Tentang Ball Bearing yang Wajib Diketahui

Tentang Ball Bearing yang Wajib Diketahui


Ball Bearing adalah bantalan gelinding yang digunakan dalam elemen rolling untuk mengatasi gesekan antara 2 komponen yang bergerak. Diantara kedua permukaan yang sudah dietmpatkan di elemen yang bersifat gelinding sepertinya misalnya taper, bola, rol dan lain. Yang Wajib kamu ketahui adalah ketika kontak gelinding terjadi antara elemen tersebut dengan komponen lainnya yang berada pada permukaan kontak tidak ada gerakan relatif yang terjadi.
Selain Sifat dari ball bearing diatas yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah pemasangan bearing. Pertama, proses balancing, yang merupakan pemasangan bearing pada komponen mesin, komponen yang memang harus balance agar ball bearing dapat bertahan dengan baik.Kedua, Proses Alignment atau biasanya disebut dengan pengaturan sumbu poros pada mesin yang sejajar. 
Ketiga, Proses pemberian beban yang sesuai dengan jenis bearing yang digunakan yaitu beban radial atau beban aksial. Keempat, Pengaturan posisi bearing pada poros ini juga penting ketika pemasangan bearing. Kelima, Clearence Bearing atau yang biasa disebut metode pemasangan dan peralatan yang biasa digunakan. Keenam, Tentu saja toleransi dan ketepatan yang diperlukan pada saat pemasangan ball bearing. Toleransi poros pada proses pembubutan harus diperhatikan  karena akan mempengaruhi hasil akhir bearing itu sendiri. 
Tahukah kamu bahwa sebagai bantalan gelinding ini ada kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum menggunakannya. Beberapa kelebihan dari Bearing ini adalah Ukuran yang sudah distandarisasikan sehingga mudah didapatkan dimana saja, mudah dalam hal pergantiannya,keausan dan panas yang ditimbulkan berkurang, gesekan yang relative konstan, pemakaian pelumas minimum dan ukuran lebarnya kecil
Dibalik kelebihan tersebut ada beberapa kekurangan dalam bearing yang perlu juga kamu perlu ketahui seperti Lebih mahal dalam hal harga, memiliki getaran beban kejut atau ketidakseimbangan komponen mesin yang menyebabkan  bearing lebih cepat cepat rusak dan lebih sensitif terhadap debu dan kelembapan. Nah, setelah kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan, ada  penyebab kerusakan ball bearing juga yang perlu kamu ketahui.
Penyebab kerusakan seperti Kesalahan bahan, ini ada 2 faktor yaitu terletak di prodisen atau konsumen. Pada faktor konsumen bisa jadi dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang sifat dari bearing itu sendiri. Sedangkan faktor produsen yaitu retaknya bantalan setelah prodksi baik retak halus maupun berat, kesalahan toleransi, kesalahan celah bantalan. Kemudian Bearing yang kekurangan minyak pelumasan juga menyebabkan kerusakan bearing lebih cepat. 
Hal lain yang menyebabkan kerusakan seperti penggunaan bearing melewati batas waktu penggunaanya sehingga biasanya tidak sesuai dengan petunjuk buku fabrikasi pembuatan bearing, Selain itu pemilihan jenis bearing yang akan digunakan juga penting karena jika tidak sesuai dengan buku petunjuk dan keadaan nyata dilapangan menyebabkan kerusakan pada bearing. 
Dalam hal pemasangan bearing pada poros harus berhati hati dan jika tidka sesuai dengan standart yang ditentukan akan menyebabkan kesalahan pada pemasangannya seperti pemasangan yang terlalu longgar, pemasangan yang terlalu erat, Terjadi pembenjolan pada jalur jalan pada roll sehingga bantalan saat berputar akan tersendat sendat.
 Jika tidak ingin terjadi kesalahan dalam hal pemasangan bearing kamu harus mengetahui dulu sebelum membeli bearing bagaimana sifat,kualitas dan kuantitas pada bearing yang akan kamu gunakan. Di Logam makmur menyediakan pembelian bearing yang tentunya sebelum membeli kamu akan diberi tahu bagaimana sifat dari bearing tersebut dan cara pemakaiannya sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan kerusakan atau salah pemasangan seperti hal diatas.

Komentar

Postingan Populer