3 Aksi Sederhana Mitgasi Perubahan Iklim yang Bisa dilakukan #MudaMudiBumi

3 komentar


Cuaca belakangan ini terasa panas banget enggak sih? Semarang tuh rasanya panas poool. Tapi sempat turun hujan deras. Cuma enggak yang terus menerus. Pokoknya cuaca serba tak menentu deh. Harusnya memang sudah mulai masuk musim hujan ya kalau bulan-bulan yang berakhiran “-ber”. Tapi nyatanya sepertinya masih belum.

Kondisi cuaca yang serba tak menentu ini kemungkinan besar akibat pemanasan global. Buat yang mungkin masih belum mengerti apa itu pemasanan global, ini tuh fenomena perubahan iklim yang  ditandai dengan peningkatan suhu rata-rata di bumi. Iya, bumi rasanya jadi panas. Tapi dampaknya enggak berhenti di sini aja. Dan justru malah bahaya.

Waktu masih sekolah, sering banget aku dijelasin soal pemasanan global ini. Diingatkan kalau sebagai generasi penerus bangsa, aku dan teman-teman harus bisa menjaga kelestarian bumi. Jujur waktu itu ya kayak cuma angin lalu aja rasanya. Apalagi selalu yang dikasih contoh saat itu adalah es di sekitar Antartika pelan-pelan mencair, nanti jadi bisa tenggelam. Tapi aku mikirnya, ah itu kan jauh lokasihnya.

Penyebab Perubahan Iklim yang Kian Tak Menentu

Padahal akhirnya aku mulai merasakan juga dampak dari pemanasan global yang tengah terjadi. Ya perubahan cuaca yang jadi enggak menentu seperti sekarang ini. Dan ini tuh belum seberapa dibanding kalau terus menerus dibiarkan terjadi. Duh, kok jadi ngeri ya.

Sebagai #MudaMudiBumi pastinya aku enggak mau membiarkan perubahan iklim ini terus terjadi. Tapi sebelum aku mencari cara sederhana apa yang bisa aku lakukan untuk mencegah perubahan iklim ini terus terjadi, aku harus mencari tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan  perubahan iklim ini, biar nanti bisa kita bisa cegah bersama.

Berdasarkan hasil pencarian aku, ini nih beberapa hal yang menyebabkan perubahan iklim:

·         Polusi udara karena bahan bakar

·         Efek rumah kaca

·         Penggunaan freon yang berlebihan

·         Penggundulan hutan

·         Penggunaan listrik yang berlebihan

·         Kerusakan hutan

·         Sampah plastik

3 Aksi Sederhana Mitgasi Perubahan Iklim yang Bisa dilakukan #MudaMudiBumi

Karena sekarang sudah tahu apa saja yang menyebabkan perubahan iklim, it’s #TimeforActionIndonesia. Saatnya aku memulai kebiasaan-kebiasaan baru untuk menjaga bumi. #UntukmuBumiku ini dia beberapa aksi sederhana yang insya Allah bermanfaat untuk kelangsungan bumi ini. Enggak perlu aksi muluk-muluk, cukup dimulai dari langkah kecil sederhana yang penting berkelanjutan. Nah ini dia beberapa hal yang akan aku lakukan untuk mencegah perubahan iklim agar tidak terus terjadi.

Mengurangi penggunaan plastik

Sekitar 3 tahun terakhir ini, pelan-pelan aku mulai belajar untuk mengurangi pengunaan plastik. Tujuannya biar sampah plastik enggak terus bertambah banyak. Caranya dengan selalu membawa kantong untuk belanja serta membawa sedotan sendiri yang reuseabble. Praktis dan enggak bikin repot kok. Ini salah satu bentuk kecil aku dalam membantu agar bumi bisa sehat kembali.

Hemat dalam menggunakan air dan listrik

Ayo, siapa yang masih suka membiarkan charger handphone-nya tetap tercolok meski sedang tidak digunakan? Yuk, segera hentikan kebiasaan ini. Karena kebiasan ini termasuk salah satu pemborosan listrik juga lho. Begitu juga dengan lampu, biasakan matikan bila sedang tidak dibutuhkan. Ini hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk kebaikan bumi. Selain menghemat listrik, kita juga harus bisa menghemat air. Kira-kira yang jarang mandi itu bentuk penghematkan air juga enggak ya? Hehe…

Menggunakan transportasi umum

Terus terang untuk yang satu ini aku masih dalam tahap pembiasaan. Enggak mudah ternyata mengubah kebiasaan naik kendaraan sendiri jadi naik transportasi umum. Padahal sekarang ini transportasi umum di Semarang juga sudah nyaman dan banyak. Cuma akunya suka masih males harus jalan kaki menuju halte terdekat. Padahal ini sambil olahraga ya.

Mumpung sebentar lagi Hari Sumpah Pemuda, lewat tulisan ini aku mau mengucapkan sebuah janji bagi diri sendiri ah: “Saya bersumpah akan lebih sering menggunakan transportasi umum daripada kendaraan sendiri agar mengurangi polusi, baik di dalam kota, maupun saat traveling.”

Nah itu dia, 3 cara sederhana yang aku lakukan agar bumi bisa terjaga. Enggak sulit kan melakukannya? Cuma butuh pembiasaan aja. Yuk, kita jaga bumi sama-sama. Jangan biarkan bumi semakin rusak. Kita sendiri yang akan rugi nantinya.

 

 

 

3 komentar

  1. Iyaa panas banget akhir-akhir ini semoga kesadaran masyarakat akan mitigasi lingkungan lebih meningkat ya

    BalasHapus
  2. sama kayak di jember berarti er, panas, gerah pol
    sekarang aku udah hampir ga pernah pake angkot kalau di dalam kota, mungkin kalau pas keluar kota masih sering pakek kereta api

    dan diusahakan bawa kantong belanjaan sendiri, atau kalau belanajanya nggak banyak, ya tinggal dimasukin ke tas. untung tas sehari hariku gede

    BalasHapus
  3. The retailer also options varied collections in addition Kids Craft Scissors to the widespread classes on other web sites. 3D printer models on the website site} largely encompass figurines, scale models or similarly decorative fandom objects. Free3D doesn't natively present help for STL recordsdata, however the main web page options an OBJ filtered search button.

    BalasHapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa