Langsung ke konten utama

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Inseminasi Buatan

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1950. Inseminasi buatan atau dalam istilah ilmiahnya disebut Artificial Insemination (AI). Merupakan sistem perkawinan pada ternak sapi secara buatan. Yaitu dengan cara memasukkan sperma atau semen ke dalam kelamin sapi betina. Program Inseminasi buatan merupakan salah satu strategi pada tahun 2010 untuk mencapai program swasembada daging di Indonesia.



Adapun tujuan sebenarnya dari inseminasi buatan adalah.
1. Meningkatkan mutu ternak lokal.
2. Mempercepat peningkatan populasi ternak.
3. Menghemat penggunaan jantan.
4. Mencegah penularan penyakit akibat perkawinan alam.
5. Untuk perkawinan silang antar bangsa atau ras.
Seperti lainnya, inseminasi buatan juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
Adapun kelebihannya adalah. 
1. Menghemat biaya pemeliharaan.
2. Bisa mengatur jarak kelahiran ternak dengan baik. 
3. Mencegah terjadinya perkawinan sedarah (Inbreeding) yang bisa menurunkan kualitas sapi
4. Sperma sapi unggulan bisa disimpan oleh peternak dengan menggunakan teknologi yang baik.
5. Meskipun sperma sudah beku, peternak bisa menggunakan kembali untuk beberapa tahun ke depan.
6. Bisa menghindari kecelakaan perkawinan pada sapi betina yang sering terjadi karena fisik pejantan lebih besar.
7. Bisa menghindari ternak dari penularan penyakit yang ditularkan melalui hubungan kelamin.

Itulah beberapa kelebihan dari inseminasi buatan. Kemudian inilah kekurangan dari inseminasi buatan.
1. Tidak akan terjadi kehamilan jika identifikasi masa birahi betina salah atau waktu inseminasi tidak tepat.
2. Akan terjadi distokia atau kesulitan kelahiran jika sperma beku berasal dari pejantan besar yang disuntikkan ke betina kecil.
3. Akan menurunkan kualitas sperma jika menggunakan semen beku dalam jangka waktu yang lama. 
4. Bisa menurunkan sifat-sifat genetik yang jelek jika pejantan donor tidak diamati sifat gennya dengan baik. 

Itulah kelebihan dan kelemahan dari inseminasi buatan. Sebagai bocah Indonesia, tentunya berusaha lebih baik demi kemajuan ternak di Indonesia. Peran serta masyarakat, peternak, dan penyuluh juga diperlukan demi keberhasilan dari program ini. Selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Fakta Menarik Soal Lalisa Manoban!

5 Fakta Menarik Soal Lalisa Manoban!
Buat para pencinta girl band Korea, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan nama BLACKPINK. Grup band BLACKPINK rasanya makin terkenal saja ya, dari waktu ke waktu. Popularitasnya yang melejit ini membuat banyak orang jadi ingin tahu lebih dalam mengenai kehidupan para member-nya yaitu Jennie, Rose, Jisoo, dan Lisa. Nah, dari keempat member tersebut, Lalisa Manobanatau lebih akrab dipanggil Lisa BLACKPINK berhasil menarik perhatian banyak penggemar K-Pop.

Berhasilkah Kamu Melewati Ujian Pra-Nikah?

:')

Banyak orang bilang menikah itu nikmat, menikah itu asyik, menikah itu blablabla (yang indah-indah), tapi hal itu tidak terjadi pada diriku, Ajeng. Coba deh, sebelum nikah apa ga ribet ngurusin tetek bengeknya  yang disebut sebagai persiapan nikah? aku cerita awalnya ya...
Rencana pernikahan yang sudah kususun selama setahun terakhir kurang lebih, tidak semuanya sesuai mauku. Bagaimana tidak, aku sudah mempersiapkan ini itu, tetapi karena kondisi yang ada aku tidak bisa dengan seenaknya memaksakan kehendakku, ada hal-hal yang sedang kupertaruhkan di sini. Setaun yang lalu ketika "calon imamku" datang melamarku dan membicarakan pembicaraan antar orang tua, aku senang, bahagia. di sepakati setahun kemudian pernikahan ini dilangsungkan, calon imamku tak sabar menunggu rupanya. karena yang dijadwalkan setahun atau dua tahun lagi. Setelah pembicaraan itu, aku mulai menyusun konsepnya bersama dia, cuma karena pekerjaannya yang mengharuskan kita tak bisa bertemu atau berkomu…

AC LG Dualcool With Watt Control, Hemat dan Irit.

Halo semuanyaaaa....
Udah di penghujung tahun 2018 nih, gimana? Resolusi tahun ini apa aja yang tercapai? Alhamdulillah ya teman-teman, apakah sudah punya target tahun depan? nggak papa, punya banyak target itu baik kok, tapi jangan lupa untuk mewujudkannya ya. Aku tahun depan pengen banget deh masang AC di kamar, tau kan? Semarang itu kadar panasnya Hot Potato Potato? Ampun nyerah deh.