Tips aman perjalanan jarak jauh

5 komentar

 2023 kemarin ada kesukaan baru yang sering aku lakukan, touring sama kebo. Ya kebo itu nama panggilanku untuk kendaraan yang aku miliki. 

Hampir setiap akhir pekan, aku pergi sama kebo keluar kota. Mulai dari yang dekat-dekat saja, seperti Ungaran, Salatiga, Kopeng, Temanggung, Jepara, Batang, bahkan kadang Dieng dan Jogja sekali waktu. 

Sebelum bepergian, sudah pasti aku harus cek kondisi fisik kebo apakah dalam keadaan prima atau enggak. 

Biasanya, aku rajin servis kebo sebulan sekali cek banyak hal untuk keselamatanku juga nantinya. Oh tentu, minta tolong adekku juga untuk apa-apa saja yang harus dicek atau diganti. 

Kira-kira apa saja ya yang harus dicek sebelum memutuskan pergi jauh? 


  1. Cek kondisi Ban Motor 

Penting banget buat cek Ban, ini merupakan hal vital agar perjalanan tetap terasa nyaman dan aman. Kita bisa mengecek tampilan luar dari ban motor, apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban bergelombang. Apabila ban baru diganti, sebelum melakukan perjalanan, kita perlu memastikan tekanan udara dalam kondisi normal pada ban. Jika terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, sebaiknya segera mengganti dengan ban baru. Pergantian ban baru bisa dilakukan di Planet Ban terdekat, karena Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor kita. 

  1. Cek Kondisi Rem 

Selain Ban, Rem juga merupakan hal penting yang harus dicek, jangan sampai remnya tidak pakem atau setelannya kurang pas untuk digunakan. Perjalananku terakhir ke Dieng kemarin, remnya tidak enak setelannya, tapi alhamdulillah kami semua selamat sampai pulang ke rumah. 

  1. Cek Kondisi Oli Mesin

Ganti oli merupakan hal yang rutin aku lakukan sebulan sekali jika aku lumayan sering bepergian, jika jarang, biasanya ganti oli dua bulan sekali. Jadi tergantung dalam bulan itu apakah aku sering pergi atau tidak. Biasanya, rekomendasi oli yang aku gunakan juga dari adekku. Jadi aku suka nurut dia aja. biasanya yang ada kandungan esternya, agar mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil, oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

  1. Cek kondisi Aki Motor

Aki motor merupakan komponen penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Saat akan melakukan perjalanan jauh, sangat perlu dilakukan pengecekan aki motor terlebih dulu agar aki motor selalu terjaga terutama jika motor menggunakan teknologi injeksi. 

  1. Cek Sistem Pendingin

Biasanya ini sering terlewat untuk dilakukan pemeriksaan karena letak komponen yang tidak terlihat mata secara langsung, membuat komponen sistem pendingin jarang terpantau. Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat panas tidak mampu diredam dengan baik, yang bisa menyebabkan terjadinya overheat pada mesin. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kita telah memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

  1. Cek Busi

Apabila busi motor terlihat kotor, kita perlu membersihkannya. Namun jika busi sudah terlihat haus, kita perlu mengganti busi dengan yang baru. Busi merupakan pematik api yang sangat diperlukan dalam proses pembakaran pada mesin. Kondisi busi yang tidak optimal akan membuat sistem perapian tidak bekerja secara sempurna, sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.

  1. Cek CVT dan Rantai

Adekku suka sekali mengingatkan untuk hal ini. Sistem penggerak ini memiliki fungsi dalam melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda. Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya kita melakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor, untuk menjaga performa optimal selama perjalanan. 

Tips merawat motor dari Planet Ban, menjadi pengingat untuk kita yang akan melakukan perjalanan. Agar kondisi sepeda motor menjadi performa optimal yang membuat perjalanan kita bebas tanpa hambatan.

Asiknya, jika kita melakukan cek kondisi kendaraan di Planet Ban, maka kita juga bisa sekalian konsultasi dengan mekanik Planet Ban. 

Bahkan kita juga bisa melakukan konsultasi online di Planet Ban, lho. Asik kan? 











5 komentar

  1. Semoga jadi pencerahan buat perempuan² yang masih lalai untuk minimal ganti oli yaaa. Ingat harga turun mesin lebih mahal dari harga Seblak. 🗿

    BalasHapus
  2. Emang kalau rajin jalan-jalan kendaraan harus runtin dicek ya. Enak banget bisa konsultasi online gini. Jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  3. Ini mantul siihh tips nya apalagi buat ciwik2 yg kadang suka gak cek kondisi kendaraannyaaa

    BalasHapus
  4. Emang harus banyak cek kendaraan apalagi jalan jauh dan cewe sendiri tips yang bagus

    BalasHapus
  5. Wah seru ya touring sm kendaraan kesayangan, setuju rutinin service biar gak cepet rusak dan tetap nyaman dipakainya

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa