Hidup Sehat ala Erina

2020 baru jalan 3 bulan, dan sepertinya banyak hal yang terjadi ya GRes. Terutama dalam hidupku, terus terang 2020 ini berubah banyak dan lumayan drastis. Hehe
Belajar untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi, karena sadar diri ini sangat banyak kurangnya.
2020 ini jadi sering di rumah, buat nemenin ibuk kalau bapak kerja. Setidaknya ada aku, anak perempuannya, karena adek juga sekolah dan jarang pulang. Sering di runah berarti rada punya banyak waktu luang buat nengok-nengok dapur. Yaaa walaupun paling banter bikin cemilan sih, belajar masaklah ya pelan-pelan.
2020 ini juga rada rajin nulis organik, biar lebih enak dilihat blognya, enggak cuma tulisan berbayar aja, selain itu, juga jadi sering mikir konten dan menuangkannya di sosmed.
2020 juga belajar memaintenance sosial media sendiri untuk jadi lebih baik, alhamdulillahnya punya temen-temen yang saling mendukung dan saling bantu, sehingga proses upgrade diri enggak terasa berat-berat amat. Ada mereka yang selalu menjadi penyemangat dan mendorong aku untuk selalu kreatif.
Selain itu, 2020 ini juga menjadi lebih sabar, lebih mendengar, dan lebih mengalah, terutama lagi sih, lebih berani buat bilang TIDAK kalo aku lagi nggak mau melakukan sesuatu, bukan karena rasa nggak enak. 2020 ini juga mulai untuk mengurangi porsi makan, bukan karena diet sih, tapi karena biar sehat aja. Selain porsi makan, ada beberapa hal yang aku lakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar!
Btw, virus corona di 2020 ini juga makin santer banget gaungnya, aku juga awalnya masih nasa bodoh dalam mencari tahu tentang virus ini, terlalu menyepelekan istilahnya, aku masih melakukan kegiatan yang aku sukai, kumpul sama teman-teman, dan melakukan hal-hal yang bisa saja menbuat aku tertular virus corona. Setelah diberitakan bahwa sudah masuk ke Indonesia, barulah nyari artikel dan rujukan yang benar dan itu rada susah karena banyak hoax bertebaran, hingga akhirnya aku tahu, bahwa virus corona tidak akan menulari kita jika kita hidup sehat, bersih, dan daya tahan tubuh kita kuat.
Tips sehat yang aku lakukan sebagai upaya mencegah virus corona masuk tubuhku adalah :
1. Perbanyak sayur dan buah
Jelas banget ya, tubuh kita sangat perlu banyak vitamin agar tetap fit. Sayur dan buah sangat bagus dikonsumsi karena menyehatkan.
2. Olahraga ringan di rumah (nyapu, ngepel, squat, naik turun tangga)
Bangun pagi, sudah jadi kebiasaan sejak dulu kalau di rumah untuk beres-beres rumah, rumah bersih, badan juga jadi keringetan dan segar deh, karena gerak, jangan rebahan mulu!
3. Perbanyak asupan yang bergizi dan bernutrisi
Masih rada susah sekarang, karena sejak akhir tahun lalu mulai sadar BB yang naik drastis, trus ajaib banget tahun ini nggak suka makan, bahkan makan AUCE yang biasanya selow aja, kali ini nggak kuat perutnya, sampai dibilangin temen kalo nggak kuat, nggak usah makan auce. Makan nasi padang yang dibungkus juga nasinya nggak kuat kalo banyak2, bagi dua deh. Ajaib ya, karena itu, baju-baju yang dulu enggak muat, jadi muat lagi, baju kondangan juga jadi rada cucok buat dipakai. Bahagianyaaaaaa…
4. Minum-minuman rempah
Alhamdulillah, keluargaku bukan termasuk orang yang lebay dalam menghadapi isu atau berita yang lagi santer, tapi kebiasaan bapak ibu dari dulu untuk mengkonsumsi minuman seperti jahe merah, rebusan bawang putih, atau jus buah-buahan jadi nular ke aku, walaupun aku juga masih rada susah, paling enggak sudah mulai mencoba dan nembiasakan hidup sehat.
5. Perbanyak minum air putih dan madu
Semua orang tahu, aku anaknya suka minum banget, dan sudah sangat mengurangi minum manis sejak masih kuliah, kalau makan di luar, ordernya juga antara air putih atau es teh tawar, sudah jarang banget es teh manis, kalo nggak lagi merasa butuh gula. Menjaga gula aja sih, karena diajarin bapak. Hehe
Dan biar lebih fit, ibu biasanya nyediain madu yang aku minum sesendok setiap hari, biar nggak gampang sakit, karena aku kalau udah ambruk, bikin kerjaan keteteran, ibu nggak mau kerjaan rebahanku jadi keteteran kalau aku sakit dong.
6. Kurangi interaksi sama orang lain
Nah, ini penting banget, social distancing di masa sekarang ini. Nurut aja deh, apa kata pemerintah, daripada nanti hasilnya makin banyak yang terkena, mending sadari diri sendiri, kalau kita bisa jadi carrier yang membawa virus itu dan berakibat bisa menulari orang banyak terutama lansia dan balita. Serem kan? Sekarang sih, rajin cuci tangan dan selalu mandi kalau sudah sampe rumah. Pokoknya, lagi rajin. Hehe
Eh sudah dulu ya, dipanggil ibu suruh tidur, maklum sudah pukul 21.30, besok lagi. Tapi mau nanya, pola hidup sehat apa yang kamu lakukan sekarang?

Byeeee!!










Komentar

Postingan Populer