7 Cara Memperoleh Passive Income untuk Menambah Pendapatan

Tidak ada komentar

 

Orang sering bekerja keras untuk memperoleh pendapatan. Namun sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan tersebut tanpa harus bekerja (passive income). Contohnya adalah investasi Obligasi Pemerintah.

Selain investasi Obligasi, masih ada beberapa cara lainnya yang bisa dicoba. Apa saja itu? Ketahui semuanya dengan tidak melewatkan pembahasan berikut!

Cara Mendapatkan Passive Income

Menurut Generasi Menulis, Ahmad Rifa’i Rif’an (2020: 153), passive income ialah istilah yang dikenalkan oleh Robert Kiyosaki. Artinya ialah penghasilan dari aset tanpa harus bekerja dengan aktif. Misalnya adalah berinvestasi Obligasi Pemerintah.

Lantas, cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memperoleh passive income? Berikut beberapa di antaranya:

  • Penyewaan Properti

Penyewaan properti menjadi salah satu cara untuk memperoleh passive income yang terpopuler. Bahkan, bisnis ini telah dikenal sejak dulu. Terlebih lagi permintaannya semakin naik seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

Penyewaan ini bisa memiliki beragam bentuk, seperti rumah, kamar kos, ruko hingga ruangan untuk bekerja. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan kemampuan diri sendiri.

Jika ingin berbisnis penyewaan properti, Anda bisa membangun bangunan mulai dari awal. Namun, Anda juga bisa menyewakan bangunan kosong dan tidak terpakai jika mempunyainya.

  • Penyewaan Kendaraan

Selain properti, kendaraan juga bisa menjadi aset yang disewakan. Bisnis ini juga telah ada sejak dulu seiring kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang tak pernah habis.

Kini, bisnis ini pun semakin berkembang dengan adanya layanan taksi atau ojek online. Hal ini disebabkan oleh adanya masyarakat yang ingin menjadi driver namun tidak mempunyai kendaraan sehingga harus menyewa.

Bila ingin memulai bisnis ini, Anda bisa mulai menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar dan lingkungan sekitar. Umumnya bisnis sewa kendaraan akan semakin ramai peminat di daerah wisata atau perkotaan.

  • Monetisasi Blog

Jika mempunyai hobi menulis, maka Anda bisa mulai membuat blog. Di sana, Anda bisa menulis apa saja yang diinginkan sekaligus membagikannya kepada warganet lainnya.

Jika blog yang Anda buat sudah mulai ramai dikunjungi oleh warganet, maka adsense pun bisa mulai dikenakan. Dengan demikian, Anda akan memperoleh komisi jika ada warganet yang mengklik iklan di blog Anda.

Cara ini tak hanya dilakukan oleh orang-orang yang hobi menulis saja, namun juga para blogger profesional. Hal ini bisa menjadi pertimbangan jika Anda menekuni profesi tersebut.

  • Monetisasi Video

Apakah Anda seorang content creator? Jika iya, maka Anda bisa mulai monetisasi berbagai video-video yang telah dibuat. Salah satunya dengan menggunakan adsense seperti penjelasan blog di atas.

Selain adsense, Anda juga bisa memperoleh penghasilan tambahan melalui endorsement. Terlebih lagi jika berbagai video Anda sudah memiliki banyak viewers.

Memang endorsement tidak sepenuhnya termasuk passive income karena Anda kerap diminta untuk melakukan sesuatu. Namun, hal tersebut sering mudah dilakukan jika dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh.

  • Bisnis Franchise

Saat ini ada berbagai bisnis franchise yang bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari. Bisnis ini pun semakin berkembang seiring tingginya permintaan masyarakat akan makanan maupun minuman kekinian. 

Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini dengan ikut berbisnis franchise. Anda bisa memulainya dengan melihat bisnis apa yang berpeluang untuk mendapatkan konsumen di lingkungan sekitar.

Dalam berbisnis ini, Anda tak perlu menjadi orang yang melakukannya. Cobalah untuk mengajak orang lain sebagai pengelola bisnis dan Anda menjadi orang yang memberikan modalnya.



  • Jual Foto

Jika Anda mempunyai hobi berfoto, maka ini saatnya untuk mengubah hasil jepretan Anda menjadi passive income. Caranya dengan menjualnya di internet.

Saat ini ada berbagai platform daring yang menyediakan tempat agar Anda bisa menjualnya. Harga jualnya pun bisa disesuaikan dengan keinginan serta hasil foto itu sendiri. 

Berbagai platform daring ini tak hanya menjual foto Anda kepada orang Indonesia saja, namun hingga luar negeri. Tak hanya memperoleh penghasilan saja, nama Anda pun bisa semakin dikenal di dunia maya.

  • Investasi

Investasi menjadi salah satu cara untuk memperoleh passive income yang tak kalah populer dengan lainnya. Terlebih lagi, perkembangan teknologi membuat masyarakat bisa berinvestasi dengan semakin mudah.

Salah satu instrumen investasi yang bisa Anda pilih adalah Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah. Jenis investasi ini dianggap memiliki risiko yang minimal sehingga cocok bagi beragam jenis investor sekalipun para pemula.

Selain itu, keuntungan investasi Obligasi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya sebagai dana pensiun atau pendidikan anak di masa depan. Anda pun bisa memilih modal investasi sesuai dengan keinginan.

Berinvestasi Obligasi bersama DBS Treasures

Di atas telah dijelaskan berbagai cara untuk memperoleh passive income, seperti investasi Obligasi. Jika Anda berminat melakukannya, maka perbankan prioritas DBS Treasures siap menjadi mitra Anda.

Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda berinvestasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures. Misalnya, kemudahan transaksi lewat Aplikasi digibank by DBS dan tersedianya beragam mata uang, yaitu IDR, EUR, dan USD.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Mari tambah pendapatan Anda dengan investasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures. Segera klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!


Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa