Kuliah Sambil Ngekos? Jangan Lupa, Siapkan 8 Barang Penting Ini!


Sumber: pinterest.com
Menjadi seorang mahasiswa plus anak kost adalah sebuah pengalaman baru yang akan dirasakan oleh mereka ketika kuliah. Selain menjadi salah satu pengalaman yang gak akan terlupakan, ngekost juga bakal menjadi hal yang sangat menarik buat di jalani. Dengan nge-kost, berarti kamu harus bisa menjalani hidup sendiri, dan mengatur segala jadwal kegiatan sendirian. 

Nah, lantaran kosan menjadi rumah kedua bagi kamu, maka kamar kosan kamu pun harus aman dan nyaman. Berikut ada beberapa barang penting yang wajib dimiliki bagi kamu yang ingin kuliah sambil ngekos!


1. Perlengkapan Tidur


Sumber: pinterest.com

Untuk memiliki kamar kost yang nyaman, kamu tentunya perlu menyiapkan kasur, bantal dan selimut yang nyaman pula. Dengan begitu kamu pun bisa tidur dengan nyenyak dan tidak akan mengganggu aktivitas di kampus nanti. Oh iya, berhubung kamar kost umumnya memiliki ruang terbatas. Disarankan untuk memilih kasur yang tidak memakan banyak tempat, ya. Sehingga kamar kost kamu pun punya ruang lebih untuk menyimpan keperluan lainnya dan bisa beraktivitas.

2. Peralatan Mandi
Sumber: pinterest.com

Biasanya di tempat kosan tidak menyiapkan kamar mandi di setiap kamarnya. Beberapa tempat kost justru menyiapkan kamar mandi untuk dipakai bersama-sama. Jadi, memiliki peralatan mandi sendiri penting sekali bagi kamu yang tinggal di kosan.

3. Rice Cooker dan Perangkat Makan


Sumber: pinterest.com

Daripada kamu beli makanan di luar terus, lebih baik siapkan saja rice cooker untuk memasak nasi sendiri dan beli lauk pauknya di luar atau buat sendiri di dapur kosan. Dengan begitu pengeluaran bulanan kamu pun akan lebih hemat. Selain itu, untuk menunjang aktivitas makan kamu, tentunya dibutuhkan sebuah peralatan makan. So, Jangan lupa juga siapkan alat makan di kamar kos kamu ya.

4. Dispenser 
Sumber: pinterest.com

Biar kamu gak beli air minum botolan terus, lebih baik siapkan dispenser dan air galon di dalam kamar kost. Saat ini tersedia dispenser untuk air panas plus air dingin, kamu bisa memilih dispenser dengan tipe tersebut. Sehingga akan lebih praktis saat kamu membutuhkan air panas untuk membuat teh hangat atau kopi.


5. Meja, Rak dan Lemari Pakaian
Sumber: pinterest.com

Makan, belajar dan lain sebagainya tentunya bakal kamu lakukan sendiri di kamar kosan. Untuk itu, kamu perlu sebuah rak, meja, dan lemari buat mengakomodasi segala kebutuhan kamu sehari-hari. Pastikan kamu memilih furniture tersebut dengan ukuran yang minimalis ya agar kamar kamu tidak sumpek sebab kebanyakan barang.

6. Kipas Angin

Jika kamu menyewa kosan yang sudah tersedia AC-nya, maka kamu tidak perlu memiliki kipas angin. Tapi, kalau kamu menyewa kosan yang tidak menawarkan AC di dalamnya, kipas angin tentunya menjadi salah satu alat elektronik yang wajib kamu miliki. Kamar kost yang minimalis dan kadang tidak ada jendelanya, membutuhkan sebuah kipas angin supaya terdapat udara segar di dalamnya.

7. Alat Kebersihan

Kamar kost tentu sudah menjadi rumah pribadi kamu. Maka dari itu, kamu harus sering-sering membersihkannya sebab kalau dibiarkan begitu saja, bisa menjadi sarang penyakit dan pastinya tidak baik untuk kesehatan. Kamar kost yang rutin dibersihkan bakal memberikan kesan yang rapi, bersih, dan nyaman untuk ditinggali.

8. Printer 

Sebagai anak kuliahan, kamu pastinya akan menerima banyak tugas dari dosen dan kadang perlu di print dengan beberapa lembar kertas. Daripada kamu mengeluarkan uang terus menerus buat nge-print tugas yang dapat berpuluh-puluh lembar, mendingan kamu membeli printer dot matrix atau printer ink jet supaya pengeluaran kamu lebih hemat. Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa nge-print di kosan. Lumayan kan bisa menjadi peluang usaha?

Demikian pembahasan 8 barang penting yang wajib disiapkan anak kost. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang mau ngekost.





Komentar

  1. printer ini andalan waktu semester akhir alias waktu skripsi. penting. sebelum dulu beli printer, hampir tiap hari ke rental buat print. jadi inget jaman kuliah deh. nasib anak mahasiswa yang ngerjain tugas sampe lama di rentalan,

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa