7 Perlengkapan Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

sumber : pinterest.com


Kini mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh semua kalangan. Bagi para pendaki gunung, kegiatan ini merupakan suatu hal yang bisa menguji adrenalin mereka dan memiliki kesan tersendiri. Mendaki gunung juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Bahkan para anak-anak juga mendapatkan banyak manfaat positif kalau sering diajak mendaki gunung. Tentunya sangat bagus buat kekuatan mentalnya kelak. Kegiatan satu ini bisa dibilang tidak terlalu rumit, karena hanya memerlukan peralatan secukupnya serta mental dan stamina yang harus disiapkan untuk mendaki.
Jika kegiatan ini sudah menjadi hobi, tentu mereka tidak akan bingung-bingung lagi dalam menyiapkan segala kebutuhan yang ada. Persiapannya memang lumayan banyak, baik kebutuhan dan perlengkapan lainnya. Namun, lain halnya dengan para pendaki pemula yang baru memulai mendaki gunung. Mereka pastinya harus belajar banyak hal tentang keperluan dan persiapan yang harus dibawa ketika melakukan pendakian. Nah, sebelum kamu pergi untuk melakukan pendakian bersama keluarga atau teman terdekat, ada baiknya kamu mempersiapkan segala perlengkapan berikut ini agar kegiatan pendakian kamu terasa lebih nyaman dan aman.


Tas Gunung
sumber : pinterest.com


Perlengkapan mendaki ini tentunya berguna untuk menyimpan barang bawaan kamu. Gunakanlah jenis tas yang khusus untuk pendakian, seperti carrier misalnya. Karena jenis tas ini mampu menyimpan banyak barang bawaan untuk mendaki. Bahan yang digunakannya juga sangat kokoh dan nyaman saat dipakai. Sehingga tidak akan membebani para pendaki dengan bobot berat ketika melakukan pendakian.
2. Jaket dan Pakaian Ganti Secukupnya
sumber : pinterest.com

Jika kamu melakukan pendakian dalam jangka waktu satu hari, dua hari atau membutuhkan waktu hingga berhari-hari, maka kamu perlu membawa beberapa pakaian ganti. Bawalah pakaian seperti baju yang gampang kering dan terbuat dari bahan katun. Untuk celana juga sama, bawalah celana yang gampang kering dan ringan seperti berbahan polyester. Jaket juga jangan sampai lupa, karena ini dapat melindungi tubuh kamu dari hawa dingin dan terpaan angin saat di gunung. Oh iya, pakaian dalam juga jangan sampai ketinggalan, ya!

3. Sandal atau Sepatu Khusus Mendaki
sumber : pinterest.com


Perlengkapan mendaki gunung berikutnya adalah alas kaki. Kamu bisa membawa sepatu dan juga sandal. Namun, pilihlah sepatu dan sandal yang dirancang khusus untuk digunakan mendaki gunung. Biasanya sepatu gunung mempunyai desain sampai atas mata kaki. Ini berguna untuk melindungi kaki kamu agar tidak mudah pegal selama pendakian. Selain itu, sepatu gunung juga bisa melindungi pergelangan kaki kamu saat tergelincir. Sehingga otot atau urat kaki kamu tidak terkilir.

 4. Tenda agar bisa Istirahat di Malam Hari
sumber : pinterest.com
Meski di setiap gunung Indonesia sudah tersedia tempat shelter atau berteduh, akan tetapi tenda juga harus masuk ke dalam list perlengkapan mendaki kamu. Karena kamu akan lebih mudah menata barang bawaan sendiri di dalam tenda. Selain itu, ini juga akan melindungi kamu ketika cuaca di gunung kurang mendukung, seperti hujan atau angin yang sangat kencang. Perlengkapan ini tentu sangat penting jika kamu ingin beristirahat di malam hari atau menginap di gunung. Bawalah tenda yang ukurannya sesuai dengan kapasitas kelompok kamu, ya!
5. Kompor untuk Masak
sumber : pinterest.com

Perlengkapan satu ini tentunya sangat penting bagi para pendaki, karena akan memudahkan mereka saat ingin memasak di gunung. Kamu tidak perlu membawa kompor gas yang ukurannya terbilang besar dan berat. Karena kini sudah tersedia kompor gas yang khusus untuk dibawa mendaki gunung. Bobot pada kompor dan gasnya pun hanya setengah kilo. Sehingga tidak akan merepotkan kamu ketika dibawa di dalam tas.

 6. Peralatan untuk Masak dan Makan jangan lupa!
sumber : pinterest.com

Nah, peralatan satu ini juga jangan sampai ketinggalan. Kamu akan merasa kurang nyaman jika tidak membawa ini. Kalau kompor sudah disiapkan, maka peralatan untuk memasak dan makan juga harus dibawa. Peralatan masak yang harus dibawa adalah wajan, panci, pisau dan spatula. Untuk alat makan, kamu perlu membawa sendok, garpu, piring dan gelas. Kalau kamu ada meja lipat dan kursi lipat juga boleh dibawa. Ini akan memberikanmu kenyamanan saat makan dengan teman-teman.

7. Bawa Makanan Logistik dan Minuman Segar
sumber : backpackerjakarta.com


Perlengkapan yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Saat naik gunung pastinya bisa menguras banyak tenaga, bukan? Tentu hal ini bisa membuat kamu lelah selama di pendakian. Maka dari itu, membawa makanan dan minuman juga sangat penting untuk kamu siapkan agar nantinya bisa mengembalikan energi dengan asupan makan yang bergizi. Kamu bisa membawa bahan makanan logistik yang mudah dimasak, seperti sosis, nugget, sayur-mayur, telur dan tempe. Kamu bisa memasak sayur lodeh atau sayur sop di gunung. Untuk menemani waktu istirahat kamu di pendakian, mungkin kamu bisa membawa buah-buahan yang kaya vitamin dan juga cairan. Membawa air atau minuman segar juga jangan sampai lupa, lho!
Semua perlengkapan pendakian di atas ini tentunya sangatlah penting untuk kamu bawa. Selain persiapan ini, coba untuk selalu melakukan tes kesehatan sebelum bepergian ya, Biar bebas flu saat travelling.  Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang bingung dalam menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa saat melakukan pendakian, ya.



Komentar

  1. Therefore, bringing food and drinks is also very important for you to prepare so that later you can restore energy with nutritious food intake.

    BalasHapus
  2. Baca postingan jadi teringat kemah saat masih SMP dan SMK. Soalnya aku belum pernah sama sekali mendaki gunung. Terima kasih infonya, Mbak Erina.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa