Tips Kuliah Jurusan DKV Mudah dan Lancar

Tidak ada komentar

 

Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) menjadi jurusan yang masih diminati dan memiliki peluang karir yang luas sampai saat ini. Dahulu, jurusan ini memang hanya mencakup desain grafis dan seni grafis 2D.

Namun, seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, jurusan DKV semakin memperluas cabangnya. Sebut saja seperti Komunikasi Multimedia, Komunikasi Grafis dan sejenisnya.

Bagi kamu yang memiliki minat dan rencana untuk berkuliah jurusan DKV, pembahasan kali ini cocok sekali untukmu. Dalam artikel kali ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi tentang seluk beluk jurusan DKV, tips kuliah DKV beserta budgeting dengan pinjaman kilat.

Informasi dan Definisi Kuliah Jurusan DKV

Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) merupakan salah satu jurusan yang mana mempelajari dan memadukan aspek seni dan desain. Tujuan jurusan satu ini adalah agar mahasiswa yang mempelajarinya dapat menyalurkan ilmu secara efektif, informatif dan komunikatif.

Di berbagai universitas ternama, jurusan DKV memiliki banyak sekali konsentrasi cabang ilmu. Seperti Komunikasi Grafis, Visual Advertising, Desain Interior dan sebagainya. Pertama, Komunikasi Grafis adalah konsentrasi kuliah jurusan DKV yang mempelajari tentang penyampaian informasi atau pesan dengan simbol atau gambar tertentu.

Lalu, jika kamu memilih konsentrasi ilmu Visual Advertising atau Periklanan adalah ilmu yang berfokus pada proses komunikasi penyampaian pesan melalui visual yang bertujuan agar masyarakat fokus terhadap suatu barang atau jasa tertentu.

Selanjutnya yaitu Desain Interior yang mana cabang tersebut mempelajari perancangan dan penataan suatu ruang bangunan. Aspek fungsi dan estetika sangat diutamakan ketika mempelajari tentang cabang konsentrasi jurusan DKV satu ini.

Informasi lengkap lainnya adalah prospek berkarir untuk kamu yang berniat untuk masuk jurusan DKV. Kamu dapat masuk ke dalam industri kreatif yang saat ini semakin banyak permintaannya. Industri-industri kreatif tersebut seperti agensi periklanan, perusahaan konsultan branding dan sebagainya.

5 Tips Kuliah Sukses Jurusan DKV

Tidak dapat dipungkiri jika menempuh dunia perkuliahan diperlukan beberapa tips dan soft skill yang wajib dikuasai. Terlebih lagi, jika kamu kuliah di salah satu jurusan yang mengutamakan kreativitas dan keefektivitasan waktu.

Ada banyak sekali tips kuliah jurusan DKV yang dapat kamu ikuti dan aplikasikan. Berikut ini 5 tips kuliah bagi kamu yang ingin berkuliah jurusan DKV seperti yang dijelaskan pada situs Aku Pintar:

  • Mempersiapkan Budget Kuliah

Tips pertama yang tentu paling vital adalah mempersiapkan budget untuk memulai perkuliahan di jurusan DKV. Kamu dapat mempersiapkan budget kurang lebih Rp100 hingga Rp150 juta untuk mempersiapkan kuliah jurusan DKV.

Bagi kamu yang sudah mempersiapkan diri untuk kuliah jurusan DKV, tentu hal seperti budgeting ini wajib dinomor satukan. Kamu dapat memanfaatkan pinjaman kilat langsung cair dari bank yang menyediakan KTA terpercaya.

  • Mengatur Waktu Secara Efisien

Mengatur waktu secara efisien ketika menjadi mahasiswa jurusan DKV adalah sebuah soft skill yang wajib kamu kuasai. Sebagai mahasiswa, terkadang memang waktu selama 24 jam rasanya tidak cukup. Tetapi, jika kamu mengatur waktu secara efisien maka akan sangat bermanfaat.

Misal, kamu mulai menentukan skala prioritas tentang pengerjaan tugas dan riset studi dibandingkan harus lebih banyak hangout di cafe atau mall. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah membuat jadwal atau jurnal untuk menyusun skala prioritas harianmu.



  • Tidak Menunda Tugas

Tips ketiga yang dapat kamu tingkatkan sebagai mahasiswa jurusan DKV adalah tidak menunda tugas. Kamu tentu familiar dengan istilah procrastinating yang mana erat dengan sikap menunda-nunda pekerjaan. Menjadi mahasiswa DKV kamu akan disambut dan wajib bersiap dengan tugas yang bertubi-tubi.

Maka dari itu, jika kamu menunda satu tugas maka kemungkinan tugas-tugas lain terbengkalai akan semakin besar. Maka dari itu, sangat disarankan jika kamu tepat waktu dalam mengerjakan tugas.

  • Ikuti Berbagai Pelatihan Soft dan Hard Skill

Sebagai mahasiswa DKV, memang kamu akan dihadapi dengan berbagai teori perkuliahan, tugas kelompok dan/atau individu. Namun, jangan lupa untuk mengikuti berbagai pelatihan soft dan hard skills. Tujuannya agar kamu mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan skill di luar perkuliahan.

Misal, kamu mengikuti berbagai seminar atau pelatihan gratis dari universitas tempatmu berkuliah. Memperbanyak pelatihan soft dan hard skill juga akan membantu kamu agar lebih mudah untuk mencari pekerjaan setelah kuliah.

  • Menjaga Kesehatan

Tips terakhir adalah menjaga kesehatan, yang mana dengan jadwal perkuliahan dan tugas yang padat. Hal yang paling penting untuk kamu jaga adalah kesehatan, karena biasanya penyakit yang menyerang mahasiswa adalah maag, tifus, diare dan sebagainya.

Kamu dapat mulai menjaga kesehatan dari hal sederhana, seperti memperbanyak minum air putih, makan dengan sayur dan protein seimbang serta waktu tidur atau istirahat yang cukup. Pun, tidak lupa untuk berolahraga ringan seperti jalan santai ketika pergi berkuliah.

Ayo Mulai Kuliah Jurusan DKV dengan Pinjaman Kilat 

Kuliah jurusan DKV yang memiliki prospek karir luas dapat kamu realisasikan tanpa harus bingung tentang biaya. Saat ini, sudah tersedia pinjaman KTA cepat dan terpercaya yang mana salah satunya untuk mendukung pendidikan tingkat tinggimu.

Salah satu rekomendasi pinjaman yang dapat kamu andalkan adalah dari digibank KTA, yang mana memiliki banyak manfaat. Pengajuan pinjaman dengan limit hingga Rp200 juta bisa mendapatkan approval hanya dalam 60 detik. 

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Oleh karena itu, mulai saat ini kamu dapat mengajukan pinjaman kilat digibank KTA untuk merealisasikan mimpi berkuliah di jurusan DKV. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang budget berkuliah kamu. Untuk proses pengajuan dan informasi lengkap klik di sini.

Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa