8 Fakta Unik Tentang Cincin Tunangan

Tidak ada komentar

Pertunangan merupakan fase satu langkah sebelum melangsungkan pernikahan. Biasanya, pertunangan akan ditandai dengan pemberian cincin tunangan, baik hanya untuk pihak wanita maupun keduanya. Namun, tidak hanya sebagai tanda pertunangan saja, ternyata ada banyak sekali fakta-fakta menarik seputar cincin pertunangan yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu?

Fakta Menarik Tentang Cincin Pertunangan

1. Makna dari cincin pertunangan

Karena sudah seperti menjadi sebuah kebudayaan yang sangat sulit untuk ditinggalkan, ternyata ada makna yang cukup dalam tentang cincin pertunangan ini. Cincin pertunangan memiliki makna sebuah ikatan dan simbol sebuah komitmen seorang calon pengantin untuk tetap bersama sampai hari pernikahan tiba. Cincin ini juga menjadi sebuah peringatan bagi seseorang agar bisa menjaga hubungan dengan pemakai cincin karena sudah terikat.

2. Letak cincin disematkan

Sebagian besar atau bahkan selalu cincin pertunangan akan disematkan di jari manis tangan kiri calon pengantin wanita. Hal itu rupanya bukan tanpa sebab. Dulu, jari manis tangan kiri dipercaya mempunyai pembuluh vena khusus yang diberi nama Vena Amoris. Pembuluh darah tersebut terhubung langsung ke jantung. Inilah sebabnya kenapa sampai saat ini cincin tersebut dipakai di jari manis tangan kiri.

3. Wujud komitmen pria

Tidak hanya sekadar memberikan cincin yang indah saja, namun keberanian seorang pria untuk memberikan cincin pertunangan ini adalah wujud seorang pria untuk menunjukkan komitmen dan kemapanannya kepada wanita. Bahkan, tidak jarang seorang pria akan menggunakan berbulan-bulan gajinya hanya untuk membeli cincin pertunangan. Ini adalah bukti rasa cinta kepada pihak wanita.

4. Bahan logam

Mayoritas orang yang melaksanakan pertunangan lebih memilih menggunakan platinum atau emas sebagai bahan cincin pertunangan. Salah satu keunggulan dari bahan platinum adalah sifatnya yang Hypoallergenic yang berarti tidak menyebabkan munculnya alergi seperti gatal-gatal. Emas pun demikian. Hanya saja, tentu harga emas lebih murah dibandingkan dengan platinum.

baca juga https://www.erinajulia.com/2020/11/6-tips-memilih-cincin-kawin-paling-jitu.html

5. Bentuk cincin pertunangan

Pada masa-masa awal kemunculan tradisi cincin pertunangan ini, bentuk cincin hanya bulat melingkar yang memiliki makna kekal dan abadi. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, sudah mulai banyak model-model cincin pertunangan yang bisa dipilih. Bahkan, tidak jarang yang memilih cincin pertunangan berdasarkan dengan kepribadian pemakainya.

6. Melanggar janji pernikahan

Cincin pertunangan merupakan simbol ikatan sepasang kekasih untuk berkomitmen tetap bersama hingga proses pernikahan dilangsungkan. Namun, bukan berarti ikatan tersebut tidak bisa dibatalkan. Ada beberapa kondisi tertentu yang memaksa pernikahan dibatalkan. Jika ini terjadi, biasanya cincin pertunangan tersebut akan dikembalikan kepada pihak pria.

7. Waktu membeli cincin

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan, mayoritas pasangan membeli cincin pertunangan di akhir tahun atau sekitar bulan November dan Desember. Hal ini karena di bulan tersebut ada masa natal. Selain bulan Desember, beberapa momen yang kerap digunakan untuk melakukan pertunangan adalah hari valentine, ulang tahun, dan hari istimewa yang lain.

baca juga https://www.erinajulia.com/2013/11/berhasilkah-kamu-melewati-ujian-pra.html

8. Cincin pertunangan pertama berbahan berlian

Tahukah Anda siapa orang yang pertama kali mengenakan cincin pertunangan dengan bahan berlian? Wanita itu adalah Mary of Burgundi yang diberi oleh seorang pria bernama Archduke Maximilian dari Austria di tahun 1477. Karena wujudnya yang menarik dan indah, sampai saat ini tidak jarang yang ikut memilih cincin perlian sebagai tanda pertunangan.

Itulah beberapa fakta menarik terkait dengan cincin tunangan. Untuk mendapatkan cincin tunangan dengan kualitas terbaik dan terpercaya, Anda bisa membeli di Passion Jewelry. Berdiri sejak tahun 2005, Passion Jewelry memberikan Anda berbagai pilihan cincin pertunangan yang spesial. Produk dan informasi seputar toko bisa Anda lihat di passionjewelry.co.id.


Tidak ada komentar

Mari berkomentar yang baik yaaaa