5 Tips Bisnis Ekspor Kopi Luwak dengan Pinjaman Bank

Tidak ada komentar

 


Kopi luwak merupakan kopi khas dari Indonesia yang terkenal di mancanegara. Harga jualnya di pasaran sangat tinggi. Karena itulah bisnis ekspor kopi luwak amat menjanjikan. Anda dapat mengembangkan bisnis kopi luwak lebih besar menggunakan pinjaman bank

Karena untuk mengembangkan bisnis ekspor kopi luwak, pengusaha kopi membutuhkan modal tambahan usaha yang cukup besar. Selain itu, proses pengolahan varian kopi yang satu ini juga terbilang cukup rumit, dibanding jenis kopi yang lain.

Namun dibalik proses pembuatannya yang panjang, keuntungan dari kopi luwak juga besar. Banyak negara importir yang tertarik dengan kopi luwak asal Indonesia.

Peluang Bisnis Ekspor Kopi Luwak 

Indonesia merupakan negara terbesar keempat sebagai produsen kopi dunia. Berada di bawah Brazil, Kolombia, dan Vietnam. Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kopinya sendiri dengan cita rasa berbeda. Nama-nama varian kopi dari Indonesia juga mulai tersohor di luar negeri

Namun belum ada yang mengalahkan ketenaran kopi luwak. Kopi ini dinilai istimewa karena untuk mendapatkan biji kopi berkualitas harus melalui saluran pencernaan luwak. Kopi ini juga dinilai memiliki banyak khasiat dan rendah kadar kafein. Tak heran jika kopi luwak menjadi jenis kopi termahal di dunia. 

Peluang bisni kopi luwak masih terbuka lebar. Jumlah negara tujuan ekspor kopi luwak juga cukup banyak. Di antaranya ada, Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Taiwan, Kanada Amerika Serikat, Korea Selatan, Belanda, dan Jerman. 

Dengan mengekspor kopi luwak, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Meningkatkan daya saing bisnis secara global dan tidak terpaku pada penjualan di pasar domestik.

Bila Anda membutuhkan modal usaha untuk memperbesar bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman bunga rendah. Dengan tenor cicilan yang cukup panjang

5 Tips Mengembangkan Bisnis Ekspor Kopi Luwak

Pasar bisnis kopi di dalam negeri semakin besar. Namun jika ingin melirik pasar yang lebih luas, Anda bisa menjual kopi ke luar negeri. Apalagi jika jenis kopi yang diproduksi adalah kopi luwak, yang harga jualnya bisa fantastis. 

Mengembangkan bisnis ekspor kopi luwak membutuhkan proses persiapan yang panjang. Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pemeliharaan Luwak dengan Tepat 

Bagi Anda yang memproduksi kopi luwak sendiri atau membeli suplai biji kopinya dari petani, pastikan tidak unsur eksploitasi pada luwak. Sebagai hewan yang menjadi kopi bernilai tinggi, luwak harus terpelihara dengan baik. 

Pastikan kondisi kesehatan dan kebersihan kendang luwak diperhatikan. Tercukupi kebutuhan makanannya, bukan hanya mengkonsumsi buah kopi. Dengan begitu biji kopi yang dihasilkan akan lebih berkualitas.  

  • Memanfaatkan Penggunaan Teknologi

Supaya bisa memenuhi permintaan pasar internasional, jumlah produksi harus ditingkatkan. Selain memperhatikan kesehatan luwak Anda juga perlu melengkapi tempat usaha luwak kopi dengan teknologi terbaru. 


Seperti menggunakan mesin roasting kopi dan mesin grinder dengan kapasitas besar. Kemudian mesin packing otomatis, serta aplikasi manajemen inventory untuk memudahkan penyimpanan. 

Selain membuat bisnis berjalan lebih efisien, pemanfaatan teknologi juga bisa menekan biaya produksi. Anda bisa membeli peralatan  produksi kopi dan teknologi terbaru untuk kebutuhan  bisnis dengan dana pinjaman bank. Temukan produk kredit yang menawarkan bunga rendah.


  • Melakukan Promosi

Setelah proses produksi kopi berjalan dengan efektif, maka langkah selanjutnya yaitu merencanakan promosi. Supaya bisa menjangkau konsumen di luar negeri, Anda perlu membentuk tim khusus untuk melakukan berbagai upaya promosi. 

Mulai dari memasang iklan, membuat website profesional, dan mengaktifkan media sosial. Di samping menjangkau target audience, Anda juga bisa mengikuti acara-acara pameran di luar negeri. Hal ini menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan calon konsumen baru. 

  • Mempersiapkan Dokumen Ekspor

Ketika Anda mulai mendapatkan pesanan dari mancanegara, maka persiapkan produk sebaik mungkin. Namun supaya produk Anda bisa diekspor ke luar negeri, ikuti tahapan yang harus dijalani. Termasuk dokumen ekspor, seperti shipping instruction dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), yang dibutuhkan sebelum ekspor.

Kemudian saat proses ekspor dilakukan, Anda perlu menyiapkan dokumen seperti invoice dan packing list yang dibuat eksportir. Kemudian dokumen bill of lading yang dibuat perusahaan shipping. Certificate of origin yang dikeluarkan Dinas Perdagangan dan Industri. Serta dokumen tambahan lainnya yang dibutuhkan. 

  • Memanfaatkan Fasilitas dari Pemerintah

Supaya Anda tidak merasa bingung saat mengembangkan bisnis ekspor, manfaatkan fasilitas yang sudah disediakan pemerintah. Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RI menyediakan informasi yang Anda butuhkan di website mereka djpen.kemendag.go.id.

Kembangkan Bisnis Ekspor Kopi Luwak dengan KTA

Kopi luwak memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Menawarkannya ke pasar internasional akan sangat menguntungkan. Namun menjalankan bisnis kopi luwak untuk menghasilkan biji kopi berkualitas membutuhkan modal tambahan. 

Anda dapat mengajukan pinjaman bank dengan bunga rendah di DBS KTA. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti:

  • Pinjaman modal usaha hingga Rp300 juta

  • Tenor cicilan sampai 36 bulan

  • Bunga rendah dan flat mulai dari 0,88% per bulannya

  • Tidak perlu mempersiapkan dokumen fisik

  • Approval pinjaman dalam waktu  3-5 hari kerja 

Persyaratan pengajuan pinjaman juga mudah.  Anda hanya perlu mempersiapkan e-KTP dan NPWP. Kemudian pastikan domisili Anda di Jabodetabek, memiliki penghasilan Rp5 juta/ bulan. Serta menggunakan kartu kredit dari bank lain dengan minimal limit Rp10 juta. 

Dapatkan pinjaman bank dengan bunga rendah di DBS KTA untuk mengembangkan bisnis ekspor kopi luwak Anda. Cara pengajuan pinjaman selengkapnya bisa Anda lihat di sini. Kembangkan bisnis kopi luwak Anda bersama DBS KTA sekarang juga.



Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa