Artikel

Rabu, 06 September 2017

Temu Bloger Kesehatan dengan Germas

Minggu lalu, tepatnya sekitar tanggal 28 Agustus 2017, aku bersama 19 bloger Semarang lainnya mendapat undangan dari Kemenkes. Bertempat di hotel Santika acara “Temu Bloger Kesehatan” dengan tema “Mari Hidup Sehat dengan GERMAS”.  Acara ini tidak hanya dihadiri oleh bloger semarang saja, tetapi juga 30 bloger Jakarta, yeay! Ketemu teman bloger yang selama ini hanya kenalan di whatsapp! . Acara temu bloger kesehatan ini berlangsung dua hari, dengan hari kedua yaitu kunjungan ke puskesmas Sidorejo Kidul dan Duver di Salatiga.

 Kami, para bloger yang menghadiri acara temu bloger kesehatan didaulat untuk menyebarkan informasi yang benar tentang Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) dari narasumber yang tepat dan membuat viral agar masyarakat makin banyak yang tahu tentang hidup sehat dan mempraktekannya.
Pemanasan sebelum acara dimulai, kita main game yang menguji pengetahuan kita seputar dunia kesehatan, gamenya seru, karena langsung online dan keluar siapa yang menang langsung saat itu juga, sungguh pemanasan yang seru! Hihihi. Setelah asik bermain game yang menguji kemampuan kita, kita senam Germas dulu. Dan biasanya ya, Senam ini dipraktekkan di Kemenkes setiap 2x sehari di pagi hari jam 09.00/10.00 dan siang hari pukul 14.00
Apa sih GERMAS itu?
GERMAS adalah kependekan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. GERMAS merupakan tindakan sistematis dan terencana, yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa. Dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup.
Dan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) cukup melakukan tujuh hal berikut :
1. Rutin melakukan aktifitas fisik
2. Mengonsumi sayur dan buah
3. Memeriksa kesehatan secara rutin
4. Tidak Merokok
5. Tidak mengonsumsi alkohol
6. Membersihkan lingkungan
7. Menggunakan jamban
Pelaksanaan Germas harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian kita.
Pepatah bijak mengatakan, “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Adalah benar adanya. Agar  kesehatan dan kebugaran tubuh hari ini sampai hari tua nanti tetap terjaga, maka terapkahlah program CERDIK dan PATUH berikut ini:
Program CERDIK adalah langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM). Program  ini terdiri atas:
Cek kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin Olahraga
Diet sehat dengan kalori seimbang
Istirahat yang cukup
Kelola stress
Sedangkan program PATUH dibuat untuk pasien penyandang penyakit tidak menular (PTM) agar penyakit tidak semakin parah dan tetap terkontrol kesehatannya. Program ini meliputi:
Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
Tetap diet sehat dengan gizi seimbang
Upayakan beraktivitas fisik yang aman, serta
Hindari rokok, alkohol dan zat karisogenik lainnya
Penyakit Tidak Menular dan CheckUp
Sesi berikutnya adalah sharing bersama DR. dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB. Seorang dokter yang juga seorang blogger kesehatan. Beliau memaparkan betapa pentingnya checkup sedini mungkin, karena banyak penyakit yang pada awalnya timbul tidak bergejala. Dan checkup merupakan sarana untuk mengevaluasi  terutama adanya gangguan kesehatan kronis pada diri seseorang. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan penyakit yang baru teridentifikasi sebagai gejala, itu sebenarnya sudah terlambat.
Banyak penyakit tak bergejala, tau-tau sudah merasakan nyeri. Bila nyeri itu sudah timbul, maka penyakit itu sudah bersarang. Bahkan ketika ada yang meninggal mendadak tidak sakit itu juga tidak benar, bisa jadi sakit itu sudah mengakar namun tidak ketahuan.
Nah berikut ini adalah contoh penyakit kronis yang tidak bergejala pada awalnya :
- Peningkatan kadar lemak darah : kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kadar kolesterol baik  (HDL) yang rendah.
Jika kadar kolesterol dalam darah tinggi maka kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah baik pembuluh darah jantung, otak dan juga ditimbun di hati, ditimbun di kandung empedu menjadi batu kandung empedu. Kolestrol tinggi dapat terkena serangan jantung dan stroke.

- Peningkatan kadar asam urat.
Menumpuk di sendi kecil terutama di kaki : nyeri pertama biasanya dijempol kaki, lalu jika tidak diatasi akan terjadi pembengkakan.
Bisa menumpuk di ginjal menyebabkan terbentuknya pasir dan batu ginjal.

- Peningkatan kadar gula darah atau Diabetes
Kadar gula darah yang tidak terkendali akan mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti :jantung koroner, stroke ,kebocoran ginjal → gagal ginjal, sakit maag, impoten, perlemakan hati.

- Perlemakan hati dan hepatitis kronis
Hepatitis tidak bergejala,gejalanya seperti magh biasa, hingga banyak orang yang mengabaikannya. Biasanya pasien datang dengan muntah darah atau kaki dan perut bengkak.

- Anemia
Terjadi karena kekurangan zat besi, perdarahan yang jelas atau tersembunyi, produksi yang kurang atau penghancuran yang berlebih. Anemia biasanya ditandai dengan lemas, pusing dan vertigo.

- Hipertensi

Ini semua dapat terjadi karena konsumsi serat yang rendah, pola hidup yang tidak sehat seperti makan-makanan junkfood, gorengan , rokok dan kurangnya aktivitas fisik. segala macam penyakit bisa dihindari namun jika sudah terjadi konsultasilah ke dokter , minum obat sesuai dengan instruksi dokter, kontrol teratur sampai keadaan kembali normal, hindari makanan dan minuman yang memperburuk keadaan.

Sebelum makan siang, kami memeriksa kesehatan dulu seperti tekanan darah, tinggi badan dan berat badan. Jika tensi yang biasanya normal tiba-tiba tinggi bisa dikarenakan berbagai sebab antara lain kecapekan, stress dan kurang tidur.
Dalam acara ini aku beberapa kali beberapa kali berfikir dan sempat menyesal, andai aku sadar kesehatan sejak dulu, mungkin aku bisa menjaga kesehatan keluarga terdekatku, memberi contoh makanan sehat, dan bagaimana yang seharusnya boleh dikonsumsi, dan bagaimana cara hidup sehat.


Yuk, mari hidup sehat sebelum terlambat! 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa