Tiga Jenis Solar Panel Berkualitas yang Layak Dipilih

Tiga Jenis Solar Panel Berkualitas yang Layak Dipilih

Saat ini penggunaan tenaga sinar matahari sebagai pembangkit energi listrik semakin banyak digunakan. Untuk bisa memanfaatkan tenaga yang berasal dari sinar matahari maka Anda perlu memasang alat khusus yaitu solar panel. Fungsi dari pasang solar panel itu pada dasarnya agar alat tersebut dapat menangkap sinar matahari dan selanjutnya akan diubah menjadi energi listrik.
Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya solar panel tersebut juga terdiri dari beberapa jenis? Apa saja jenis-jenis solar panel dan seperti apa kualitas masing-masing dari jenis solar panel tersebut. Semuanya akan diulas secara lengkap di bawah ini.
Jenis-Jenis Solar Panel
1. Mono crystalline Silicon
Solar panel jenis ini terbuat dari bahan utama dalam bentuk material silicon untuk digunakan sebagai penyusun sel surya. Material silicon itu diiris tipis dengan bantuan alat teknologi khusus, sehingga kepingan sel surya yang dihasilkan dari material tersebut akan identik dan pastinya mampu bekerja secara optimal.
Jenis solar panel yang terbuat dari mono crystalline silicon akan mampu bekerja dengan efisiensi tinggi. Jika dilihat dari bagian luarnya atau dari fisiknya saja, maka jenis solar panel ini bisa dikenali dari warna sel surya yang berwarna hitam dengan tiap sudut yang terlihat terpotong.
2. Polycrystalline
Jenis solar panel yang terbuat dari beberapa batang silicon yang telah dicairkan (polycrystalline) tidak semurni dengan sel surya yang terbuat dari mono crystalline. Hal tersebut membuat sel surya yang dihasilkan tidak identik selain itu efisiensinya juga lebih rendah daripada solar panel yang terbuat dari mono crystalline.
Jenis solar panel yang terbuat dari polycrystalline memiliki tampilan seperti motif pecahan kaca. Selain itu bentuk dari sel surya yang terbuat dari polycrystalline adalah persegi sehingga jika disusun maka terlihat susunannya lebih rapat dan tidak meninggalkan ruang kosong.
3. Thin Film Solar Cell
Sesuai namanya, thin film solar cell terbuat dari sel surya yang telah diiris tipis kemudian ditambahkan ke dalam lapisan datar. Bentuk sel surya yang tipis dari solar panel jenis ini membuatnya sangat ringan dan fleksibel. 
Memilih jenis solar panel yang tepat untuk digunakan memang tidak mudah, apalagi jika Anda memang bukan ahlinya. Oleh sebab itu diperlukan konsultasi detail dengan penyedia solar panel yang kompeten dan mampu memberikan layanan terbaik, salah satu contohnya adalah Sewatama yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuan dan kualitas layanannya kepada konsumen.

Komentar

  1. Solar cell sangat cocok untuk indonesia. Namun biayanya masih mahal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa

Postingan Populer