Tubuh Lebih Sehat dengan Sistem Pencernaan yang Terjaga

Tidak ada komentar
Tubuh Lebih Sehat dengan Sistem Pencernaan yang Terjaga


Untuk memiliki tubuh yang sehat, kita perlu senantiasa menjaga asupan nutrisi sehari-hari. Termasuk menjaga sistem pencernaan agar nutrisi bisa terserap secara optimal. Tapi, menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Dua hal berikut bisa Anda lakukan untuk memastikan sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Menjaga bakteri baik dalam tubuh
Selama ini mayoritas diantara kita tentu merasa bahwa bakteri punya dampak yang buruk bagi tubuh manusia. Tapi, tahukah Anda kalau tidak semua bakteri berbahaya dan mendatangkan penyakit bagi tubuh? Ya, ada beberapa bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yakni probiotik yang sangat berguna untuk sistem pencernaan kita.
Bakteri baik bisa berguna untuk sistem pencernaan tubuh karena serupa dengan bakteri yang ada di usus manusia. Adanya bakteri baik berguna untuk melawan bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh melalui sistem pencernaan kita. Dengan mengonsumsi probiotik, kita bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik terutama dalam sistem pencernaan. Anda bisa mendapatkan bakteri baik tersebut melalui konsumsi makanan yang mengandung fermentasi, tempe, yoghurt, dan lain-lain. Konsumsilah probiotik setiap hari secukupnya agar sistem pencernaan tetap sehat dan tubuh lebih tahan terhadap penyakit.
Hindari tidur setelah makan
Setelah makan, beberapa diantara Anda mungkin akan mengantuk atau ingin beristirahat. Tapi, jangan turuti perasaan tersebut karena bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Ya, tubuh manusia tidak dapat mencerna makanan secara normal saat tubuh berada dalam posisi tidur. Sebab, dibutuhkan posisi tubuh yang tegak agar sistem pencernaan dalam tubuh bisa tetap terjaga. Ketika Anda tidur setelah makan, maka hal tersebut bisa mengganggu sistem kerja pencernaan dan mengganggu kesehatan organ didalamnya. Tunggulah sekitar 2-3 jam setelah makan apabila Anda mengantuk dan ingin tidur setelah makan. Sehingga, sistem pencernaan dalam tubuh tetap terjaga dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap secara maksimal.
Selain melakukan hal-hal diatas, pastikan juga Anda selalu menyiapkan obat mengatasi perut kembung di rumah Anda. Selain itu, sediakan juga obat pilek untuk anak agar mereka bisa tetap nyaman dengan tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa