Membuka Rekening Bank untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Tidak ada komentar

 


Setiap orang tua pasti menginginkan anak hidup bahagia, terlebih menyangkut pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, menggunakan rekening bank untuk menabung dana pendidikan anak sejak dini menjadi hal wajib.

Mengingat, di era digital sekarang ini buka rekening bank dapat membantu Anda mengelola keuangan. Tidak hanya untuk keperluan pendidikan si kecil, tetapi juga mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan setiap bulannya.

Seorang anak yang memiliki pendidikan tinggi akan menjadi aset investasi dan bekal berharga untuk masa depan mendatang. Namun, biaya pendidikan sekarang tidaklah murah, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Sebelum melanjutkan ke cara membuka rekening bank dan tips bagaimana menyiapkan dana pendidikan. Ada baiknya Anda mengetahui apa itu dana pendidikan. 

Apa itu Dana Pendidikan

Di dunia tabungan terdapat berbagai jenis-jenis tabungan, seperti tabungan investasi, tabungan haji dan Umroh, tabungan rekreasi, dan tabungan pendidikan. Memiliki tabungan dana pendidikan bagi anak sangatlah penting, bahkan perlu diprioritaskan.

Dana pendidikan adalah jenis tabungan yang direncanakan khusus untuk keperluan pendidikan. Jenis tabungan ini bersifat jangka panjang atau untuk kebutuhan di masa mendatang. Berbagai keperluan pendidikan, seperti membayar buku, membayar iuran sekolah, dan lainnya akan terpenuhi dengan baik dengan menyiapkan tabungan pendidikan.

Namun untuk memastikan tabungan pendidikan tidak terpakai secara sembarangan, Anda perlu membuat perhitungan dalam mengelolanya. Mengingat biaya pendidikan yang semakin naik, perlu dilakukan manajemen dana pendidikan dalam kurun waktu tertentu.

Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak



Biaya pendidikan membuat banyak orang harus terhambat melanjutkan pendidikan. Namun apabila Anda menyiapkan keuangan dengan baik dari jauh hari, maka kendala tersebut bisa diatasi. Setiap orang sebaiknya memiliki perilaku keuangan yang baik agar dapat menyisihkan tabungan untuk dana pendidikan anak. 

Perencanaan keuangan yang baik perlu Anda lakukan untuk menabung dana pendidikan. Sebab tanpa adanya perencanaan keuangan, pengeluaran Anda bisa tidak terkontrol. Lantas bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan anak? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Buka Rekening Tabungan

Dengan memiliki rekening bank, memungkinkan Anda melakukan pengelolaan keuangan jangka panjang secara lebih praktis. Maka dari itu, pilihlah bank atau lembaga yang memberikan banyak keuntungan, seperti suku bunga yang tinggi, setoran bulanan yang tidak memberatkan, termasuk gratis biaya admin bulanan.

  1. Asuransi Pendidikan 

Memiliki asuransi pendidikan anak adalah cara membantu Anda memberikan jaminan masa depan pendidikan anak yang lebih tinggi. Produk asuransi ini dihadirkan khusus untuk memberikan jaminan masa depan pendidikan anak, mulai dari SD hingga jenjang universitas.

Tidak hanya uang iuran bulanan, asuransi pendidikan akan membantu dalam hal biaya kebutuhan seperti membeli buku, seragam, alat tulis serta kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.

  1. Menyiapkan Deposito 

Cara selanjutnya yang paling mudah untuk menyiapkan dana pendidikan adalah dengan menyimpan uang dalam bentuk deposito. Jadi ketika membutuhkan dana untuk keperluan pendidikan, Anda bisa langsung mencairkannya misalkan untuk biaya masuk sekolah yang cukup besar. Hal ini mirip dengan menabung dengan instrumen reksa dana atau investasi.

  1. Evaluasi Pengeluaran Bulanan

Selanjutnya Anda perlu melakukan evaluasi terhadap pemasukan dan pengeluaran bulanan. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah menentukan apa saja hal-hal yang perlu dikurangi atau ditambah. Seperti menemukan pembelian barang-barang yang kurang penting misalnya.

  1. Menghitung Dana Pendidikan Anak

Menghitung biaya yang harus dipersiapkan untuk pendidikan anak adalah hal penting yang harus dilakukan orang tua. Penghitungan bisa dimulai dengan melakukan riset terlebih dahulu. Orang tua perlu mencari informasi mengenai sekolah dan biaya-biayanya, mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, hingga perguruan tinggi. 

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan orang tua ketika menghitung dana pendidikan anak. Berikut sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan.

  • Menentukan sekolah: orang tua bisa menentukan anaknya akan dimasukkan ke sekolah negeri, swasta, internasional, atau boarding school. Biasanya sekolah negeri memberlakukan biaya pendidikan yang lebih dibandingkan jenis sekolah lainnya. Orang tua bisa memilih tujuan sekolah anak sesuai kemampuan keuangannya. 

  • Survei biaya sekolah: orang tua perlu melakukan riset atau survei terkait biaya sekolah yang akan dimasuki oleh anak. Catatlah setiap biaya sekolah meliputi biaya SPP, biaya pendidikan bulanan, dan biaya lainnya. Lakukan perbandingan beban biaya dari tiap sekolah.

Rekening Online PermataME

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menabung untuk dana pendidikan di rekening bank bisa membantu Anda dalam mewujudkan pendidikan yang bagus untuk anak. Salah satu rekening online yang sangat recommended untuk dimiliki oleh orang tua adalah PermataME. Tabungan online dari PermataBank ini akan memudahkan orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan anak. 

Anda bisa membuka rekening online PermataME tanpa harus pergi ke bank. Proses pembuatan rekening dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X. Aplikasi keuangan digital ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. 

PermataME akan menunjang pengelolaan keuangan Anda secara profesional, dalam hal layanan dan keamanan. Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa batas di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa batas dan syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Cara membuka tabungan PermataME dan syaratnya cukup mudah, silakan baca lebih lengkap di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame


Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa