Cara Investasi Reksadana untuk Modal Perluasan Rumah

Tidak ada komentar


Membeli, membangun, atau merenovasi rumah memerlukan dana yang tidak sedikit. Dana renovasi perluasan rumah bisa Anda kumpulkan sedikit demi sedikit dengan menabung. Agar tabungan perluasan rumah bisa cepat tercapai, pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan dengan cara investasi reksadana


Reksadana merupakan instrumen investasi yang terbilang aman dan mudah dilakukan oleh investor pemula. Memiliki faktor risiko rendah dengan pendapatan hasil investasi lebih tinggi daripada bunga deposito bank. Menabung dengan cara investasi di reksadana dianggap sebagai langkah terbaik untuk investasi dengan tujuan jangka pendek dan menengah, seperti kebutuhan perluasan rumah yang ingin Anda lakukan. 


Alasan Investasi Reksadana Cocok untuk Perluasan Rumah

Reksadana adalah investasi yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dana investor untuk dikelola oleh manajer investasi (MI). Uang yang diinvestasikan bisa bertambah jumlahnya dengan adanya perolehan keuntungan atau hasil investasi yang didapat. Banyak alasan mengapa investor memilih reksadana sebagai investasi pilihan, berikut ini beberapa di antaranya:

 1. Keuntungan Stabil dengan Risiko Rendah.

Menabung untuk kebutuhan dana besar seperti perluasan rumah yang dilakukan dengan cara investasi reksadana merupakan pilihan tepat dan menguntungkan. Pasalnya, instrumen tersebut memberikan keuntungan stabil dan lumayan besar, bahkan lebih besar dibandingkan dari deposito bank. Selain itu, faktor risiko investasi juga tidak sebesar investasi lain seperti saham. Dengan kondisi ini, Anda bisa berinvestasi dengan lebih aman dan nyaman, tanpa perlu khawatir terjadi risiko yang merugikan.

2. Pilihan Jangka Waktu

Jangka waktu investasi merupakan faktor yang sangat penting bagi investor. Dengan cara investasi di reksadana, Anda bisa memilih jangka waktu yang Anda inginkan sesuai kebutuhan. Tidak seperti instrumen investasi lain yang hanya menguntungkan jika mengambil jangka waktu panjang, reksadana bisa Anda memaksimalkan keuntungannya walau memilih jangka waktu yang lebih pendek atau jangka menengah. Sehingga reksadana sangat cocok untuk kebutuhan mendesak, seperti untuk renovasi perluasan rumah Anda. 

3. Modal Kecil

Jika Anda bandingkan dengan instrumen lain yang membutuhkan modal besar di awal, maka cara investasi reksadana merupakan pilihan tepat yang bisa Anda lakukan dengan modal lebih kecil. Sebagai investor pemula, Anda semakin dimudahkan terkait modal awal investasi reksadana. Berapapun modal yang Anda miliki tetap bisa memaksimalkan keuntungan dengan konsisten berinvestasi. Dengan modal investasi tersebut, Anda bisa lebih mengatur keuangan dengan lebih baik. Hasil investasi yang didapat bisa Anda gunakan untuk membeli produk investasi yang berbeda, sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih besar dan optimal. Dana untuk melakukan perluasan rumah bisa lebih cepat Anda wujudkan melalui investasi di reksadana.


Tips Efektif Investasi Reksadana



Dengan tujuan investasi untuk renovasi perluasan rumah, Anda harus melakukan beberapa cara penting agar modal investasi lebih cepat berkembang. Lakukan tips berikut ini, sebagai cara efektif berinvestasi di reksadana.

1. Tingkatkan Pengetahuan dan Pengalaman Investasi

Cara investasi di reksadana merupakan instrumen investasi yang tergolong paling mudah dikelola. Namun, Anda tetap harus menambah pengetahuan tentang reksadana itu sendiri sebelum memulai investasi. Tujuannya agar Anda lebih memahami, bahwa faktor risiko tetap ada walau minim serta hal-hal yang menjadi penyebab nilai investasi mengalami penurunan. Anda juga bisa mempelajari jenis-jenis produk yang tepat untuk disesuaikan dengan kebutuhan dana perluasan rumah yang ingin Anda wujudkan dalam jangka waktu tertentu. Berani memulai investasi dengan modal kecil merupakan pengalaman berharga bagi Anda. Dengan melakukannya secara konsisten, bukan hanya keuntungan investasi saja yang bisa Anda dapatkan, tapi pengalaman investasi Anda juga semakin bertambah dan suatu saat Anda bisa menggunakannya untuk berinvestasi di instrumen lain dengan modal yang lebih besar.

2. Meminimalisir Biaya Investasi

Pada dasarnya, transaksi dengan cara investasi reksadana sama seperti transaksi perdagangan pada umumnya. Produk reksadana seperti barang yang diperjualbelikan. Setiap produk reksadana memiliki harga yang berbeda, sekaligus juga fee atau biaya transaksi yang terdiri dari biaya beli, biaya jual, dan biaya switching. Besar ketiga biaya tersebut bervariasi berdasarkan produk dan kebijakan dari penerbit reksadana. Ada juga beberapa produk reksadana yang tidak memiliki biaya transaksi atau meniadakan biaya tersebut dengan kondisi tertentu. Sebelum melakukan investasi, sebaiknya Anda melakukan riset terkait biaya transaksi yang melekat pada produk tertentu agar investasi bisa lebih efektif dengan hasil yang optimal.

3. Pilih Produk yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Setiap produk investasi memiliki hitungan keuntungan menarik yang ditawarkan. Namun, faktor risiko tetap ada dan sangat berhubungan dengan kondisi yang bisa mempengaruhi suku bunga. Saat memilih produk investasi, Anda perlu ingat fakta tersebut. Satu instrumen investasi bisa mengalami peningkatan nilai dengan signifikan, sedangkan produk lain bisa mengalami penurunan nilai di tahun yang sama. Agar dana perluasan rumah segera terwujud, Anda harus cermat memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga tabungan yang Anda kumpulkan dengan cara investasi di reksadana adalah produk yang sesuai dengan kemampuan agar investasi bisa dilakukan konsisten.

Investasi Reksadana untuk Biaya Perluasan Rumah

Dengan tujuan investasi untuk dana perluasan rumah, kini Anda bisa mengoptimalkan modal dengan cara investasi di reksadana menggunakan aplikasi investasi. Aplikasi investasi seperti digibank by DBS merupakan produk teknologi digital yang bisa Anda manfaatkan keuntungannya untuk mewujudkan tujuan investasi dengan lebih cepat, mudah, dan praktis.


Aplikasi digibank by DBS menawarkan sederet keuntungan investasi reksadana yang bisa membantu Anda mendapatkan pengalaman investasi dengan aman dan nyaman. Keuntungan investasi reksadana melalui digibank by DBS yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Investasi terjangkau mulai Rp100 ribu. 

  • Tersedia fitur pembelian berkala yang lebih fleksibel. 

  • Tersedia 3 kategori produk yaitu reksadana terbaik, terpopuler, serta scoring terbaik. 

  • Tersedia lebih dari 50 produk reksadana

  • Mudah daftar SID (Single Investor Identification) dan transaksi jual, beli, dan switch melalui satu aplikasi mobile.


Cara investasi reksadana merupakan solusi tepat untuk mengumpulkan dana dengan tujuan perluasan rumah. Anda bisa mewujudkannya dengan melakukan tips di atas agar hasil investasi lebih optimal. Dapatkan pengalaman investasi reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS untuk mendapatkan hasil investasi lebih optimal dengan pilihan produk yang tersedia. Untuk informasi lebih lengkap, bisa Anda dapatkan di sini.




 

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa