Bahagia dan Produktif Tanpa Harus Menggunakan Narkoba

Bahagia dan Produktif Tanpa Harus Menggunakan Narkoba


Beberapa waktu lalu aku dikejutkan dengan berita tentang Dwi Sasono yang tertangkap atas kepemilikan narkoba. Reaksi pertama aku ketika mendapat informasi itu lewat timeline media sosial adalah: Hah? Serius nih? Dwi Sasono??? 
Aku tuh suka sekali ngepoin The Sasonos  Family. Bagaimana Ibu Widi dan Bapak Dwi yang akrab dengan ketiga buah hati mereka tuh suka bikin aku berkhayal suatu hari aku bakal bisa membangun keluarga seperti itu. Aamiin Ya Allah…. Tolong dong aamiin-kan.  
Makanya ada rasa sedih ketika aku baca informasi Dwi Sasoso yang ketahuan menggunakan ganja. Apalagi ketika aku baca-baca alasan menggunakan narkoba-nya untuk mengisi kekosongan waktu selama masa pandemi kemarin, agar bisa tidur. Duh ya…. Kok miris tenan. 
Memang sih, di awal-awal masa pandemi, sudah ada beberapa dokter yang mengatakan kalau kondisi di rumah aja bisa menurunkan kondisi kesehatan mental, akibat merasa bosan dan kesepian. Tapi ya jangan lari ke narkoba dong. Masih banyak kok kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama di rumah aja. Kan lebih baik menerapkan pola hidup sehat.
Ah Erina, kaya paham aja gimana menerapkan pola hidup sehat itu. Oh paham dong aku. Tapi ya aku juga masih belajar, pelan-pelan harus bisa menerapkan pola hidup sehat, terutama saat ini, ketika rasanya si virus corona malah grafiknya semakin naik.  
Kalian juga pastinya mau dong kan ya menerapkan pola hidup sehat? Aku mau berbagi tips seputar pola hidup sehat nih. Gimana caranya biar tetap bahagia dan produktif tanpa harus menggunakan narkoba. Nah ini nih tips dari aku.
Minum air putih 
Belum bosen kan ya mendengar anjuran minum air putih yang banyak? Jangan bosen dong. Karena memang air putih ini penting banget buat tubuh kita. Anjurannya adalah minum 8 gelas air putih dalam sehari, atau setara dengan 2 liter. Ayo, jangan pada malas. 
Bagusnya tuh minum air hangat. Air hangat itu punya manfaat yang lebih banyak bila dibandingkan dengan minum air putih, seperti melancarkan pencernaan, melegakan hidung yang tersumbat, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. 
Olahraga yang teratur
Ini pada olahraga enggak sih selama masa pandemi ini? Jangan-jangan kaya aku kebanyakan rebahan beneran.  Jangan dong ya, meski kita menjadi pahlawan karena rebahan di rumah aja, bukan berarti bener-bener di gaspol buat rebahan aja. Tetap harus olahraga yang teratur.
Meski masih di rumah aja, tetap kok kita bisa melakukan kegiatan olahraga. Sekarang ini ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita untuk berolahraga dengan peralatan seadanya. Semua itu gimana niat kita. Cie…. Kalau mau sedikit refreshing mencari udara segar bisa juga olahraga di sekitar rumah. 
Apalagi selain bikin badan sehat, olahraga juga memicu pelepasan hormon dopamin, ini tuh nantinya bikin kita merasa bahagia. Selain itu, karena capek, biasanya kalau di hari kita berolahraga, malamnya jadi bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Tuh kan, enggak perlu deh pakai narkoba buat bikin tidur.
Konsumsi makanan yang bergizi
Bukan hanya air putih yang harus diperhatikan, tapi makanan yang bergizi juga harus banget kita perhatikan dalam menerapkan pola hidup sehat ini. Karena segala yang kita konsumsi berpengaruh pada cara tubuh kita bekerja. Ayo, coba perhatikan pola makan kamu selama ini? Sudahkah mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Sayur dan buah-buahan penting banget dikonsumsi setiap harinya. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi 5-7 porsi sayur dan buah dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Tapi emang susah sih untuk konsumsi sebanyak itu. Tapi paling tidak setiap makan itu ada sayur dalam piring kamu. Habis itu makan setidaknya  1 buah dalam sehari. 
Orang-orang yang terbiasa makan beragam jenis buah dan sayuran itu memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita diabetes, obesitas, jantung, stroke, juga beberapa jenis kanker lho. Lagi-lagi dengan menkonsumsi lebih banyak buah buahan juga merupakan salah satu program diet yang sehat. Ayo, double-double ini manfaatnya.
Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup juga enggak kalah penting untuk diterapkan dalam gaya hidup sehat. Saat kita beristirahat, tubuh dan organ-organ juga beristirahat. Sebagai orang dewasa kita butuh tidur malam sekitar 7-9 jam setiap harinya. 
Mana nih mahluk noktural yang suka begadang kaya aku? Mulai biasakan tidur lebih cepat yuk. Karena kalau kita kurang tidur yang ada nanti kita jadi lebih mudah stres, gampang lupa, susah konsentrasi, kulit kelihatan lebih tua, dan masih banyak lagi efek buruk dari kurangnya istriahat. 
Jauhi narkoba
Ini nih tips terakhir yang enggak kalah penting dari aku, jauhi narkoba. Memang suka ada banyak alasan orang untuk menggunakan narkoba, tapi apa pun itu alasannya narkoba hanya akan memberikan dampak yang buruk buat kita. Narkoba hanya akan membuat kita kecanduan, kesehatan menurun, dan berakhir di tahanan bila akhirnya tertangkap. Duh jahui aku dan teman-teman aku dari narkoba, Ya Allah….
Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika International (HANI). Hari Anti Narkoba International (HANI) dicanangkan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 26 Juni 1988. Ini merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalah gunaan dan peredaran narkotika. HANI ini juga merupakan gerakan perlawanan terhadap bahaya narkotika dan obat-obat terlarang yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia. 
Founder Sembutopia, sekaligus pakar pemasaran Indonesia, Kafi Kurnia, juga mengajak kita semua untuk mengkampanyekan pola hidup sehat, menjauhi rokok, termasuk menjauhi narkotika. Lewat media sosialnya, Sembutopia memang selalu memberikan informasi tentang gaya hidup sehat agar menjadi bagian dari gaya hidup. Tujuannya sudah pasti agar hidup kita penuh kesembuhan dengan gaya hidup yang lebih holistik dan berenergi.
Setuju enggak untuk mulai menjadikan gaya hidup sehat menjadi bagian dari gaya hidup kita? Aku sih yes banget. Makanya, jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, rajin makan buah-buahan, dan pastinya jauhi narkobat ya.

Komentar

  1. Salam hidup bersih dan sehat, salam sehat kakak

    BalasHapus
  2. kalau pakai narkoba malah menjadi petaka ya, eh gimana sih yg pernah pakai narkoba itu kesenangan semacam apa yg mereka dapat?

    BalasHapus
  3. aku kalau mengisi kekosongan kok liat film ya
    aman dan asyik lama lama ketiduran hehe

    iya mbak miris ya pemakaian narkoba ini
    terlebih di kalangan artis

    BalasHapus
  4. lingkungan hampir bisa memengaruhi, jadi pilihlah teman yang bisa membangun dan menopang kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa

Postingan Populer