Masa Pensiun Bahagia dan Berkelas dengan Obligasi

Tidak ada komentar

 


Obligasi merupakan instrumen investasi yang paling diminati oleh banyak investor. Pasalnya, instrumen investasi tersebut ditujukan untuk kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang, sehingga bisa digunakan sebagai dana pensiun. Setiap orang pasti memimpikan masa pensiun yang menyenangkan, mandiri, dan tidak membebani anak cucu terkait masalah keuangan. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai merencanakan masa pensiun yang bahagia dan berkelas melalui investasi sejak dini. 


Pengertian obligasi adalah investasi jenis surat utang dengan imbalan berupa kupon yang bisa dicairkan pada waktu tertentu. Pokok utang atau dana investasi awal juga dikembalikan oleh pihak penerbit obligasi pada investor yang membeli surat utang tersebut. Perolehan pendapatan tetap, pertumbuhan nilai investasi yang stabil, serta faktor risiko juga cenderung stabil, maka tidak heran jika banyak investor memilih instrumen investasi ini. 


Tips Merencanakan Masa Pensiun Bahagia

Tubuh manusia tidak selamanya mampu melakukan kerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi saat Anda telah masuk usia lanjut, kebutuhan hidup terus ada, bahkan mungkin bertambah, tapi pemasukan menurun karena tidak mampu lagi bekerja seperti saat muda. Untuk itu, merencanakan keuangan agar masa pensiun mandiri finansial sangat penting dilakukan sejak Anda mulai bekerja. Anda bisa mulai menabung dengan cara investasi obligasi jangka panjang yang menguntungkan untuk masa pensiun Anda. 

Yuk, simak tips merencanakan masa pensiun bahagia dan berkelas yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

1. Buka Tabungan Dana Pensiun

Mulailah merencanakan tabungan dana pensiun dari sekarang. Anda bisa membuka tabungan khusus untuk menyimpan sejumlah dana yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan di masa pensiun nanti. Sisihkan 10% - 20% dari penghasilan Anda saat ini untuk ditabung pada rekening dana pensiun. Konsisten dan tertib menabung adalah kunci penting terwujudnya masa pensiun bahagia dan berkelas.

2. Mulai Berinvestasi

Investasi merupakan salah satu pintu menuju masa pensiun bahagia dan berkelas dengan kemandirian finansial. Anda tidak perlu membebani anak cucu untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Investasi jangka panjang bisa Anda pilih sebagai tabungan dana pensiun. Anda bisa mulai mempelajari pengertian obligasi untuk mendapat informasi yang benar dan detail terkait instrumen investasi tersebut. Investasi surat utang merupakan pilihan terbaik dengan pendapatan tetap yang bisa Anda peroleh pada periode tertentu. Anda bisa mengatur jangka waktu investasi dan menyesuaikannya dengan masa pensiun yang Anda inginkan.

3. Memiliki Asuransi Kesehatan

Tidak ada orang yang menginginkan sakit, tapi penyakit bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Lindungi tabungan dana pensiun Anda dengan memiliki asuransi kesehatan. Bukan hal yang aneh jika di masa tua orang rentan terkena penyakit. Kondisi tubuh yang semakin melemah dan fisik yang terus diforsir bekerja keras sepanjang usia muda, menyebabkan penyakit mudah menghampiri. Biaya dokter dan obat-obatan semakin mahal bisa terbantu dengan premi asuransi kesehatan yang Anda bayarkan saat ini. Banyak produk investasi seperti obligasi yang dikombinasikan dengan asuransi. Anda bisa memilih jenis tersebut agar mendapatkan manfaat dan keuntungan yang maksimal.

4. Tambah Pemasukan

Saat ini Anda berada di masa produktif dengan beragam kebutuhan yang harus disiapkan. Mulai dari dana rumah tangga, dana pendidikan anak, hingga dana pensiun, dan lain sebagainya. Supaya semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan maksimal, tidak ada salahnya Anda mulai memanfaatkan waktu luang dengan menambah pemasukan dengan mencari pekerjaan tambahan. Pilihlah side hustle atau side job yang tidak mengganggu jadwal pekerjaan utama Anda. Di era digital seperti sekarang ini, tersedia banyak pekerjaan paruh waktu di internet yang bisa Anda lakukan di sela-sela jadwal pekerjaan utama atau di malam hari selepas pulang kantor. Anda juga bisa melakukan trading investasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan jika Anda memahami pengertian obligasi, Anda bisa melakukan transaksi jual beli instrumen investasi tersebut di pasar sekunder. Hasil keuntungan investasi atau trading investasi bisa digunakan untuk menambah saldo dana pensiun Anda. 

5. Jaga Kesehatan Keuangan

Mengumpulkan sejumlah dana untuk digunakan di hari tua nanti memerlukan komitmen yang kuat. Agar Anda bisa terus berinvestasi jangka panjang melalui obligasi, pastikan kondisi keuangan Anda tetap sehat dan stabil. Hindari hal-hal yang merugikan keuangan Anda seperti membeli barang-barang yang tidak penting dan tidak dibutuhkan. Jauhi pula gaya hidup boros seperti selalu makan di restoran, membeli barang-barang mewah, atau nongkrong di kafe setiap pulang kerja. Anda harus menjaga agar rasio utang tetap sehat. Beban cicilan seperti membeli rumah dan kendaraan bisa dilakukan dengan maksimal tanggungan sebesar 30% dari penghasilan saat ini. Jika lebih besar dari itu, maka kondisi keuangan Anda sudah tidak sehat dan tidak stabil lagi. Anda juga perlu menghindari utang konsumtif yang digunakan untuk gaya hidup, seperti membeli barang branded, berganti-ganti smartphone, hangout di mall atau kafe, dan sebagainya. 


Pensiun Bahagia dan Berkelas dengan Obligasi



Pengertian obligasi bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui aplikasi investasi seperti Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi tersebut memberikan informasi lengkap dan menyeluruh sekaligus pengalaman berinvestasi secara mudah dan praktis hanya menggunakan smartphone. Anda bisa mengunduhnya dan mulai berinvestasi di sana untuk kebutuhan dana pensiun yang Anda impikan.


Keuntungan investasi surat utang melalui digibank by DBS sangat banyak. Anda bisa lebih memahami pengertian obligasi secara detail sebagai investasi jangka panjang dengan potensi pendapatan tetap untuk digunakan di masa pensiun nanti. Selain itu, masih ada lagi sederet keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan, seperti berikut ini:

  • Investasi obligasi mulai dari Rp1 juta atau $1000 USD

  • Produk obligasi tersedia lengkap di  pasar perdana dan sekunder

  • Semua transaksi dilakukan dengan satu aplikasi


Obligasi merupakan solusi tepat guna memenuhi kebutuhan dana pensiun Anda. Persiapkan masa pensiun yang bahagia dan berkelas dengan cara mandiri finansial bersama Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi investasi online yang menawarkan banyak keuntungan dan layanan investasi yang bisa Anda manfaatkan. Tunggu apa lagi? Mulailah berinvestasi surat utang jangka panjang sekarang juga. Raih masa depan berkelas yang Anda impikan. Cari tahu informasi selengkapnya terkait investasi di tautan berikut ini http://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/sbn



Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa