Cara Mencegah Penularan Virus Corona Bagi Orang Sehat Maupun Orang Sakit

Cara Mencegah Penularan Virus Corona Bagi Orang Sehat Maupun Orang Sakit

Virus corona hingga kini masih menjadi pandemi di seluruh dunia dengan jumlah kasus yang masih bertambah setiap harinya. Hingga kini jumlah kasus covid19 di seluruh dunia mencapai lebih dari 1,9 juta kasus dengan jumlah kematian lebih dari 128.000 jiwa. Sedangkan di Indonesia, kasus yang sudah terkonfirmasi positif mencapai lebih dari 5.000 kasus dengan jumlah kematian 469 jiwa. Angka ini masih bisa bertambah karena setiap harinya masih ada kasus-kasus baru yang tercipta akibat penularan yang masih masif.

Untuk menganganinya memang sangat diperlukan kerja sama yang benar-benar bagus dan serentak dari semua pihak. Masyarakat bisa mengusahakan kesehatan diri dan keluarganya dengan penerapan pencegahan virus covid19 yang dilakukan secara mandiri dan bersama-sama. Selain mereka yang sehat, mereka yang sakit juga memiliki peranan besar untuk memutus mata rantai penularan dengan juga melakukan pencegahan atau perawatan. Apa saja tindakan pencegahan yang bisa dilakukan oleh mereka yang sehat dan mereka yang sakit? Berikut ini listnya.

Pencegahan untuk mereka yang sehat:

1. Tetap di rumah untuk menghindari bertemu orang asing yang bisa jadi mengidap covid19.
2. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat harus keluar rumah.
3. Menggunakan masker saat berada di luar rumah.
4. Rajin mencuci tangan untuk membunuh kuman penyakit yang bisa saja menempel pada benda yang Anda sentuh.
5. Membersihkan area rumah khususnya benda-benda yang sering dipegang seperti gagang pintu, saklar lampu, bel dan pagar.
6. Bila Anda ingin menyentuh mulut, mata, serta hidung sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.
7. Hindari kontak dengan penderita positif covid19 atau yang memiliki gejala covid19.
8. Menutup mulut saat bersin atau batuk dengan lengan siku bagian dalam.
9. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan tidur cukup.

Sedangkan untuk mereka yang sudah dinyatakan positif corona, juga bisa mencegah penularan dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Melakukan perawatan di rumah sakit.
2. Melakukan isolasi dengan tidak bertemu siapapun.
3. Jika masih melakukan isolasi mandiri di rumah namun memiliki gejala yang semakin parah, jangan langsung ke rumah sakit sendiri namun kabari tenaga kesehatan untuk melakukan penjemputan.
4. Jangan berbagai alat makan, alat mandi, tempat tidur, pakaian dan barang pribadi lainnya. Jika memungkinkan gunakan kamar mandi sendiri.
5. Gunakan masker.
6. Lakukan etika batuk jika bersin dan batuk.
7. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk meningkatkan sistem imun tubuh.
8. Istirahat cukup dan minum air putih 8 gelas sehari.
9. Jangan stress karena stres dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Dengan peran serta aktif masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit, mata rantai penularan covid19 akan lebih cepat terputus. Saat ini Indonesia sudah memiliki alat tas massal yang bisa digunakan untuk melakukan tes bagi banyak orang sekaligus sehingga diharapkan mereka yang sudah positif akan bisa segera dilakukan isolasi untuk mencegah penularan pada yang lain.

jika Anda membutuhkan informasi lain mengenai virus corona, jangan mencari ke sumber yang salah karena bisa jadi Anda justru mendapatkan informasi Hoax yang membuat resah dan panik. Carilah di sumber berita terpercaya seperti artikel di Halodoc. Anda juga bisa mencari informasi di website resmi pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat serta WHO. 

Komentar