuhi. Selain bekerja, memiliki produk investasi cuan juga bisa menjadi pilihan. Kamu bisa memilih cara investasi reksadana agar mendapat passive income

  1. Pastikan mempunyai dana darurat

Dana darurat merupakan jenis simpanan yang sangat penting. Tanpa simpanan jenis ini, pada saat harus mengeluarkan banyak uang, kebutuhan lain bisa terganggu. Namun apabila mempunyai dana darurat yang cukup, kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mendadak dan penting tersebut. 

Untuk mengumpulkan dana darurat bisa dengan menyisilnya setiap bulan. Selain itu dapat juga dengan menjual aset yang tidak terpakai atau menyewakan properti dan barang yang selama ini kurang dimanfaatkan. 

  1. Cover proteksi yang memadai

Tidak sedikit yang keuangannya berantakan karena tidak mempunyai proteksi, karena itu siapkan dalam jumlah yang cukup. Cara untuk mendapatkan cover proteksi adalah dengan membeli produk asuransi. Pastikan jenisnya sesuai kebutuhan dan premi yang harus dibayar tidak menjadi beban. 

Dengan mempunyai proteksi, kamu juga akan lebih tenang dalam bekerja. Hal ini bisa mendukung karir sehingga berprestasi dan mendapat gaji yang lebih bagus. Dalam memilih perusahaan yang menyelenggarakan asuransi, kamu harus berhati-hati karena banyak yang merugikan pemegang polis.

  1. Berinvestasi

Investasi merupakan fitur yang tidak boleh dilupakan. Dengan berinvestasi tidak hanya menyimpan uang dalam produk yang aman tanpa takut terpakai, tetapi juga bisa mendapatkan passive income sehingga dana yang dimiliki berkembang. Jika ingin sukses dalam berinvestasi, harus melakukannya secara konsisten.

Salah satu caranya dengan membeli produk secara berkala setiap bulan. Sayangnya tidak sedikit orang yang seringkali lupa, namun saat ini banyak bank yang memberikan fasilitas autodebet. Cara investasi reksadana yang mudah dan simpel ini menjadikan siapa saja bisa melakukannya setiap bulan. 

Manfaatkan Reksadana untuk Mencapai Kebebasan Finansial


Cara investasi reksadana yang bisa membantu dalam mencapai kebebasan finansial. Apalagi saat ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang mudah diakses, salah satunya dari Aplikasi digibank by DBS

Untuk mendapatkan informasi mengenai cara investasi di reksadana juga mudah, bisa melalui Aplikasi digibank by DBS. Sudah banyak yang menikmati keuntungan berinvestasi di digibank karena mempunyai berbagai keunggulan, yaitu: 

  • Ada lebih dari 50 pilihan produk reksadana

  • Terdapat 3 fitur kategori yang memudahkan investor, yaitu: kinerja terbaik, produk paling populer serta scoring terbaik

  • Bisa memulai investasi dengan Rp100.000 

  • Terdapat fitur autodebet sehingga bisa membeli produk secara berkala dan fleksibel 

  • Daftar SID atau Single Investor Identification, jual beli dan switch produk, semua bisa dilakukan hanya dalam satu aplikasi digibank by DBS

Cara investasi reksadana sangat fleksibel sehingga siapa saja bisa memilikinya untuk mencapai kebebasan finansial. Keuntungan signifikan, dan resiko yang minim merupakan 2 hal menarik bagi investor. Tertarik untuk berinvestasi reksadana pada Aplikasi digibank by DBS? Silahkan klik di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana


 

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa