10 Macam Makanan Tahan Lama yang Bisa Disimpan Untuk Kondisi Darurat

2 komentar


Kondisi darurat bisa datang kapan saja. Tidak ada yang tahu kapan bencana alam, teror, atau musim dingin yang ekstrim. Tugas kita adalah berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk. Untuk itu, kamu perlu bersiap-siap dengan menyiapkan kebutuhan dasar manusia. Salah satunya yang penting adalah makanan tahan lama yang bisa disimpan untuk kondisi darurat.
Ada beberapa jenis makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama. Berikut ini adalah 10 makanan dengan masa simpan yang cukup lama.
  1. Beras putih
Makanan pokok orang Indonesia ini termasuk bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama. Jika disimpan di tempat yang dingin dan bebas oksigen, makanan dengan karbohidrat tinggi ini bisa bertahan hingga lebih dari 30 tahun.

  1. Kacang-kacangan kering
Kacang-kacangan kering menjadi salah satu bahan makanan yang bisa bertahan selamanya. Kamu bisa menyimpan bahan makanan ini sampai kapanpun dan masih tetap bisa dikonsumsi dengan baik. Kamu hanya perlu menyimpan bahan makanan dengan kandungan protein tinggi ini di tempat yang kedap udara.

  1. Sup dalam kemasan
Sup dalam kemasan juga bisa menjadi bahan makanan yang kamu simpan untuk kondisi darurat. Makanan instan ini bisa bertahan selama 2 hingga 5 tahun jika belum dibuka sama sekali. Bahkan sup dalam kemasan ini masih tetap bisa kamu konsumsi meskipun sudah melewati tanggal kadaluarsa.

  1. Madu
Selanjutnya adalah madu. Jika disimpan dengan baik dan kamu tutup wadahnya rapat-rapat, madu bisa bertahan selama lebih dari 10 tahun. Madu tidak hanya menjadi salah satu jenis bahan makanan tahan lama, tapi juga mengandung banyak manfaat alami yang baik untuk kesehatan.

  1. Kurma
Buah kurma bisa bertahan hingga 2 tahun jika disimpan di dalam kulkas atau freezer. Karena bisa disimpan dalam waktu lama, kurma bisa kamu gunakan untuk keadaan darurat. Tidak hanya mengandung bermacam vitamin yang baik untuk tubuh, kurma juga mampu memberikan tambahan energi.

  1. Yogurt
Jenis makanan tahan lama lainnya yang juga bisa dikonsumsi bahkan setelah melewati tanggal kadaluarsanya adalah yogurt. Jika kamu simpan di dalam kulkas atau freezer dalam wadah yang tertutup rapat, yogurt bisa kamu konsumsi 2-3 bulan setelah tanggal kadaluarsa.

  1. Selai kacang
Kamu juga bisa menyimpan selai kacang untuk kondisi darurat. Makanan dengan kandungan vitamin E yang tinggi ini bisa bertahan selama 5 tahun. Untuk penyimpanannya kamu tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas karena selai kacang akan bertahan lebih lama di suhu ruangan. Selama kamu menutup wadah selai kacang dengan rapat, makanan ini akan bertahan lama.

  1. Susu bubuk
Selanjutnya adalah susu bubuk. Dibandingkan susu cair, susu bubuk mampu bertahan lebih lama. Jika susu bubuk disimpan di tempat yang jauh dari panas dan kedap udara, susu bubuk bisa bertahan hingga 2-5 tahun.

  1. Air mineral
Air mineral dalam kemasan juga termasuk jenis yang bisa disimpan dalam waktu lama. Air mineral tidak akan basi. Tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasannya merupakan tanggal kadaluarsa untuk botolnya.

  1. Sereal
Sereal juga termasuk makanan yang bisa kamu simpan dalam waktu lama untuk keadaan darurat. Sereal biasanya terbuat dari gandum dan mengandung karbohidrat tinggi sehingga cocok untuk mengganjal perut pada kondisi darurat.

Nah, itulah 10 makanan tahan lama yang bisa kamu simpan untuk kondisi darurat. Tidak ada yang tahu kapan kondisi darurat itu akan datang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu berjaga-jaga dengan menyiapkan bahan pangan dan kebutuhan lainnya.

2 komentar

  1. Bener-bener bermanfaat nih. Memang sebetulnya harus berdoa banyak semoga keadaan itu tidak terjadi. Tapi sangat benar nih simpan makanan-makanan ini, in case terjadi sesuatu hal.
    Kalau aku sih sudah simpan selai kacang, madu, sereal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, perlu banget ini tuh, stay safe yaaaa

      Hapus

Mari berkomentar yang baik yaaaa