Apa Saja Penyebab Gatal dan Cara Mengobatinya? Tanya Dokter Kulit di Sini Yuk!

Apa Saja Penyebab Gatal dan Cara Mengobatinya? Tanya Dokter Kulit di Sini Yuk!


Kulit manusia merupakan organ yang paling besar dan berada di lapisan paling luar tubuh. Karenanya, kulit memiliki resiko paling rentan terkena pengaruh buruk lingkungan. Jika kulit sudah terinfeksi, gejala yang paling mudah ditimbulkan adalah gatal-gatal. Pasti Anda sering menderita gatal kulit baik yang hanya sebentar hingga yang terjadi lebih lama bahkan menetap. Ada banyak sekali penyebab gatal yang umum diderita manusia. Untuk cara mengobatinya Anda bisa tanya dokter kulit secara langsung atau membaca informasi dari berbagai sumber terpercaya.

Sebagai tambahan wawasan untuk bisa mengobati rasa gatal dengan tepat, berikut ini adalah beberapa penyebab gatal dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui.


Penyebab gatal kulit:

1. Alergi.
Seperti disebutkan tadi bahwa kulit menjadi lapisan paling luar tubuh yang langsung berhubungan dengan lingkungan luar. Resikonya adalah terpapar langsung zat-zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi dari tubuh misalnya hawa dingin, logam, serangga dan sebagainya. Selain terpapar langsung, reaksi alergi dari dalam juga bisa menimbulkan gejala di kulit seperti saat alergi makanan, dapat berimbas pada timbulnya gatal kulit.

2. Gangguan kulit.
Yang termasuk dalam gangguan kulit antara lain eksim, dermatitis, psoriasis, ruam popok, biduran dan biang keringat.

3. Penyakit kulit karena infeksi bakteri, parasit, virus dan lainnya.
Contohnya antara lain jamur, kudis, kadas, panu, jerawat dan sebagainya.

4. Gangguan sistem saraf.
Penyakit herpes zooster, saraf terjepit dan multiple sclerosis menjadi salah satu penyebab gatal dari gangguan sistem saraf.

5. Penyakit tertentu.
Bagi penderita HIV misalnya, akan menimbulkan gejala gatal kulit yang hebat. Diabetes melitus, gagal ginjal dan gangguan kelenjar tiroid juga menimbulkan gejala gatal akibat tidak lancarnya metabolisme tubuh.

6. Psikologis.
Bagi Anda yang kerap dilanda stres berat, tubuh dapat memberikan warning dengan gejala gatal.

Setelah Anda mengetahui penyebab gatal-gatal yang terjadi di kulit, barulah Anda bisa memilih obat gatal yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Beberapa jenis penyakit dengan gejala gatal bisa sembuh sendiri seperti pada reaksi alergi karena gigitan serangga, gangguan kulit hingga infeksi virus jika memiliki kekebalan tubuh yang baik. Sedangkan jika gatal terus berlanjut bahkan semakin parah, berikut ini adalah jenis obat yang bisa digunakan:

Antihistamin.
Merupakan obat anti alergi yang dapat membantu menghilangkan gejala gatal akibat alergi baik makanan, debu ataupun hawa dingin.

Kortikosteroid.
Obat gatal yang disebabkan karena peradangan dengan gejala adanya bagian tubuh yang membengkak. Obat ini tersedia dalam sediaan salep ataupun obat minum.

Bedak atau obat oles non steroid.
Bedak gatal dengan zat asam salisilat, minyak atsiri oles dan balsam merupakan jenis obat gatal di kategori ini.

Antidepresan.
Memblokir impuls saraf yang meneruskan rasa gatal ke otak. Digunakan untuk gatal akibat stres atau depresi dan gangguan saraf lainnya.

Antibiotik, antivirus dan obat parasit.
Digunakan untuk obat gatal akibat bakteri, jamur, virus dan parasit.

Jika Anda memiliki gejala gatal kulit dan masih kebingungan harus menggunakan obat yang mana, ada cara mudah untuk mengetahuinya yaitu dengan tanya dokter kulit di Halodoc. Halodoc dapat Anda akses dari gadget baik smartphone maupun laptop untuk Anda berkomunikasi langsung dengan dokter spesialis. Butuh konsultasi secara langsung? Halodoc juga memiliki layanan untuk melakukan pendaftaran online sehingga bisa Anda manfaatkan untuk menghindari antrian yang terlalu lama.

Komentar