Langsung ke konten utama

Bebas Flu Saat Travelling, Jangan Lupa Vaksin itu Penting


Siapa sih yang nggak hobi piknik? Ada? Wah kamu ke mana aja. Yang jelas piknik atau jalan-jalan itu mengasyikkan loh, bisa refresh otak setelah lelah bekerja atau saat butuh healing dari apapun. Kamu bisa saja travelling mengunjungi tempat baru atau yang belum pernah kamu datangi dan kamu eksplore. Nggak usah jauh-jauh, di kota-kota sekitar kamu saja, kamu sudah bisa mengeksplor entah sejarahnya, kulinernya, atraksi atau budayanya, banyak!
Apalagi di Indonesia sendiri sudah banyak banget ya, destinasi yang bisa kamu kunjungi, banyaaak banget. Nggak bohong. Sudah beberapa tahun belakangan ini, aku suka pergi-pergi mengeksplore keindahan negara ini. Bisa pergi sendirian atau sharecost bareng temen-temen. Terserah kamu mau pergi dengan cara apa.
Memang tempat yang kujelajahi belum banyak, karena aku lebih suka mengesksplore keindahan kota tempat aku dilahirkan, Semarang, terlalu banyak cerita dan sejarah yang bisa dieksplor dari kota ini, mulai dari budayanya, kulinernya, hingga penduduknya. Surga kuliner kalo kebanyakan orang bilang, dan aku juga nggak akan menyangkal hal itu.
Sebenernya kemarin tanggal 24 November 2019 aku diundang menghadiri acara world flu day yang bertempat di Paradigma Cafe, Jakarta. Tema kali itu sangat pas buat aku, “Blogger Gathering Bebas Flu Saat Travelling”. Siapa sih yang nggak terganggu kalo lagi pergi dan ternyata malah sakit flu? Aku sebel banget kalo misalkan saat pergi dan kondisi badan tidak dalam situasi prima, karena menurutku pergi sambil sakit itu sangat nggak enak. Nggak bisa enjoy menikmati liburan dan apalagi bisa dapet foto-foto kece. Gimana mau dapet foto kece kalau mood buat foto saja sudah hilang karena kita sibuk berpusing-pusing ria karena flu yang menyerang.
Aku kan anaknya gitu, kalo kena flu atau pilek bisa lama, dan pasti bikin suara hilang, hidung mampet, tidur nggak nyenyak, dan banyak hal lain deh. Apa saja sih penyebab flu menyerang?
1.       Sebelum liburan ambil lemburan
Biasanya nih, sebelum liburan kita akan ambil kerjaan yang lebih banyak dari biasanya, biar apa? Biar engga kebanyakan kerjaan saat kita pulang nanti atau bisa juga karena kita selalu menunda-nunda, makanya saat mau liburan kita kelimpungan menyelesaikan jatah kerjaan kita. Tentunya biar liburan kita nggak terganggu oleh yang namanya kerjaan dong. Jadi yaudah, forsir tenaga deh sampe kecapekan, ujungnya kita sakit karena stamina tubuh kita menurun.
2.       Beresin rumah sebelum pergi
Biasanya juga, sebelum kita pergi, kebiasaan untuk membereskan rumah yang berantakan biar kalau pulang, mood kita masih enak, buka pintu eh rumah rapi Cuma ada debu sedikit, coba kalo masih berantakan, saat pulang dan capek banget liat rumah masih berantakan kan bikin mood tambah drop. Buat aku yang moody-an ini, ini menjadi masalah buat aku. Jadi lebih baik aku mengerjakan daripada saat pulang nanti aku semakin bete. Kadang saat bersih-bersih kita juga bisa saja kena debu debu yang beterbangan, nggak salah juga kalau habis itu kita bakal kena flu.
3.       Begadang menyelesaikan drama korea
Ini aku aja atau kamu juga? Hayo ngaku! Biasanya kan kalau mau pergi dan kita tahu bahwa di tempat yang akan kita tuju itu nggak mungkin untuk mendapatkan sinyal internet dengan baik, atau tipe yang nggak mau keluar modal buat beli kuota alias mengandalkan wifi? Haha aku banget, fasilitas di rumah jelas aku manfaatkan sebaik-baiknya jadi saat mau pergi nggak kepikiran buat nonton drakor, iya kalau sempet, kalau enggak? Its no problem. Nah biasanya sih nontonnya juga sambil begadang, apalagi kalo serialnya udah seru banget, bye bye deh semuanya. Haha (Fyi, sudah 2 tahun ini aku nggak nonton drakor).
Begitu banyak hal-hal yang bisa memicu penyakit influenza datang ya, maka dari itu kalau mau bepergian aku selalu menyiapkan fisik yang prima biar nggak sakit kalau lagi travelling, adalah dengan:
1.       Istirahat yang cukup
2.       Konsumsi makanan yang bergizi
3.       Saat batuk/bersin jangan lupa menutup mulut dan hidung
4.       Cuci tangan minimal 40 detik dengan sabun
5.       Gunakan masker saat bepergian
6.       Jangan lupa vaksinasi
Vaksinasi itu penting, karena dengan vaksin bisa mencegah flu, dan menurut Dr.Suzy pentingnya vaksin adalah :
1.       Membantu mencegah terkena flu
2.  Tidak menularkan flu kepada orang lain
3. Membuat flu lebih ringan kalau sedang menderita flu
4.       Mencegah komplikasi penyakit flu
Vaksin influenza untuk traveller bisa disesuaikan dengan jenis vaksin influenza dengan daerah yang akan dikunjungi. Dan perlu diketahui vaksin influenza ini direkomendasikan dan penting untuk semua orang, termasuk anak usia lebih dari 6 bulan, wanita hamil, usia di atas lebih dari 50 tahun, memiliki penyakit kronik, dan tinggal dengan orang risiko tinggi.
Buat yang sedang merencanakan travelling akhir tahun ini, lebih baik memilih untuk melakukan vaksinasi sebelum berangkat, karena manfaatnya yang dirasakan banyak sekali. Ada 5 fakta vaksin flu untuk traveller:
1.       Hemat. Flu adalah infeksi paling umum di dunia. Mendapatkan vaksin flu sebelum liburan bisa berarti menyelamatkan nyawa, menghemat uang dan menjamin serunya liburan.
2.       Sepanjang tahun. Pada prinsipnya, risiko flu mengancam dunia sepanjang tahun. Di iklim sub-tropis. Flu biasa menyerang di musim dingin. Namun di daerah tropis, virus flu mengancam sepanjang tahun. Jadi penting sekali melindungi diri dengan vaksin flu.
3.       Virus pintar. Virus flu tergolong pintar karena mampu beradaptasi menjadi beberapa varietas dan berubah tiap tahun untuk menebus kekebalan tubuh. Pernah dengar berita tentang flu burung atau flu babikan?
4.       Menyelamatkan nyawa. Flu menyengsarakan semua orang, tetapi bisa fatal bagi penderita diabetes, asma, penyakit jantung. Bagi mereka, vaksin flu bisa menyelamatkan jiwa.
5.       Nikmati liburan ideal. Tak mau kan liburan ideal berubah jadi liburan bersama flu. Jadi pastikan mendapat vaksin flu sebelum berwisata ke daerah lain.
Sudah siap melawan flu saat liburan? Dengan vaksinasi, ini bisa menjadi pencegahan. Sehingga liburan bisa semakin menyenangkan. Ada beberapa tips nih buat traveller yang bisa dilakukan supaya terhindar
1.       Vaksinasi flu minimal 2 minggu sebelum keberangkatan.
2.       Bawa perlengkapan kesehatan selama perjalanan (tissue, obat pribadi dan hand sanitizer)
3.       Tutupi hidung dan batuk saat batuk dan bersin.
4.       Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh fasilitas umum.
5.       Bersihkan sabuk pengaman, meja dan pegangan tangan sebelum penerbangan.
6.       Minum banyak air.
Melakukan perjalanan jauh, apalagi ke tempat yang baru, tentu saja perlu sekali memperhatikan kesehatan. Bukan saja dana, dan rencana perjalanan, tapi juga menjaga kesehatan. Supaya travelling menjadi lebih menyenangkan. Jangan sampai flu menyerang dan menganggu kesehatan selama travelling. Saatnya untuk lawan flu dengan menjaga pola hidup sehat, olahraga, menjaga kebersihan dan tidak lupa melakukan vaksinasi sebelum travelling, karena ini sangat penting untuk menjaga kesehatan.
Informasi tentang vaksinasi, bisa langsung cek:
Instagram: @kenapaharusvaksin

Impianku di 2020 bisa mengunjungi lebih banyak tempat lagi, mau sendirian atau berdua, apalagi kalo grup, terserah, yang penting perjalanannya, adapun cerita dibaliknya ialah bonus yang bisa sekalian aku ceritakan. Kamu mau pergi sama aku? Yuk kapan kita ke mana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Fakta Menarik Soal Lalisa Manoban!

5 Fakta Menarik Soal Lalisa Manoban!
Buat para pencinta girl band Korea, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan nama BLACKPINK. Grup band BLACKPINK rasanya makin terkenal saja ya, dari waktu ke waktu. Popularitasnya yang melejit ini membuat banyak orang jadi ingin tahu lebih dalam mengenai kehidupan para member-nya yaitu Jennie, Rose, Jisoo, dan Lisa. Nah, dari keempat member tersebut, Lalisa Manobanatau lebih akrab dipanggil Lisa BLACKPINK berhasil menarik perhatian banyak penggemar K-Pop.

Berhasilkah Kamu Melewati Ujian Pra-Nikah?

:')

Banyak orang bilang menikah itu nikmat, menikah itu asyik, menikah itu blablabla (yang indah-indah), tapi hal itu tidak terjadi pada diriku, Ajeng. Coba deh, sebelum nikah apa ga ribet ngurusin tetek bengeknya  yang disebut sebagai persiapan nikah? aku cerita awalnya ya...
Rencana pernikahan yang sudah kususun selama setahun terakhir kurang lebih, tidak semuanya sesuai mauku. Bagaimana tidak, aku sudah mempersiapkan ini itu, tetapi karena kondisi yang ada aku tidak bisa dengan seenaknya memaksakan kehendakku, ada hal-hal yang sedang kupertaruhkan di sini. Setaun yang lalu ketika "calon imamku" datang melamarku dan membicarakan pembicaraan antar orang tua, aku senang, bahagia. di sepakati setahun kemudian pernikahan ini dilangsungkan, calon imamku tak sabar menunggu rupanya. karena yang dijadwalkan setahun atau dua tahun lagi. Setelah pembicaraan itu, aku mulai menyusun konsepnya bersama dia, cuma karena pekerjaannya yang mengharuskan kita tak bisa bertemu atau berkomu…

AC LG Dualcool With Watt Control, Hemat dan Irit.

Halo semuanyaaaa....
Udah di penghujung tahun 2018 nih, gimana? Resolusi tahun ini apa aja yang tercapai? Alhamdulillah ya teman-teman, apakah sudah punya target tahun depan? nggak papa, punya banyak target itu baik kok, tapi jangan lupa untuk mewujudkannya ya. Aku tahun depan pengen banget deh masang AC di kamar, tau kan? Semarang itu kadar panasnya Hot Potato Potato? Ampun nyerah deh.