Cara Merawat Kamera CCTV di Area Perkantoran

Tidak ada komentar





Kamera CCTV kini telah menjadi alat yang sangat dibutuhkan dalam suatu tempat seperti kantor, rumah tinggal, pusat perbelanjaan, dan bahkan area outdoor seperti area parkir atau lingkungan perumahan. 


Alat ini tidak hanya dibutuhkan untuk keamanan dan upaya pencegahan tindak kejahatan saja,  namun juga bisa berfungsi lain, sebagai pengawasan atau pelayanan. Terlebih lagi di area perkantoran, keberadaan CCTV sudah menjadi kebutuhan utama yang wajib tersedia.


CCTV digunakan dalam jangka waktu yang panjang untuk memberikan hasil kerja yang maksimal. Maka seperti halnya perangkat elektronik lain, CCTV pun harus dirawat dalam pemakaian sehari-hari. 


Tindakan ini merupakan upaya pencegahan agar kamera pengawas tersebut berfungsi dengan baik dan tidak mudah rusak Jika terjadi gangguan pada perangkat CCTV, maka pengawasan gedung, rumah tinggal, dan lingkungan tidak akan maksimal lagi.

Cara Merawat Kamera CCTV



Pengawasan keamanan khususnya di lingkungan perkantoran tidak berhenti dengan hanya membeli dan mengetahui cara pasang CCTV saja. 


Harus dilakukan perawatan agar CCTV bisa bertahan dalam penggunaan jangka panjang. Perawatan berkala juga ditujukan agar CCTV bisa bekerja secara optimal tanpa ada gangguan yang berarti. Pasalnya, jika terjadi kerusakan maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak lagi untuk perbaikan dan sistem pengamanan area perkantoran pun mengalami kendala.


Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan berkala dalam perawatan CCTV sehari-hari.

  1. Jaga Kebersihan Kamera

Pada perawatan sehari-hari, hal paling penting dan mudah dilakukan adalah menjaga kebersihan kamera CCTV. Anda bisa membersihkan bagian lensa kamera, housing, monitor, NVR, dan semua yang terhubung dengan perangkat kamera pengawas tersebut. 

Jika alat keamanan ini jarang dibersihkan, maka kotoran dan debu agan mengganggu kinerja CCTV. gambar hasil rekaman menjadi buram dan bukan tidak mungkin kotoran masuk ke bagian dalam kamera dan merusak sistem.

Pada CCTV jenis outdoor, hujan dan suhu yang dingin bisa mempengaruhi kamera. CCTV bisa berembun dan mudah rusak. Anda bisa menggunakan silica gel untuk mencegah terjadinya kerusakan di bagian dalam kamera.

  1. Periksa Pengaturan Rekaman

Kamera merupakan bagian paling penting bagi keseluruhan sistem kerja perangkat CCTV itu sendiri. 

Setelah CCTV terpasang, Anda wajib melakukan pemeriksaan terjadwal pengaturan rekaman, apakah masih mengambil sudut pandang yang Anda inginkan atau sudah bergeser.

Mode rekaman harus diatur pada kualitas optimal untuk menghasilkan gambar yang baik. Periksa dan atur ulang jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman yang diinginkan, serta pengaturan lainnya yang bisa Anda optimalkan sesuai kebutuhan.

  1. Perhatikan Seluruh Komponen CCTV

Buatlah jadwal pemeriksaan berkala untuk memperhatikan kondisi seluruh komponen CCTV. Anda bisa mulai memeriksa kamera dengan kabel NVR, perhatikan koneksinya dan jangan biarkan ada bagian yang tidak terhubung dengan benar. 

Posisi kamera CCTV juga harus stabil, tidak bergeser atau tidak tepat sasaran, agar bisa menjangkau seluruh area pengawasan. 

Periksalah bagian bracket dan pengaitnya, apakah menyangga CCTV dengan baik atau tidak. Atau jika CCTV Anda menggunakan rotator, periksa secara berkala apakah rotator masih pada posisi yang seharusnya atau tidak.

  1. Perhatikan Keakuratannya

Setelah Anda melakukan cara pasang CCTV dengan benar, maka Anda tetap harus memperhatikan keakuratannya. 

Periksa ulang keakuratan jam dan waktu, indikator, pengendali telemetri, serta bagian lainnya. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi NVR dan seluruh bagian CCTV dalam keadaan baik atau rusak.

  1. Backup Semua Rekaman

Hasil rekaman CCTV bersifat rahasia dan penting, untuk itu Anda perlu melakukan backup hasil rekaman. 

Lakukan pencadangan hasil rekaman yang menurut Anda masih diperlukan dan buang yang sudah tidak terpakai. Tujuannya agar kapasitas kamera tidak cepat penuh dan jika suatu saat terjadi kerusakan pada perangkat, Anda masih memiliki cadangan rekaman. 

Khususnya untuk perkantoran atau bangunan pelayanan publik seperti bank dan rumah sakit, cadangan hasil rekaman sangat penting. Anda bisa melakukan pemindahan data secara rutin dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama agar backup data semakin lengkap dan tersimpan aman.

  1. Pasang Perangkat Tambahan

Jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, maka kamera CCTV akan kehilangan daya untuk tetap bekerja melakukan pengawasan lingkungan. 

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda bisa melengkapi CCTV dengan perangkat tambahan sebagai power cadangan berupa UPS agar NVR bisa dimatikan secara manual. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan update firmware NVR dari developer yang sesuai dengan merek dan spesifikasi CCTV yang digunakan di area perkantoran Anda.


Hikvision ColorVu Kamera CCTV Terbaik Area Perkantoran

Penggunaan kamera CCTV pada area perkantoran sudah tidak asing lagi. Telah banyak rekomendasi CCTV yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah Hikvision ColorVu, CCTV dengan teknologi  terbaik untuk area perkantoran.


Teknologi yang digunakan pada Hikvision ColorVu  tidak perlu diragukan lagi. Banyak keunggulan yang menjadikan produk ini dipercaya banyak penggunanya. Terutama untuk area perkantoran, keunggulan yang ada pada produk ini bisa Anda manfaatkan untuk pengawasan keamanan secara optimal, seperti berikut ini.

  • Hasil rekaman dalam warna terang dan tajam

  • Kualitas zoom terbaik

  • Resolusi kamera hingga 4K

  • Menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang canggih

Untuk dapat menggunakan kamera CCTV dalam jangka waktu yang lama, Anda wajib melakukan perawatan secara berkala agar kinerjanya optimal. 

Hikvision ColorVu merupakan CCTV terbaik yang bisa Anda manfaatkan sebagai kamera pengawas di area perkantoran. Segera optimalkan sistem keamanan area perkantoran Anda, dapatkan informasi selengkapnya di sini.




Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa