9 Hal yang Dilakukan untuk Mengatasi Sakit Leher karena Salah Bantal

2 komentar

 

9 Hal yang Dilakukan untuk Mengatasi Sakit Leher karena Salah Bantal

Malam malam ku sendiri…. Overthinking kumat lagi…

Sudah beberapa minggu ini penyakit lamaku kembali lagi, penyakit enggak bisa tidur di jam normal. Padahal seharian beraktifitas dan mikir yang pasti capek banget, rasanya pengen sekali nempel bantal aku langsung tidur. Tapi beberapa minggu kemarin, susah banget rasanya mau tidur tuh, sekalinya merem malah kebayang hal-hal yang enggak mau dipikirkan, mengganggu waktu tidur banget, dan kalo udah kaya gitu kan besokannya rasanya capek banget.

Aku mau cerita nih, kemarin saat sudah suntuk di rumah aja, aku iseng memesan hotel dari aplikasi untuk staycation. Hotel yang kupilih Bersama temanku letaknya di tengah kota. Setelah selesai beraktifitas aku dan temanku tertidur, entah malem itu kami bermimpi apa, tapi pagi-pagi leherku pegal sekali, aku takut ada benjolan di leher atau hal-hal yang parah lainnya.

Usut punya usut, ternyata aku mengalami salah bantal saat tidur, jadi ketika aku salah bantal, maka posisi aku tidur menjadi tidak nyaman, dan kalau sudah begini leher bisa kaku dan sakit. Kadang juga bisa sampai sakit kepala. Sebel banget kan ya?

Rasa sakit dan kaku yang aku rasakan pada leher bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya salah bantal. Kondisi ini membuat leher kaku dan menjadi susah digerakkan. Beraktifitas pun menjadi tak nyaman, bagaimana cara mengatasi salah bantal?

Cara Mengatasi Salah Bantal yang Ampuh Hilangkan Sakit Leher

Aku kapok banget deh kalo mengalami salah bantal, biasanya aku akan mengganti posisi tidur. Salah satu posisi tidur yang tidak dianjurkan adalah telungkup. Posisi tidur ini memaksa leher merasakan ketegangan hingga pagi hari. Jadi wajar jika tidur dalam posisi telungkup bisa membuat leher menjadi sakit dan kaku keesokan paginya. Cara yang baik adalah :

1.       Mengompres Leher

Ada du acara mengatasi salah bantal menggunakan kompres. Bisa dengan es batu atau air hangat. Mengompres leher dipercaya ampuh mengatasi salah bantal. Jika ingin mengompres dengan es batu caranya adalah bungkuslah beberapa butir es batu dengan kain bersih, dan kompreskan di bagian leher yang sakit atau kaku. Jika memilih kompres dengan air hangat maka tempelkan kain bersih tadi ke bagian leher yang sakit dan kompres selama 20 menit hingga sakit leher mereda.

2.       Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat antiinflamasi bisa menjadi pilihan, namun yang harus diingat dalam mengonsumsi obat ada baiknya setelah berkonsultasi ke dokter.

3.       Meregangkan Badan (stretching)

Tetaplah bergerak, dan tetap melakukan peregangan badan karena salah bantal dapat diatasi dengan aktif bergerak. Menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan menjadi salah satu gerakan fisik yang dianjurkan. Pastikan kita sudah melakukan kompres atau mandi air hangat sebelum meregangkan badan.

4.       Menggunakan Penyangga Leher

Ketika salah bantal terjadi, membuat beberapa bagian otot dan jaringan di leher perlu istirahat. Maka, terkadang penderita salah bantal akan direkomendasikan untuk menggunakan penyangga leher dalam waktu yang singkat agar otot leher bisa kendur.

5.       Menghilangkan Stress dari Pikiran

Siapa yang suka overthinking? Sayaaa!! Ternyata stress tidak hanya membebani pikiran tetapi juga leher. Karena stress bisa menyebabkan tegangnya otot-otot leher. Menghilangka stress bisa dengan berbagai cara seperti mendengarkan music, meditasi, istirahat dari rutinitas yang membuat stress dan melakukan hal yang disukai.

6

1.      Berolahraga Secara Teratur

Aktif bergerak dan berolahraga secara teratur dapat menjadi cara mengatasi salah bantal yang efektif karena berolahraga secara teratur bisa memperkuat otot leher sehingga terhindar dari salah bantal. Berolahraga juga mampu memperbaiki atau meningkatkan postur tubuh, agar leher kaku bisa dihindari.

2.       Memperbaiki Posisi Tidur

Posisi tidur kurang pas juga bisa menjadi penyebab salah bantal. Jika bisa tidur di Kasur dengan permukaan yang rata, menggunakan bantal leher, tidur dengan posisi telentang atau miring, mengenakan pelindung mulut jika sering menggesek gigi tanpa disadari.

3.       Memijat Leher

Pijat memang bisa membuat tubuh menjadi relaks, dan menjadi salah satu cara mengendurkan otot-otot badan yang tegang, tetapi memijat daerah leher sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang ahli, karena salah pijat bisa menimbulkan penyakit lainnya.

4.       Menghindari Kegiatan Berat

Hindari atau kurangi dulu hal2 yang memiliki kegiatan berat, jika berolah raga baiknya hal-hal yang ringan saja dulu, jika langsung berolahraga berat takutnya membuat rasa nyeri dan kaku di leher semakin parah.

 

Kebanyakan orang menganggap remeh jika mengalami kondisi salah bantal, padahal kita semua tahu jika kita tidak akan bisa beraktifitas dengan nyaman jika mengalaminya. Jika kita mengalami sakit leher dalam waktu yang lama, segeralah datang ke dokter dan kita bisa konsultasi dulu lewat aplikasi halodoc. Aplikasi halodoc sangat memudahkan penggunanya sepertiku untuk segera mendapatkan akses kesehatan karena kita bisa langsung konsultasi lewat online, juga membeli obat secara online dan daftar berobat ke dokter di rumah sakit secara mudah.

 

Jadi, kamu mimpi apa semalam?

2 komentar

  1. wah aku hampir sebulan sekali pasti salah bantal dan pas bangun jadinya pusing :(

    BalasHapus
  2. banyak minum air putih juga mesti dilakukan kak. Selain itu, mengurangi interaksi gadget di malam hari juga bisa membuat tidur lebih nyaman dan sesuai jam istirahat.

    Sering tidur larut malam juga tidak baik untuk kesehatan.

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa