Mulailah Menulis Catatan Harianmu

Hai, bagaimama dengan work from homenya? Masih betah di rumah aja kan? Nggak papa tahan-tahan dulu ya semuanya, semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa melakukan berbagai aktifitas seperti sedia kala, bisa bekumpul lagi dengan orang-orang kesayangan kita, bebas bercanda tawa lagi. Aamiin. 
Kehidupan di rumah saja membuat aku makin kreatif karena harus menemukan spot-spot menarik di sekitar rumah untuk photosession ataupun membuat konten. Beberapa kerjasama pun harus dilakukan di rumah dengan bantuan alat seadanya. Biasanya,kalo bagian foto/video aku akan keluar rumah mencari tempat untuk foto/video, tapi karena sedang mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja, makanya semua dilakukan secara mandiri di rumah. 
Aku anaknya nggak bisa diem, kalo butuh inspirasi aku biasanya keluar rumah, dan ke kedai kopi yang biasanya aku datangi, atau kalo masih belum bisa mendapatkan ide ya sudah, aku bertemu dengan teman-teman yang asik buat diajak kumpul, karena banyak hal yang bisa dibahas, dimulai dari sambatan-sambatan tentang hidup atau perghibahan internal. Ups…


Aku mau cerita sedikit tentang kebiasaanku menulis ya. Biasanya, saat orang-orang beraktifitas normal, ide-ide bisa ngalir dari mana aja, begitu anjuran pemerintah untuk wfh, dan mengharuskan semua orang untuk bekerja dari rumah, aku? Nggak mood nulis. Karena yah, harus menyesuaikan diri lagi dengan hal-hal yang tak biasa ini. Menulis aja butuh tempat tenang, ini semua orang jadi mendadak di rumah, akibatnya aku yang biasanya pergi-pergi, jadi lebih sering di rumah, dan otomatis, jadi latian masak, akibatnya yaaaah, bisa diliat. Huhu 
Aku memulai kebiasaan menulis dari dulu saat masih sekolah, hanya sebagai hobi atau kesenangan belaka, saat kuliah dan mempunyai kesibukan baru, aku sudah jarang melakukannya, karena tugas-tugas seabrek biasanya sudah membuat pusing duluan. Sempat di tahun 2009 aku punya blog, tapi ya masih bingung mau nulis apa, akhirnya cuma sebagai punya-punya aja. Kemudian aku KKN di daerah jepara, dan di sinilah aku menulis untuk mengisi konten di desa tempat aku KKN, hingga akhirnya kepikiran untuk mengaktifkam lagi kebiasaan menulis dan kali ini harus lebih profesional, makanya dari nama blog unyu menyunyu berubah menjadi erinajulia, biar branding diri sendiri. 
Manfaat ngeblog? Banyak hal yang aku dapat sih, aku bisa healing, karena menulis ternyata salah satu obat terampuh untuk segala sakit. Rasanya dada udah plong aja kalo udah nulis. Hehe. Selain untuk healing, manfaat ngeblog yang lain adalah aku bisa berkenalan dengan kalian semua. Penulis dari seluruh Indonesia. Banyak banget kalian itu, dan aku seneng kalo bisa menemukan teman yang sepassion. 
Ngomongin teman, banyak juga yang sudah kukenal dari ngeblog, bahkan beberapa di antaranya sepakat untuk membuat karya bareng, seperti 2 emagz yang pernah aku geluti dan 1antologi puisi yang aku ikut berkontribusi di dalamnya, sayang sekarang belum sempat lagi untuk membuat karya-karya seperti itu lagi. Banyak juga yang pada akhirnya menjadi saudara sepenulisan dan saling mengingatkan tak Cuma d dunia menulis tapi juga bagaimana memaintenance sosial media. 
Banyak banget hal yang aku dapat dari ngeblog, jelas banget manfaat ngeblog ini terasa, selain faktor finansial ya, karena semua nggak harus diukur dengan materi hehe. Menilik aku sempat berhenti dan memulai lagi, dan di 2015 starting awalku untuk menyeriusi ini semua (2012 dulu hanya membuat domain pro, tapi ya masih belajar dan meraba semuanya), tentu bukan perjalanan biasa karena aku masih bertahan hingga sekarang, yah masih sebentar sih, masih banyak yang lebih senior daripada aku, hehe. 

Tips ngeblogku adalah “mulai aja dulu”jadi kalo ada yang nanya dan minta tips menulis, aku selalu bilang untuk tulis aja dulu, kenapa? Karena semuanya harus dimulai, paragraf terakhir ada karena ada paragraf pertama, jadi ya harus dimulai menulis dulu dari mana saja, yang namanya cerita itu ngalir kok, tenang aja. 
Kalau kamu? Sudah mulai nulis belum? 

Komentar

  1. Betul banget nih kalau harus nulis dulu biar terbiasa nulis. Soalnya kadang aku lupa kalau mau nulis gitu. Karena dunia nulis terutama blog maka akhirnya pun aku bisa mengenal Mbak Erina.

    BalasHapus
  2. Aku lagi coba menulis lagi nih bep, kangen banget rasanya sama menulis tuh hahahah

    BalasHapus
  3. Bener menulis emang bikin healing dan plong aja rasanya, aku juga sedang nenbisakan untuk menulis lagi dengan bahagia dan tanpa beban, rasanya lebih enak dan mengalir saja. Untuk blog, aku sedang ingin ganti domain

    BalasHapus
  4. Memulis membuat kita mengingatbsemua moment berharga dalam setiap proses kehidupan. Bisa mengenangnya dan membayangkannya. Apalagi kalau bertemu dengan orang orang yang pernah bikin "nyaman" iya kan kaaaaak 🤭🤭🤭

    BalasHapus
  5. jadi udah mulai emang menulis harian? bulan puasa ODOP yukkkkkk. aku pengen bisa sehari beberapa artikel lagi nih. di rumah aja malah berkurang jumlah nulisnya.

    BalasHapus
  6. Iya, aku ngeblog senagao healing juga. Menyampaikan keluh kesah. Release stres juga. Makanya tiap senin aku punya konten Cerita Sepekan, nyeritain aku seminggu kemarin ngapain aja. Supaya ingatan2 manis dan pahit gak membebani otakku, hahaha

    BalasHapus
  7. Setuju bgt kak Erina. Kalo g dimulai ga bakal terjadi kan, semua berawal dari niat dan diwujudkan ��

    BalasHapus
  8. Aku merasa tersentil dengan tulisan ini, udah lama rasanya gak nulis yang beneran curhat, bismillah deh harus luangin waktu mskipun cm sebentar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa