Artikel

Jumat, 09 November 2018

Flash blogging 4 Tahun Indonesia Kreatif "Yang Muda Yang Berkarya"




Hai, balik lagi nih, pagi-pagi aku udah rungsing banget buat siap-siap dan pake acara dompet lenyap entah di mana. Untung ketemu sih, tapi kan tetep aja moodswingnya pagi hari kan, dasar cancer.


Buat ngebalikin mood aku ikut acara FlashBlogging yang diadakan kominfo dengan tema 4 Tahun Indonesia Kreatif.
Acara flashblogging diadakan di Hotel PO Semarang dan dimulai sekitar pukul 09.30 pagi. 

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Dirjen Kominfo, Bu Niken. Bu Niken menjelaskan bahwa di era sosial media seperti sekarang ini, kita sebagai netizen harus bijak bersosial media. 

Menurut kalian bagaimana sih bermain sosial media yang baik dan bijak? Tetep ya, yang harus dilakukan adalah memfilter berita yang masuk ke dalam diri kita. Berita-berita banyak masuk lewat mana saja, bahkan kita sendiri tidak tahu apakah berita tersebut benar atau hanyalah hoax yang dishare oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab?

Untuk menyebarkan sebuah berita kita harus mencari sumber berita tersebut, memastikan kebenarannya, dan jika berita tersebut terbukti benar, baru kita sebar. Jadi menyaring berita yang diterima sebelum menyebarkannya itu fardhu ain' hukumnya. 

Salah satu cara bermain sosial media yang baik dan bijak adalah dengan menyebarkan konten konten positif, bukan ujaran kebencian. Kalo benci mantan juga nggak boleh :p

Setelah Bu Niken, dilanjut dengan Bapak Andoko sebagai Staff Komunikasi Kepresidenan dengan tema "Anak Muda" kamu ingin jadi apa?
tema ini juga membuatku berpikir, iya ya, aku mau jadi apa sih sebenernya? terlalu banyak mau, terlalu banyak ingin, jadi bingung sendiri.

Menurut penjelasan Pak Andoko, Anak muda memiliki banyak sub tema, ada peduli, kreator, explorer, orang biasa, pahlawan, cendekiawan.

Peduli
Zaman sekarang ini, sedikit orang peduli, jadi kita sebagai generasi muda harus peka terhadap lingkungan sekitar, terutama sekitar kita teman, keluarga, saudara, dan orang yang sering kita jumpai sehari-hari.selain peduli dengan diri sendiri dan sesama, peduli juga terhadap bangsa dan negara, apa yang kita bagi ke Indonesia ini? yang sekarang tanahnya sedang kita pijak ini? sudahkah kita berkontribusi untuk Indonesia

Kreator
Anak muda sekarang banyak yang kreatif dengan menghasilkan karya. ada yang membuat video, ataupun menulis dan fotografi, jadi bisa diartikan seorang bloger juga sebagai kreator. karena tulisannya sebagai karya.
karyamu apa?
*dikeplak tumpukan deadline*

Eksplore
4 tahun kepemimpinan presiden Jokowi sudah terlihat dengan tumbuhnya infrastruktur di daerah-daerah. Pembangunan Infrastruktur di Daerah-daerah yang ada di Indonesia berjalan maju dan pesat.
sudah 70 tahun Indonesia merdeka, tapi ternyata selama ini pembangunan tidak merata, dan ini menjadi pemasalahan ekonomi dari dulu. Pak Jokowi membangun infrastruktur dari pelosok-pelosok Indonesia sehingga pembangunan di Indonesia ini merata. jadi tidak hanya Jawa saja yang dibangun terus :)
yuk, mari kita eksplore Indonesia lagi! #KodeNgajakPiknik

Pahlawan
Menjadi Pahlawan di Era sekarang ini bermaksud mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi yang ada. berprestasi dengan cara mengikuti olimpiade, menjadi atlit, atau membawa nama Indonesia ke nasional, selain berprestasi, dengan menjadi relawan yang juga membantu di saat ada daerah yang terkena bencana dan sejenisnya.


Cendekiawan
Zaman sekarang ini banyak anak muda yang sukanya bersekolah. setelah S1 semua orang berlomba-lomba untuk melanjutkan sekolahnya lagi ke S2 bahkan S3. kamu juga bisa menjadi cendekiawan jika mau, karena ada banyak beasiswa yang diberikan di tahun ini.
*tuh, yang mau lanjutin kuliahnya, segera berburu beasiswa ya*
*lihat berkas lpdp*


Orang Biasa
yang terakhir dijelaskan Pak Andoko adalah anak muda yang menjadi orang biasa. jika kita tidak mempunyai karya atau kelima hal di atas, maka kita akan menjadi orang biasa. kamu bisa jadi apa yang kamu mau atau tidak menjadi apa-apa sama sekali, mau?

Setelah penjelasan tentang Anak Muda, kamu mau jadi apa?
penebar hoax?
berkarya yang positif?
relawan pemberani?

silakan memilih apa yang menjadi minatmu.


cheers.






























Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa