Sukses Bisnis Catering Ramadhan bersama Digital Banking

1 komentar


Ramadhan merupakan momen tepat untuk menambah penghasilan dengan berbagai usaha sampingan, salah satunya bisnis catering. Selama menjalankan ibadah puasa banyak yang tidak sempat menyiapkan menu berbuka maupun santap sahur. Ini adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Untuk mengelola keuangannya bisa dengan menggunakan digital banking.

Apa itu digital banking? Istilah ini sangat dekat dengan dunia perbankan online karena memberikan pelayanan transaksi yang mudah dan cepat dengan menggunakan internet. Untuk mengelola usaha selama Ramadhan bisa dengan memanfaatkan digitalisasi perbankan tersebut sehingga semua transaksi dapat berlangsung lebih cepat. 

Cara Kelola Keuangan Bisnis Catering Ramadhan dengan Digital Banking 

Peran digital banking seperti Aplikasi digibank by DBS dalam membantu pebisnis musiman seperti usaha catering Ramadhan sangatlah besar. 

Dengan berbagai fitur yang tersedia menjadikan pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. Jika memiliki rekening digital, pembeli lebih mudah melakukan pembayaran sehingga meningkatkan penjualan. 

Meskipun waktu usaha hanya terbatas, yaitu selama satu bulan Ramadhan namun mempunyai potensi untuk mendapatkan banyak keuntungan selama bisa mengelolanya dengan baik. 

Catering merupakan jenis usaha dengan repeat order tinggi sehingga mudah untuk mendapatkan pembeli yang loyal. 

Nah, seperti apa sih cara mengelola keuangan bisnis catering Ramadhan? Simak ulasan berikut! 

  1. Pisahkan dana pribadi dan bisnis

Langkah pertama, pebisnis harus memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Untuk melakukan hal ini cukup mudah jika menggunakan digitalisasi perbankan. 

Namun, tidak sedikit juga yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan apa itu digital banking. Istilah ini berkaitan dengan transaksi keuangan secara cashless. 

Untuk membeli dagangan yang Anda siapkan, konsumen tidak perlu menggunakan uang cash karena bisa membayar dari aplikasi.

Dengan memisahkan dana pribadi dan bisnis, akan lebih mudah untuk memantau cashflow dan mengetahui seberapa besar volume usaha. 

Akan sangat berisiko jika mencampur dana pribadi dan bisnis. Apalagi jika uang usaha terpakai untuk keperluan pribadi tanpa sengaja sehingga berpengaruh pada bisnis yang dijalankan. 

  1. Buat target penjualan

Menentukan target penjualan sangat penting agar pebisnis bisa menghitung besarnya modal yang harus disiapkan, serta strategi penjualan yang perlu dilakukan. Pebisnis perlu merencanakan berapa transaksi yang ingin dicapai sehingga bisa menyiapkan dagangan untuk mendapatkan omset yang diinginkan. 

Saat ini dengan bertransaksi digital, bisa meningkatkan penjualan karena konsumen tidak perlu datang untuk membayar makanan yang dibelinya. Pembayaran bisa dengan transfer dan makanan yang dibeli dikirim lewat kurir. Hampir semua orang tahu apa itu digital banking, yaitu Istilah ini berkaitan dengan proses pembayaran dari konsumen melalui transfer 

  1. Siapkan modal yang cukup

Modal merupakan kebutuhan penting untuk memulai usaha karena digunakan untuk belanja bahan dan menyiapkan perlengkapan. 

Untuk memulai usaha catering Ramadhan tidak harus dengan modal besar, karena bahan yang dibeli setelah menjadi barang dagangan dan terjual bisa diputar kembali sebagai modal. Sedangkan peralatan untuk masak bisa menggunakan yang sudah ada. 

  1. Buat laporan keuangan

Laporan keuangan bagi sebuah usaha merupakan data yang menggambarkan arus kas dan menyajikan informasi untung rugi serta ketersediaan dana cash. Dengan menggunakan aplikasi keuangan digital dari bank, laporan bisa langsung tersaji sehingga tidak perlu membuat secara manual. 

Merujuk pada istilah yang berhubungan dengan digitalisasi dalam dunia perbankan, apa itu digital banking sangat penting untuk diketahui. Pebisnis catering Ramadhan perlu menggunakan aplikasi digital sehingga bisa memantau perkembangan keuangan usaha kapan saja dan dimana saja. 

  1. Menyiapkan menu yang banyak dicari

Setelah seharian menahan lapar dan haus, konsumen pasti ingin menikmati makanan kesukaannya. Sebelum memulai usaha catering Ramadhan, pebisnis bisa melakukan survei terlebih dulu untuk mengetahui jenis makanan yang paling banyak peminatnya. Dengan demikian dari awal usaha sudah bisa mendapatkan keuntungan. 

  1. Promosi secara online dan offline

Seorang pebisnis harus mampu melihat momen dan tidak menyia-nyiakan dengan melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan secara offline seperti membagi brosur dan tester. Sedangkan secara online bisa dengan menggunakan media sosial untuk mengenalkan makanan yang dijual. Tanpa promosi calon konsumen tidak akan tahu usaha catering Ramadhan yang dijalankan.

  1. Cek setiap hari perkembangan bisnis

Mengecek perkembangan bisnis sangat penting untuk mengetahui apakah usaha tersebut untung atau tidak. Pebisnis tidak perlu datang ke bank setiap hari, cukup dengan memanfaatkan digital banking, yaitu aplikasi perbankan yang bisa diakses dari smartphone sehingga lebih fleksibel. 

Kelola Bisnis Catering Ramadhan dengan Digital Banking dari digibank 


Menangkap peluang selama Ramadhan dengan berbisnis catering untuk berbuka puasa bisa menghasilkan banyak keuntungan. Untuk mengelola keuangannya bisa dengan menggunakan digital banking dari Aplikasi digibank by DBS sehingga pebisnis lebih mudah untuk memantau usahanya. 

Sebagaimana  merujuk pada pengertian apa itu digital banking, pastinya ini adalah jenis aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone. Dan digibank by DBS sangat mengerti kebutuhan nasabah dalam urusan bertransaksi yang bisa dilakukan dari mana saja. 

Adapun beberapa keunggulan digibank by DBS yang perlu Anda ketahui, adalah; 

  • Transaksi lebih mudah, aman, dan lengkap 

  • Terdapat lebih dari 150 produk investasi dan produk asuransi yang bisa dipilih 

  • Tersedia penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan approval 60 detik

Selama bulan Ramadhan pebisnis bisa memaksimalkan bisnis catering hingga cuan. Meski waktunya singkat, namun bisnis catering termasuk usaha musiman yang keuntungannya menjanjikan. 

Dan agar bisnis makin berkembang, Anda bisa menggunakan sistem pembayaran secara online melalui digital banking agar konsumen lebih mudah melakukan transaksi pembayaran. Tertarik menggunakan Aplikasi digibank by DBS? cek informasinya selengkapnya pada link berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page 


1 komentar

  1. wah tipsnya inside full banget nih kak..aku juga pakai loh digibank ..praktis banget dan mudah..tanpa biaya admin pun , jadi nyimpen uang gk bocor plus bisa beli beberapa reksadana dan nyimpen dollar juga..
    canggih banget

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa