Terapkan Tips Ini Biar Uang Bulanan Tidak Terbuang Sia-Sia!

Tidak ada komentar

Berbelanja, liburan, makanan enak atau sejenisnya memang bisa memberikan rasa senang dan kepuasaan tersendiri. Tapi, kegiatan seperti ini seharusnya perlu diterapkan dengan cara yang tepat buat mencegah pengeluaran yang membludak.


 


Seringkali kita suka khilaf dalam menggunakan uang secara berlebihan, padahal belum tentu itu semua kita butuhkan. Jika sudah begini, rasa penyesalan di akhir pasti akan menghampiri. Sadar atau tidak, kebiasan boroslah yang bakal bikin kita mengulanginya lagi dan lagi. Untuk mengatasinya, yuk simak sejumlah tips berikut biar uang bulanan tidak terbuang cuma-cuma.


 


  1. Bikin Tantangan untuk Diri Sendiri 

Banyak orang yang melakukan tantang untuk diri sendiri demi sesuatu hal, misalnya melakukan diet total. Nah, buat meminimalisir pengeluaran dompetmu, kamu juga bisa menantang diri sendiri. Misalnya, challenge diri kamu buat tidak belanja apapun selama sebulan, kecuali belanja kebutuhan. Tahan keinginan kamu untuk membeli berbagai pakaian, jalan-jalan, pergi ke restoran mahal atau lain sebagainya. Bedakan hal mana yang sungguh kamu butuhkan dan mana yang cuma diinginkan.


  1. Cobalah  Menabung

Cobalah bikin satu motivasi supaya kamu berhasil menjalankan kebiasaan menabung. Contohnya, kamu sedang menginginkan satu barang yang bermerek dan harganya sangat mahal, tapi jangan minta uang dari orang tua buat membelinya. Kamu dapat menjadikan ini sebagai motivasi buat menabung supaya nantinya uang milikmu bisa terkumpul. Dibeli atau tidak, itu masalah belakangan, sebab setelah uang kamu terkumpul banyak biasanya keinginan kamu pasti bakal berubah. Asalkan untuk menabung harus ada motivasi agar bisa berjalan dengan sukses.


3. Hindari Keinginan Belanja yang Berlebihan
Saat mendapatkan banyak uang, rasa keinginan untuk berbelanja banyak barang terkadang tidak terbendung lagi. Keinginan belanja yang berlebihan bukan cuma secara offline saja, namun juga belanja online. Tapi setelah tersadar, keuangan kamu ternyata sudah mulai menipis sebelum waktunya. Jika sudah begini, mau seberapapun gajimu pasti bakal terasa gak cukup. Oleh sebab itu, ada baiknya dahulukan kebutuhan prioritas, misalnya membayar berbagai macam tagihan setiap bulan seperti pembelian pulsa, kredit kendaraan hingga bayar tagihan listrik. Untuk cek tagihan pln, kini kamu bisa melakukannya secara online hanya lewat smartphone, lho. Tentunya akan lebih mudah untuk mengecek tagihan listrik agar bisa menyiapkan budget buat bayar listrik. Pisahkan budget pengeluaran wajib ini dan sisanya dapat dipakai buat memenuhi keinginan belanja tersebut.


4.
    Belanja Di Supermarket Besar dan Juga Lengkap


Kalau sudah menyiapkan list belanja kebutuhan, pilihlah supermarket yang menyediakan barang lengkap agar kamu gak perlu-perlu berpindah tempat buat membeli barang yang gak ada. Ini akan membantu menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi dan juga menghemat waktu belanja kamu. 


5.    Pilih Produk dengan Kemasan Besar

Mungkin saat belanja kebutuhan seperti perlengkapan mandi yang eceran terasa lebih murah dan ringan. Tapi sebenarnya, itu malah bikin kamu lebih boros. Pasalnya produk dalam kemasan bakal cepat habis dipakai. Sehingga kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya. So, sebaiknya beli produk dengan kemasan besar. Selain karena ukurannya yang besar dan bisa digunakan dalam waktu yang lama, harganya juga gak terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk kemasan mini.


6.    Terus Berusaha dan Tekadkan Komitmen

Mengubah pribadi menjadi lebih baik baik memang bukan hal yang gampang. Butuh niat, usaha dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Misalnya, menjadi pribadi yang lebih bisa menghargai uang. Cobalah berkomitmen dengan motivasi kamu dalam menghargai uang dan berhemat, sebab saat kamu telah merasakan sulitnya mendapatkan uang, kamu pasti bakal lebih waspada lagi dalam memakai uang.


Semoga tipsnya bermanfaat!

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa