Artikel

Minggu, 10 September 2017

my dream business

Demen nih arisan dengan tema yang satu ini, Mbak Wahyu dan Bunsal minta kita nulis dengan tema bisnis rumahan. 
aku merasa belum puas dengan segala yang aku miliki, web katalog untuk jualan online di www.rjshopindo.com , jualan di beberapa marketplace yang aku jajali (BL, Toped, Shopee, Lazada), akun instagram rjshopindo dan azaleastorehijab yang aku kelola, serta line shopping yang sedang aku pelajari. banyak ya? PRnya cuma 1, aku kadang kewalahan mengatur mereka semua, pasti kalian pada nanya "kok nggak pake team Na?" tarlah, belum perlu, tapi kayaknya karena belum nemu partner yang pas aja, hehehe, ga semua orang bisa dijadikan partner, karena aku ngga bisa seterbuka itu sama orang. 

Selain online yang aku rintis ini, aku juga merintis usaha aksesoris kecil-kecilan yang harganya sangat terjangkau, di kisaran seribu sampai tujuh ribu rupiah aja. Dengan pangsa pasar anak sekolah. Aksesoris macem-macem seperti : kaos kaki, jepet, bando, ikat rambut, karet jepang, masker, bahkan henna. Untuk aksesoris ini, aku titip di toko-toko kelontong yang sudah modern sistemnya (menggunakan komputer dan scanner untuk belanja, ala-ala minimarket gitulah) dan juliaccesories ini baru ada di dua toko, doakan saja tambah terus ya :) 

dari tadi yang aku ceritakan itu apa? hihihi ya bisnis rumahan kan ya, aku memang bercita-cita untuk menciptakan lapangan pekerjaan untukku sendiri dan orang lain, sudah sejak SMA aku punya impian itu, dan sekarang sedang aku rintis pelan-pelan. Doakan semua sesuai rencana ya, hihihi


selain bisnis online dan offline yang recehan itu, goals yang sebenarnya aku adalah mempunyai offline store sendiri, menaruh semua barang-barang yang aku punya di sana, tapi semuanya nggak bisa instan, harus ada yang mulai disurvey, mulai dipersiapkan, dan belum nemu yang sesuai selera aja, jadi aku masih menjadikan itu sebagai impian, doain aja ya soon segera terwujud, aamiin, tapi bukan tahun ini, tahun ini harus puas dengan mempersiapkan ini itunya aja dulu, hehehe. 

melangkah instan nggak baik, melangkah terlalu pelan juga ngga baik, melangkah spontan tanpa perhitungan juga gegabah, maka yang aku persiapkan ialah mental dan hati sekuat baja, melihat dan memperhitungkan semua peluang yang ada, dan mengerjakan semampu aku. 
(makanya aku kadang butuh kamu untuk segala bahan diskusiku. maaf ya selalu ganggu di sela-sela aktifitas kerjamu dan aku juga mau cari buku yang kamu rekomendasikan, biar makin bermental kuat dan berani mengambil resiko lebih dari yang aku bayangkan).

impianku mungkin memang tidak sebesar yang orang-orang impikan, tapi aku, aku merasa bahagia dengan apa yang aku miliki saat ini, teman baik, keluarga, saudara, yang selalu ada untukku di saat aku merasa kehilangan arah, support kalian sudah lebih dari cukup untukku, serta teman-teman yang terkadang mendukung proyek isengku seperti celana sarung, jadi kepikiran buat bikin celana sarung lagi, hihihi soon!!! 

aku bersyukur, kalian masih mau berteman denganku yang apalah-apalah ini, yang bukan pns seperti kalian, aku yang kadang punya mimpi yang nggak masuk akal, yang mungkin mustahil untuk dilakukan, tapi kalian selalu ada dan mendorongku, tak pernah malu dengan apa yang sedang aku jalani, walaupun ini, meniti dari bawah dan mungkin butuh waktu yang nggak sebentar untuk melewati jalan yang seperti ini. 

ah, banyak curhatan sudah kalo bahas masalah ini, ide-ide di kepala terlalu banyak dan semua minta direalisasikan, hehehe 
terlalu banyak atau terlalu grambyang? hahaha enggak kok, semua punya caranya sendiri mengisi waktu luang, karena bisnis online hanya membutuhkan waktu minimal 3 jam per hari untuk mengurus orderan, selebihnya aku gunakan untuk mengurusi aksesoris dan maintenance semua hal. 

semoga, semua segera terlaksana seperti yang aku impikan!! 




18 komentar :

  1. Aamiin, mbak Erina. Semoga semua impian bisnisnya terwujud. Jiwa pengusaha banget nih. Totalitas. Ga seperti aku yang kadang semangat, lalu hilang tak berbekas.

    BalasHapus
  2. keren, saya juga pengen punya bisnis sendiri. Mungkin bisa diajarin? hehe..

    dan kedepannya bisa aja nih ya nerima produk orang lain ditempatnya?! semoga, :)

    BalasHapus
  3. aamiin, semoga segera terwujud ya mbak. Semoga jalannya dimudahkan, smangat. BTW, aku juga kepengen buka offline store sendiri juga lho

    BalasHapus
  4. Memimpikannya sedari SMA, lalu merintisnya hingga sekarang. Duh, sudah pro banget di bidangnya nih pasti. Lanjutkan! Punya toko fisik sendiri pasti bisa. Lha apa mau sewa kios di Solo? Ada nih yang 750ribu/tahun. Mantap mania, kan. Lah.. Aku kok malah promo dewe iki piye..

    BalasHapus
  5. aamiin...
    Impian aku dari dulu bisa menulis sekaligus punya usaha craft. Aku suka kain-kain nusantara, bahkan awal traveling aku karena ingin berburu kain nusantra. Cita-cita aku menyulap mereka menjadi benda-benda cantik seperti sarung bantal, tas, alas piring, aksesoris dan lainnya dengan nama Tjampernik. Sayangnya 2 tahun terakhir ini aku enggak sempat menjahit lagi.
    Semoga aku bakal bisa mengatur waktu lebih baik untuk tetap bisa menulis blog sekaligus menjalankan Tjampernik.

    BalasHapus
  6. Aamiin moga keinginan punya offline store-nya tercapai mbak.
    Paling seneng deh sama org yg optimis berwirausaha/ berdagang.
    Dulu saya jg sempat nge-OS cuma krn sibuk ngurusin keluarga, akhirny aoff sampai skrng :( #curcol

    BalasHapus
  7. Kereeeeen, Kak Er. Aku baru tau kalo itu bagian dari mimpi kakak sejak dulu kala dan alhamdulillah ya pelan-pelan, tapi pasti hingga sekarang sudah berjalan dengan baik. Semoga segera memiliki offline storenya ya😊


    Aku juga kadang ya punya banyak sekali keinginan ini itu, ide ini itu buat bisnis online, tapi lagi-lagi cuman jadi "bayangan" aja. Kayaknya aku mesti banyak belajar dari Kak Erina nih😜

    BalasHapus
  8. Mbak Erina mah jiwanya emang jiwa pengusaha yaaaa. Kalau saya jiwa pemikir. Cocoknya bikin ide hahahahaha. Ide banyak, modal sempit.

    BalasHapus
  9. Huaaaaaaaau aamiiiiin
    Pokoknya semuanya diaminin deh
    Rasanya tuuuh hampir tiap paragraf diaminin. Hahahhaa

    Aku belum seberani itu untuk berbisnis. Hmmm kenapa ya. Mungkin karena belum memulai yaaaa

    Btw, mbak erina kenapa suka berbisnis? dan kenapa berani berbisnis?

    BalasHapus
  10. Kereen bangeett... Ide-idenya seakan meledak di kepala yaa, Rin..

    Aku bantu doa, Rin.
    Semoga lancar, dan mendatangkan berkah untuk banyak orang.
    Aamiin.

    BalasHapus
  11. Semoga mimpi2mu segera tercapai ya er..
    Saya pun terkadang punya keinginan untuk memiliki usaha jual beli suatu barang secara online, namun hingga saat ini entah kenapa segalanya hanya berakhir pada wacana saja..

    BalasHapus
  12. Keren, Mbak. Bisnisnya banyak, ya, offline dan online pula. Semoga semua cita-citanya terwujud, ya. Bisnisnya makin berkembang dan berkah buat Mbak Na sendiri juga buat orang lain. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Wah. aku suka nih dengan goals2mu. Kita memang perlu nih namanya berbisnis mandiri seperti ini dan menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Semoga kelak aku bisa melakukan ini yah, mungkin ya dengan cara yang berbeda lah. Yang penting selama halal, semuanya pasti dimudahkan kok. Hehehe

    BalasHapus
  14. Celana sarung, ya? temanku bikin ini, mulai dari mesin jahit satu sampai belasan dalam waktu 2 tahun. cepet banget krn disukai banyak orang

    BalasHapus
  15. Kerennnn mbak. Aku baru ngerasain bisnis sama temen dan masih awal aja, udah pusing banget kayaknya. Karena ditambah sama pekerjaan utama. *maaf curhat*
    Semoga lancar dan sukses usahanya ya mbak. Semoga bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. Amin...

    BalasHapus
  16. Jiwa pengusaha nih penting banget untuk membangun peradaban ekonomi Indonesia yang lebih kuat. Pengusaha Indonesia belum banyak jadi kesempatan maju masih banyak dan kalau tekun pasti bisa berkembang. tugasnya membuka pasar dan membuka lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  17. terlalu banyak bisnis usaha memang sangatlah melelahkan. Akan tetapi, kalo udah sukses insyallah pasti bisa nih. tetapi, alangkah baiknya fokus ke satu tempat usaha dulu kak biar semakin maju bisnisnya.

    BalasHapus
  18. Amin, moga segara tercapai semua ya Mbak. Sukses buatmu ya :)

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa