Sistem Reimburse Dalam Asuransi Kesehatan

Tidak ada komentar

 

Sistem Reimburse Dalam Asuransi Kesehatan

Beberapa orang dari kita mungkin ada yang sudah memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan suatu perlindungan ataupun proteksi diri apabila di kemudian hari kita mengalami resiko kesehatan seperti sakit ataupun kecelakaan. Perlindungan diri ini yaitu berupa tanggungan dalam biaya perawatan rumah sakit serta biaya obat-obatan yang gunanya yaitu meminimalisir resiko kondisi keuangan yang sedang menurun.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita memiliki asuransi kesehatan. Selain proteksi diri dari resiko finansial, mempunyai asuransi kesehatan membantu kita dalam mengatur keuangan agar tidak habis begitu saja.

Namun dibalik manfaat, banyak juga yang berasumsi bahwa cara klaim asuransi kesehatan itu cukup rumit dan ribet. maka dari itu, sebelum berasumsi lebih auh ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa saja sebenarnya sistem pembayaran atau klaim asuransi tersebut. Dengan memahami secara detail mengenai asuransi kesehatan, diharapkan akan menjadi jalan keluar dari persepsi atau asumsi tersebut.

Secara umum, sistem pembayaran klaim asuransi kesehatan itu terdiri dari tiga cara, yaitu sistem reimbursment, sistem cashless, dan sistem santunan. Cara klaim asuransi yang bermacam-macam tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu kita harus memahami satu persatu dari sistem klaim tersebut.

Sistem Reimbursement

Sistem reimbursement merupakan sistem pembayaran yang emngharuskan kita sebagai pemegang asuransi untuk menanggung biaya dari uang pribadi terlebih dahulu. Sehingga kemudia biaya tersebut bisa ditagihkan ke pihak perusahaan asuransi kesehatan dengan lampiran pembayaran dari pihak rumah sakit.

Sistem ini memang jarang diminati atau digunakan oleh pengguna asuransi kesehatan. Hal ini dikarenaka sistem pmebayarannya yang menyulitkan kita karena harus membayar uang terlebih dahulu. Jika kita tidak memiliki uang, maka pembayaran tidak akan bisa di proses. Meskipun begitu, sebenarnya sistem reimburse ini juga memiliki banyak keuntungan.

Banyak Pilihan Rumah Sakit

Ketika pertama kali ingin mendaftarkan diri sebagai pemilik asuransi kesehatan, sebaiknya terlebih dahulu kita cek dan ricek apa yang perlu dipelajari. Salah satu yang harus diketahui yaitu pilihan rumah sakit. Apakah produk asuransi kesehatan yang ita pilih tersedia di banyak rumah sakit terdekat kita atau tidak.

Begitupun dengan sistem reimburse. Terlebih dahulu kita cari tahu apakah sistem ini bisa dipakai di rumah sakit pilihan kita atau tidak. Keuntungan dalam memilih sistem reimburse biasanya diterima di banyak rumah sakit di daerah maupun di kota besar. Hal ini dikarenakan kita terlebih dahulu membayar dengan uang pribadi dan nantinya di tanggung oleh pihak perusahaan. Sehingga sistem ini banyak tersedia di rumah sakit sekitar.

Premi Lebih Murah

Pembayaran premi tergantung pada fasilitas yang dapat kita terima. Semakin besar premi yang kita bayarkan, semakin banyak pula keuntungan atau fasilitas yang kita dapatkan ketika berobat atau perawatan rumah sakit. Dengan sistem reimburse, premi yang dibayarkan tentunya lebih ringan.

 

Setiap orang tidak ada yang menginginkan jatuh sakit. Namun sakit merupakan kondisi manusiawi yang dapat terjadi pada siapa saja. Hanya waktunya saja yang tidak bisa kita tentukan. Maka dari itu kita hanya bisa meminimalisir dengan menyiapkan segala kemungkinan atau resiko yang terjadi dengan kesehatan kita. Apalagi biaya kesehatan yang semakin hari akan semakin mahal, sehingga asuransi kesehatan hadir untuk melindungi dari segala macam resiko kerugian finansial akibat biaya rumah sakit.

Dengan mengerti akan sistem klaim atau pembayaran asuransi kesehatan, akan mempermudah proses klaim asuransi tersebut. Kita juga bisa melihat resiko yang dihadapi dari setiap jenis klaim yang ada.

 

https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/

Sebuah portal atau website informasi tentang berbagai macam produk asuransi kesehatan yang bisa kita pilih dengan bijak.

 

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa